Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Gedung

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi GedungTeknisi Gedung adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memperbaiki perabotan serta peralatan gedung, memelihara interior dan eksterior gedung, membersihkan gedung secara rutin dan melakukan aneka instalasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Gedung

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Teknisi Gedung adalah sebagai berikut:

Memperbaiki perabotan serta peralatan gedung

Seorang teknisi gedung harus mampu membantu memperbaiki perabotan dan beragam peralatan gedung. Misalkan membantu dalam perbaikan keran rusak, mengganti spare part dan memperbaiki peralatan lain yang terdapat di dalam gedung.

Setelah mengetahui tugas yang pertama tersebut maka harus dipastikan bahwa teknisi gedung memiliki kemampuan dasar dalam hal mekanik, teknisi hingga bagian listrik

Memelihara interior dan eksterior gedung

Pemeliharaan interior dan eksterior gedung juga menjadi tugas dan tanggung jawab Teknisi Gedung. Pemeliharaan tersebut berpengaruh pada keselamatan penggunaan gedung. Jika gedung aktif digunakan maka pemeliharaan ini sangat dibutuhkan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Gedung yang aktif diantaranya adalah perkantoran, hotel dan apartemen. Pada setiap saatnya para teknisi gedung wajib untuk mengecek segala unsur interior dan eksterior gedung. Jika terdapat barang yang harus diganti maka harus segera diganti dengan yang terbaru.

Mengetahui setiap ada pembaharuan desain dan kontruksi

Seorang teknisi gedung harus selalu hadir ketika terdapat pembaharuan desain dan kontruksi. Hal tersebut telah ada di beberapa perusahaan yang memiliki gedung, dimana teknisi membantu setiap proses pembangunan yang dilaksanakan.

Hanya saja tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan masukan dalam hal material bangunan yang tepat sampai ikut mengawasi proses pembangunan agar berjalan secara efektif.

Membersihkan gedung secara rutin

Meskipun sama – sama memiliki tugas membersihkan gedung, namun perlu Anda ingat bahwa tugas seorang teknisi gedung tidak sama dengan tugas cleaning service yang membersihkan bagian – bagian gedung ke bagian lebih spesifik.

Namun tugasnya hanya mengawasi jika terdapat bagian – bagian perabotan atau peralatan yang kurang bersih atau bisa dikatakan bahwa tugas seorang teknisi adalah mengontrol dan mengawasi kebersihan gedung secara menyeluruh.

Melakukan aneka instalasi

Tugas dan tanggung jawab seorang teknisi gedung lainnya adalah melakukan berbagai macam instalasi. Instalasi yang dimaksud adalah instalasi listrik, kabel, hingga instalasi perabotan yang ada pada gedung.

Sedangkan untuk pemasangan perabotannya sendiri yang harus dilakukan adalah seperti pemasangan papan bulletin, pemasangan kursi, pemasangan pagar, hingga pemasangan gerbang yang ada di depan gedung.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Seorang Teknisi Gedung

Setelah mengetahui beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang teknisi gedung sebagaimana diatas maka selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang teknisi gedung. Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki teknisi gedung, yakni :

  • Memiliki pengetahuian mengenai mesin dan peralatan.
  • Memiliki pengetahuan Matematika yang berkaitan dengan mesin.
  • Memiliki pengetahuian mengenai peralatan.
  • Dapat menganalisa serta mengontrol kualitas peralatan atau perabotan.
  • Bisa melakukan pemantauan operasi.
  • Memiliki daya pikir yang kritis.
  • Bisa menyelesaikan masalah secara kompleks.
  • Bisa bekerja sama dengan tim.
  • Dapat berkembang dan berkolaborasi dengan cepat.
  • Bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
  • Memiliki kemampuan dalam memotivasi diri – sendiri.
  • Bisa belajar serta bekerja secara mandiri.

Perlu Anda ketahui bahwa teknisi gedung sangat dibutuhkan pada banyak sektor industri. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan dalam menguasai sistem tertentu maka akan semakin dibutuhkan oleh perusahaan besar.

Gaji Seorang Teknisi Gedung

Jika Anda memiliki kemampuan khusus untuk menangani peralatan atau perabotan maka Anda bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan telah ditawarkan oleh beberapa perusahaan.

Terlebih jika Anda termasuk ke dalam fresh graduate yang memiliki kemampuan sistem tertentu maka Anda akan mendapatkan pelatihan atau on the job training (OJT) dari perusahaan. Setelah mengikuti training tersebut maka Anda akan mendapat gaji sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta. Namun perlu Anda ingat bahwa di setiap perusahaan memiliki kebijakan dan standar yang berbeda dalam menggaji posisi technician.

Namun perlu Anda ingat bahwa masa training di setiap perusahaan berbeda – beda, pada umumnya masa training berlaku selama tiga bulan kerja.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Teknisi Gedung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru