Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Komputer

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi KomputerTeknisi Komputer adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membuat perencanaan kebutuhan komputer untuk kegiatan pendidikan, perkantoran atau kegiatan instansi terkait, menghitung jumlah kebutuhan komputer yang digunakan pada saat kegiatan di laboratorium komputer, menghitung kebutuhan komputer di laboraturium secara keseluruhan dan, mempersiapkan peralatan komputer dalam kondisi siap pakai pada setiap saat.

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Komputer

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Komputer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Teknisi Komputer adalah sebagai berikut:

  • Membuat perencanaan kebutuhan komputer untuk kegiatan pendidikan, perkantoran atau kegiatan instansi terkait.
  • Menghitung jumlah kebutuhan komputer yang digunakan pada saat kegiatan di laboratorium komputer.
  • Menghitung kebutuhan komputer di laboraturium secara keseluruhan.
  • Mempersiapkan peralatan komputer dalam kondisi siap pakai pada setiap saat.
  • Membersihkan dan merapikan peralatan komputer setiap selesai praktikum atau setelah komputer digunakan.
  • Melakukan pengujian komputer setiap saat guna pengembangan teknis.
  • Melakukan pemeliharaan dan perawatan komputer.
  • Mencatat kondisi komputer untuk dijadikan bahan usulan perbaikan atau penggantian peralatan.
  • Membuat laporan kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas yang telah diberikan.

Seorang teknisi komputer juga memiliki beberapa tanggung jawab lainnya dalam menjalani pekerjaan yang berkaitan dengan komputer dan jaringan ini. Tugas dan tanggung jawab teknisi komputer yang lainnya yaitu :

  • Memeriksa kebenaran dan keakuratan data serta kondisi komputer disetiap saat.
  • Memastikan pemeliharaan dan perbaikan perangkat komputer.
  • Memastikan kebenaran dan keakuratan laporan.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Teknisi Komputer

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mejadi anggota teknisi komputer adalah sebagai berikut :

Memahami komponen komputer

Ketika menjadi seorang teknisi komputer maka Anda diharuskan untuk mengetahui serta memahami berbagai macam kompone komputer. Komponen yang harus dipahami yang terdapat di dalam software maupun hardware.

Mengetahui permasalahan pada komputer

Teknisi komputer wajib bisa memahami setiap permasalahan yang terjadi dan mengetahui solusinya. Hal ini dikarenakan tak jarang orang yang memiliki kendala sama namun penyelesaiannya berbeda sehingga mengakibatkan komputer semakin rusak. Oleh karena itu ilmu tentang komputer harus selalu Anda pelajari.

Memiliki kemampuan dalam menghubungkan perangkat keras

Teknisi komputer harus memiliki kemampuan dalam dunia komputerisasi, minimal bisa menghubungkan perangkat keras dari satu komponen dengan komponen lainnya.

Memiliki kemampuan mengendalikan OS Windows

Pada umumnya permasalahan setiap komputer terletak pada sistem operasi Windows yang bermasalahan. Ada komputer yang eror dikarenakan Windows belum di update, bahkan ada juga permasalahan yang terjadi karena Windows harus di install ulang. Oleh karena itu setiap teknisi komputer diharuskan memiliki kemampuan dalam mengendalikan sistem operasi Windows.

Selain Windows Anda juga harus bisa menginstalisasi sistem operasi Linux, karena biasanya Linux harus di install ulang ketika terjadi permasalahan.

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris

Untuk bisa menjadi seorang teknisi komputer maka Anda diharuskan menguasai bahasa Inggris. Bisa berbahasa inggris bukan berarti harus fasih namun cukup untuk mengetahui kode dan nama komponen atau hardware yang ditulis dalam bahasa Internasional yakni Inggris.

Hal ini dikarenakan hamour semua alat service menggunakan bahasa asing dan  tidak ada yang menggunakan bahasa Indonesia.

Dapat dipercaya

Bisa dipercaya merupakan kunci kesuksesan dari setiap usaha. Semakin Anda dapat dipercaya maka semakin banyak orang yang datang untuk menyervise komputer ke Anda atau mempercayakan komputer instansi kepada Anda.

Jika Anda tidak dapat dipercaya meski sangat mahir dalam dunia teknisi komputer maka semuanya akan sia – sia alias di blacklist oleh para calon pelanggan. Cara agar dapat dipercaya oleh pelanggan adalah sebagai berikut:

  • Terima kritikan pelanggan dengan hati yang kondusif.
  • Sabar serta layani pelanggan dengan baik.
  • Ketika Anda dikritik maka Anda bisa mengumpulkan semua data kritikan, saran pelanggan dan jadikan pelajaran serta evaluasi kedepannya.

Pantang menyerah

Tekinisi komputer diharuskan mempunyai sikap yang pantang menyerah. Hal ini dikarenakan tak jarang banyak teknisi yang menyerah ketika komputer tidak bisa diperbaiki.

Gaji Teknisi Komputer

Seorang teknisi komputer biasanya memiliki gaji yang lumayan tinggi. Hal ini dikarenakan dalam memperbaiki komputer mempunyai resiko yang besar, apabila terjadi kesalahan pada saat perbaikannya. Di Indonesia sendiri rata – rata gaji staf teknisi komputer adalah sekitar Rp 4.600,000.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru