Tugas dan Tanggung Jawab Wedding Organizer

Tugas dan Tanggung Jawab Wedding OrganizerWedding Organizer adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membantu meriset serta mempersiapkan kebutuhan calon mempelai pada saat acara berlangsung, memberikan beberapa usulan dan masukan terkait konsep acara, biaya, venue hingga vendor sesuai dengan keinginan dari calon mempelai serta melakukan koordinasi terhadap pihak – pihak yang terlibat dalam acara pernikahan, seperti calon mempelai, vendor, keluarga hingga pengisi acara.

Tugas dan Tanggung Jawab Wedding Organizer

Tugas dan Tanggung Jawab Wedding Organizer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Wedding Organizer adalah sebagai berikut:

Membantu meringankan beban calon mempelai

Perlu diketahui bahwa dalam merencanakan pernikahan sangat membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Hal ini dikarenakan pada saat persiapan calon mempelai akan diminta untuk melakukan riset vendor, venue dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tugas wedding organizer adalah membantu meriset serta mempersiapkan kebutuhan calon mempelai pada saat acara berlangsung.

Berperan sebagai perencana

Wedding organizer bertugas untuk memberikan beberapa usulan dan masukan terkait konsep acara, biaya, venue hingga vendor sesuai dengan keinginan dari calon mempelai. Pada saat memberikan usulan tersebut, wedding organizer harus memberikan pertimbangan budget yang dimiliki oleh calon mempelai.

Berperan sebagai koordinator

Selain berperan dalam hal perencanaan, wedding organizer juga berperan sebagai koordinator. Wedding organizer harus melakukan koordinasi terhadap pihak – pihak yang terlibat dalam acara pernikahan, seperti calon mempelai, vendor, keluarga hingga pengisi acara. Koordinasi yang dilakukan wedding organizer juga bisa berkaitan dengan technical meeting hingga gladi bersih.

Membuat rundown dan mengontrol acara

Tanggung jawab wedding organizer dalam pelaksanaan acara bukan hanya membuat rundown saja namun juga mengatur jalannya acara mulai dari persiapan, gladi bersih, hingga acara berakhir.

Berfungsi sebagai penengah dan pemersatu keluarga calon mempelai

Pada umumnya ketika hari H aka nada peselisihan pendapat antara kedua belah pihak keluarga calon mempelai. Oleh karena itu, wedding organizer berfungsi sebagai penengah atas perbedaan pendapat yang ada dan mempersatukan kedua keluarga agar bisa menghasilkan satu pendapat.

Membantu calon mempelai dalam menghemat biaya yang tidak diperlukan

Dalam acara pernikahan pastinya akan memerlukan biaya untuk membayar vendor dan venue. Oleh karena itu, wedding organizer berperan untuk membantu calon mempelai dalam melakukan perhitungan agar sesuai dengan budget yang dimiliki. Bukan hanya itu, calon mempelai bisa membantu memangkas biaya yang tidak diperlukan.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Wedding Organizer

Harus memiliki rasa empati

Wedding organizer harus memiliki rasa empati terhadap orang lain. Hal ini dikarenakan pada saat acara diselenggarakan akan membutuhkan rasa saling memahami yang baik.  selain itu, rasa empati dibutuhkan karena prinsip kerja bisnis jasa yang memberikan pelayanan terhadap orang lain.

Memiliki karakter disiplin dan tidak pelupa

Wedding organizer harus mengorganisasikan berbagai hal yang terdapat dalam pesta pernikahan. Koordinasi tersebut bertujuan supaya semua rencana berjalan dengan sempurna dengan demikian sangat dibutuhkan orang yang disiplin , tidak pelupa dan memiliki karakter terorganisir.

Bijaksana

Wedding organizer harus mampu melihat kondisi atau masalah yang ada seara objektif. Hal ini dikarenakan banyak kemungkinanada perselisihan antar keluarga saat menyiapkan pesta pernikahan.

Wedding organizer harus memberikan solusi dengan hanya menghadirkan tiga pihak, yakni keluarga dengan vendor, keluarga dengan panitia dan antar keluarga calon pengantin. Selain itu, jika menjadi wedding organizer maka diharuskan amanah atau bisa menyimpan rahasia karena menyangkut kehidupan pribadi pengantin.

Mampu bekerjasama

Jika menjadi Wedding Organizer tidak akan berkerja sendirian, oleh karena itu harus memiliki kualitas pribadi yang kooperatif serta mampu bekerjasama dalam tim.

Kemampuan melayani klien dengan baik

Pada umumnya seorang wedding organizer akan  menangani klien dengan permintaannya yang sedemikian rupa bahkan diharuskan untuk mendengarkan berbagai keluhan pasangan calon pengantin. Oleh karena itu, kemampuan melayani degan sepenuh hati sangat dibutuhkan.

Memiliki pengetahuan dasar

Dalam pekerjaan apapun diharuskan mempunyai bekal ilmu, demikian juga dengan weding organizer yang mengharuskan  Anda untuk memahami seluk beluk pekerjaan tersebut dengan maksimal, mulai dari memelajari pesta pernikahan hingga pengetahuan dasar seputar pernikahan.

Gaji Wedding Organizer

Mengingat bahwa wedding organizer merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa perencanaan pesta pernikahan maka dalam pekerjaan satu ini membutuhkan beberapa tim yang bisa diajak kerjasama. Adapun gaji dari masing – masing profesi di wedding organizer adalah sebagai berikut:

Event Manager: Rp 6.000.000

Event Coordinator: Rp 4.500.000

Asisten: Rp 2.500.000

Event Sales: Rp 3.000.000

Staf Make Up: Rp 3.000.000

Staf Catering: Rp 3.000.000

MC (Pembawa Acara: Rp 3.000.000

Singer: Rp 3.000.000

Fotographer: Rp 3.000.000

Staf harian: Rp 2.000.000

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Wedding Organizer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru