Tugas dan Tanggung Jawab Tour Guide

Tugas dan Tanggung Jawab Tour GuideTour Guide adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memberikan informasi umum kepada para peserta tour, memberikan pengetahuan tentang objek wisata, menciptakan kesan yang baik atas daerah, negara, bangsa hingga kebudayaan pada wisatawan, melindungi dan memberikan jaminan keselamatan kepada para wisatawan.

Tugas dan Tanggung Jawab Tour Guide

Tugas dan Tanggung Jawab Tour Guide

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Tour Guide adalah sebagai berikut:

Memberikan informasi umum

Tugas pertama yang harus dilakukan seorang tour guide adalah memberikan informasi umum kepada para peserta bersamaan dengan menemani, membimbing wisatawan. Pada umumnya sebelum berangkat atau dimualainya sebuah trip, maka pemandu wisata wajib memberitahu aturan main selama perjalanan.

Adapun aturan main yang harus diberi tahu seperti menyampaikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh para wisatawan saat tiba di destinasi. Mengingatkan budaya kearifan lokal di destinasi tujuan hingga memberi tahui waktu perjalanan yang akan ditempuh.

Menjelaskan informasi khusus

Tour guide diharuskan untuk memberi pengetahuan tentang objek wisata yang sedang atau akan dikunjungi dengan jelas dan rinci. Tujuannya agar para wisatawan pulang dengan membawa pengalaman dan pengetahuan yang baru.

Adapun informasi yang bisa diberikan seperti sejarah destinasi, tahun berdirinya destinasi, awal mula destinasi dikenalkan, daya tarik destinasi hingga informasi penting lainnya.

Memberi kesan yang baik

Tour guide harus bisa menciptakan kesan yang baik atas daerah, negara, bangsa hingga kebudayaan pada wisatawan. Tour guide juga diharuskan memiliki sikap yang sopan santun, etika bicara yang baik hingga berpenampilan yang rapi.

Melindungi wisatawan

Tugas tour guide yang selanjutnya adalah melindungi dan memberi jaminan keselamatan kepada para wisatawan. Jaminan melindungi tersbeut dimulai sejak awal perjalanan hingga sampai kepulangan.  Hal ini dilakukan mengingat destinasi dan karakter orang Indonesia yang sangat pada tiap – tiap daerah sehingga sangat penting bagi pemandu untuk menjaga kesalamatan wisatawan.

Melayani wisatawan sepenuh hati

Tour guide harus selalu siap dalam setiap kondisim daalam artian tour guide tidak hanya fokus pada pelayanan saat berada di destinasi saja. Namun tour guide juga harus peka dalam melihat kondisi dan situasi para wisatawannya.

Peka terhadap wisatawan yang dimaksud adalah apabila destinasi yang dituju menggunakan kapal tradisional dan sebelum wisatawan naik ke kapal maka tour guide harus mengangkat barang dan merapikannya serta memastikan bahwa semua barang wisatwan sudah berada dikapal.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Seorang Tour Guide

Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk menjadi seorang Tour Guide di antaranya :

  • Jika tempat yang dikunjungi beradai di negara Indonesia maka tour guide diharuskan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 25 tahun.
  • Menguasai bahasa Indonesia dan satu bahasa asing dengan baik dan lancar.
  • Menguasai pengetahuan, keterampilan dalam memimpin serta mengatur perjalanan wisata.
  • Memiliki sertifikat dan tanda pengenal pramuwisata oleh izin operasional.
  • Mampu menjelaskan destinasi dengan baik kepada para wisatawan.
  • Memiliki perilaku yang baik.
  • Memiliki kesehatan fisik dan mental.
  • Mempunyai pengetahuan umum terkait destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Tahapan Persiapan Menjadi Tour Guide

Sebelum berangkat atau bertugas menjadi tour guide maka Anda diharuskan melalui beberapa tahap persiapan. Tahap persiapan untuk menjadi tour guide dan penting diperhatikan dalam menjalankan tugas di antaranya :

  • Pastikan telah memiliki surat tugas dari perusahaan.
  • Sudah memiliki susunan program tour (Itinerary).
  • Mempunyai daftar nama wisatawan.
  • Menyiapkan P3K Standar.
  • Menyiapkan buku tamu yang akan diisi langsung oleh para wisatawan.
  • Mempunyai alat dokumentasi yang baik.
  • Mempunyai kesiapan fisik yang prima.

Gaji Tour Guide

Gaji seorang tour guide biasanya tergantung dimana perusahaan tempat Anda bekerja. Sistem gajinya pun berbeda – beda, ada yang digaji perbulan atau bahkan ada yang dibayar setelah melakukan pemanduan.

Selain itu besaran gaji juga ditentukan dari jenis wisata yang dikunjungi. Apabila wisata yang dikunjungi memiliki tingkat resiko yang besar maka gaji yang didapatkan semakin besar. Contohnya adalah pemandu wisata selam, pemandu wisata gunung, pemandu wisata gua dan beberapa wisata berisiko lainnya.

Pada umumnya seorang tour guide akan dibayar perhari Rp 300 – 500 ribu. Namun biasanya bayaran tersebut bisa bertambah ketika tour guide memiliki sopan santun, memiliki kode etik yang baik bahkan bisa menjadi tour leader yang baik.

Demikianlah ulasan mengenai tugas dan tanggung jawab tour guide yang bisa Anda ketahui. Menjadi tour guide sebuah profesi yang menyenangkan karena Anda bisa jalan – jalan dan membagikan pengalaman Anda ke banyak orang. Namun perlu Anda ingat agar bisa menjadi pemandu professional maka dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru