Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Lapangan

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi LapanganTeknisi Lapangan adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memperbaiki printer, memelihara mesin fotokopi, memelihara pendingin HVAC, dan memperbaiki perabotan yang terdapat di laboratorium.

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Lapangan

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Lapangan

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Teknisi Lapangan adalah sebagai berikut:

Bertugas dan bertanggung jawab memperbaiki printer

Tugas teknisi lapangan yang pertama adalah memperbaiki printer. Meski tugas satu ini terlihat berbeda namun hal tersebut termasuk pengelolaan yang harus dilakukan oleh teknisi lapangan.

Selain memperbaiki, teknisi lapangan juga diharuskan untuk melakukan pemelihataran printer secara baik dan rutin.

Bertugas dan bertanggung jawab memelihara mesin fotokopi

Pada perusahaan besar, mesin fotokopi sering digunakan, hal tersebut bisa menyebabkan rusak jika digunakan terus – menerus.

Untuk menghemat biaaya perbaikan di luar perusahaan maka perusahaan memberikan tugas kepada teknisi lapangan untuk memperbaikinya. Oleh karena itu seorang Teknisi Lapangan juga harus memiliki kemampuan memelihara mesin fotokopinya.

Bertugas dan bertanggung jawab memelihara pendingin HVAC

Seorang teknisi lapangan juga bertugas untuk memelihara pendingin HVAC. Pada umumnya dipekerjakan oleh perusahaan untuk melakukan perbaikan serta pemeliharaan sesuai kebutuhan perusahaan.

Contoh pekerjaan yang biasa dilakukan oleh teknisi lapangan adalah seperti memelihara dan memperbaiki freezer es krim soft serve, AC, lemari es, penurun kelembapan hingga freezer.

Memperbaiki perabotan yang terdapat di laboratorium

Teknisi lapangan juga memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki perabotan yang terdapat di laboratorium. Perabotan laboratorium yang dimaksud adalah seperti komputer, laser pada printer dan beberapa perangkat lainnya.

Mengembangkan infrastruktur keamanan peralatan

Selanjutnya teknisi lapangan wajib memiliki kemampuan untuk mengembangkan infrastruktur keamanan peralatan komputer. Tugas satu ini sagat dibutuhkan perusahaan agar komputer perusahaan aman dan terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data, kerusakan yang parah pada komputer karena lama tidak diperbaiki dan lain sebagainya

Melayani setiap tugas yang diminta oleh pimpinan

Seorang teknisi komputer secara umum harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada client. Hal apapun yang diminta dan direquest harus bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila di lapangan terdapat isu tambahan maka hal tersebut harus secara langsung ditangani oleh teknisi yang bertugas. Kemudian teknisi tersebut nantinya harus mengajukannya service ticket dan menandai tiket sebagai “perbaikan langsung”. Dengan demikian, dokumentasi aktivitas teknisi bisa menjadi lebih akurat dan rapi.

Membuat rencana atau jadwal pemeliharaan perangkat

Seorang teknisi lapangan juga harus membuat jadwal serta rencana pemeliharaan perangkat pada perusahaan. Hal ini diperlukan agar perusahaan mengetahui apa saja yang rusak, perlu diperbaiki serta biaya penggantian perangkat atau komponen yang dibutuhkan.

Dengan membuat jadwal serta rencana tersebut perusahaan bisa menyiapkan dana yang bisa digunakan untuk memperbaiki komputer tanpa harus mengeluarkan biaya secara mendadak.

Membuat laporan pekerjaan kepada supervisor pemeliharaan

Tugas dan tanggung jawab teknisi lapangan yang tak kalah penting adalah dengan membuat laporan pekerjaan kepada supervisor. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan mengetahui kinerja teknisi lapangan, dengan demikian supervisor bisa menilai kinerjanya dengan mudah.

Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Selain melakukan perbaikan peralatan atau perabotan perusahan, seorang teknisi lapangan juga diharuskan untuk berusaha meningkatakan pengetahuan dan wawasannya mengenai perangkat yang wajib untuk dipelihara dan diperbaiki.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Seorang Teknisi Lapangan

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Teknisi Lapangan. Beberapa persyaratan yang dimaksud terdiri dari :

  • Bisa memperbaiki dan memelihara komputer.
  • Bisa memperbaiki dan memelihara AC, kulkas dan beberapa alat pendingin lain.
  • Mampu mengembangkan sistem yang ada pada
  • Memiliki jenjang pendidikan minimal SMK atau SMA.
  • Bisa bekerja sama dengan tim.
  • Mengerti dengan peralatan yang terdapat di laboratorium jika bekerja di Rumah Sakit atau tempat kesehatan lainnya.
  • Mau belajar sendiri serta memiliki motivasi bekerja yang kuat.

Gaji Seorang Teknisi Lapangan

Seorang teknisi lapangan memiliki gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 4.500.000 per bulannya. Namun nominal tersebut biasanya berbeda antar perusahaan. Jika Anda memiliki kemampuan khusus dalam satu bidang maka gaji yang Anda dapatkan juga bisa melebihi gaji teknisi lainnya.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Lapangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru