Tugas dan Tanggung Jawab Training Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Training SupervisorTraining Supervisor adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membangun sistem training perusahaan, melakukan perencanaan dan mendukung proses penerapan training serta melakukan monitoring seluruh proses administrasi training yang ada.

Tugas dan Tanggung Jawab Training Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Training Supervisor

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Training Supervisor adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan serta membangun sistem training perusahaan.
  • Melakukan perencanaan dan mendukung proses penerapan training.
  • Menjalankan training yang sesuai dengan metode yang telah ditentukan.
  • Melakukan penyediaan analisis program untuk training.
  • Melakukan monitoring seluruh proses administrasi yang ada.
  • Merencanakan serta menyampaikan hasil training baik dalam jangka bulanan hingga tahunan kepada karyawan.
  • Melakukan evaluasi training yang telah diselenggarakan.
  • Membangung pelatihan berdasarkan visi perusahaan.
  • Melakukan research training perusahaan.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Training Supervisor

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi training supervisor adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan Training Need Analysis yang baik.
  • Memiliki pemahaman mengenai metode training seperti workshop, on-the-job training, mentoring hingga coaching.
  • Mempunyai pengalaman perancangan hingga implementasi training

Skill yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Training Supervisor

Memiliki sikap yang proaktif

Seorang supervisor ini diharuskan memiliki kemampuan dalam memberikan arahan serta memberikan dukungan ketika ada kesalahan pada karyawan. Sikap proaktif ini menandakan bahwa Anda harus berada lebih maju dari karyawan.

Selain itu seorang supervisor yang memiliki sikap proaktif harus senantiasa memiliki rencana ke depan dan mampu memecahkan masalah dengan segera.

Kreativitas

Seorang supervisor selalu memiliki tantangan pada setiap pekerjaan yang dijalankan. Oleh karena itu, supervisor harus memiliki kemampuan kreativitas yang baik sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan kreatif.

Dengan kreativitas tersebut, Anda bisa mendapatkan ide – ide baru dan selalu berpikir  baik untuk meningkatkan kinerja pegawainya

Berpikir cepat

Di dalam perusahaan akan selalu ada perubahan yang akan dihadapi dan harus ada kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, seorang supervisor hebat harus bisa menangkap ide-ide baru dan bisa dengan cepat menangani masalah yang ada.

Keterampilan berpikir cepat bermanfaat untuk menghadapi tantangan baru dan mengatasi berbagai masalah yang muncul.

Keahlian teknis

Supervisor harus memiliki keahlian yang baik dalam hal teknis. Keahilan teknis ini diperlukan oleh seorang training supervisor agar pekerjaan yang dilakukan oleh pegawainya memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahan. pengetahuan teknis yang komprehensif ini bisa digunakan pada setiap bidang pekerjaan yang di dukung supervisor.

Pribadi yang selalu belajar

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa standar ilmu dan teknoligi semakin hari semakin berkembang.  Perkembangan teknologi inilah yang mengharuskan seorang teknisi supervisor harus mau untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Keinginan untuk terus belajar dapat mengupdate pikiran Anda dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang jauh lebih baik.

Seorang teknisi supervisor hebat, harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan terus – menerus membaca studi yang berhubungan dengan bidang pekerjaannya. Dengan menggali ilmu pengetahuan secara terus menerus bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan ide terbaru yang bermanfaat untuk para tim.

Critical thinking

Critical thinking merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang training supervisor. Pemikiran yang kritis biasanya dibutuhkan ketika seorang trainer supervisor menghadapi tantangan dalam timnya atau dalam lingkupp perusahan. Orang yang memiliki daya pikir kritis bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah dan diambil dari sudut pandang yang diyakini benar.

Ciritcal thingking ini bisa diasah dengan cara selalu memiliki rasa penasaran. Rasa penasaran inilah yang dapat membantu Anda untuk berpikir lebih mendalam ketika menyelesaikan permaslahan.

Time management

Time management merupakan hal yang penting dalam dunia kerja. Time management ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan efisien. Ketika Anda menggunakan time management maka Anda bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam jangka waktu yang telah di tentukan. Hal inilah yang mengakibatkan time management sangat berpengaruh di dunia kerja termasuk bagian training supervisor.

Gaji Training Supervisor

Gaji seorang training supervisor pada umumnya adalah sekitar Rp 5.000.000 hinnga Rp 12.000.000 per bulan. Namun, perlu Anda ingat bahwa gaji tersebut berbeda pada setiap wilayah hingga besaran perusahaan yang Anda tempati. Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi maka Anda bisa mendapatkannya dengan catatan harus terus melakukan yang terbaik untuk perusahaan.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Training Supervisor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru