Tugas dan Tanggung Jawab Technical Advisor

Tugas dan Tanggung Jawab Technical AdvisorTechnical Advisor adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan pendampingan konsumen, meningkatan pelayanan konsumen dan melakukan promosi kepada konsumen perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Advisor

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Advisor

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Technical Advisor adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pendampingan konsumen.
  • Melakukan peningkatan pelayanan konsumen.
  • Melakukan promosi kepada konsumen perusahaan.
  • Memiliki tugas sebagai purchasing staff yakni staf yang bertugas menjual produ.
  • Memiiki tanggung jawab dalam menjalin dan mengembangkan relasi yang baik dengan konsumen.
  • Menyampaikan informasi mengenai tata cara penggunaan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen.
  • Bertugas dalam menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada departemen.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Technical Advisor

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi technical advisor di antaranya:

  • Memiliki pengalaman sebagai technical advisor minimal satu tahun.
  • Memiliki pengetahuan mengenai analisis pasar.
  • Memiliki pengetahuan mengenai prinsip pemasaran secara mendalam.
  • Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan MS Office dan beberapa perangkat IT lainnya khsusunya software CRM.
  • Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, strategis, analitis dan solutif.
  • Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi.
  • Memiliki jiwa organisatoris yang baik.
  • Nilai plus jika memiliki gelar S1 di bidang pemasaran, komunikasi, bisnis, atau jurusan terkait lainnya.

Skill yang Harus dimiliki Oleh Seorang Technical Advisor

Self awareness (kesadaran diri)

Seorang advisor harus memiliki sikap self awareness. Sikap satu ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pada dirinya. Dengan adanya kesadaran mengenai kekuatan dan kelemahan diri sendiri tersebut bisa membantu seorang advisor dalam mengembangkan hard skills dan soft skills di dunia marketing.

Empati

Technical advisor harus memiliki kemampuan dalam memahami mood dan emosi pelanggan. Oleh karena itu, rasa empati sangat diperlukan. Untuk meningkatkan rasa empati tersebut technical advisor harus mampu mendengarkan keluh kesah pelanggan mengenai produk yang Anda tawarkan.

Optimisme

Rasa optimisme yang tinggi juga diperlukan advsisor untuk bisa mencapai target yang telah direncanakan oleh atasan. Rasa optimisme ini harus dibersamai dengan kerja keras yang maksimal agar hasil yang didapat juga bisa maksimal.

Kejujuran

Sikap jujur merupakan hal paling utama yang harus dimiliki technical advisor. Kejujuran advisor ini dapat menciptakan suasana yang positif sehingga produk atau layanan yang ditawarkan bisa dipercaya oleh konsumen.

Penyelesaian masalah

Dalam setiap jobdesc yang dikerjakan pasti terdapat permasalahan di dalamnya. Hal inilah yang membuat technical advisor harus mampu mencari atau memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang sedang dihadapi.

Pada umumnya masalah yang dihadapi adalah masalah yang dialami oleh klien. Dengan demikian Anda harus cermat dalam menanggapi serta menyelesaikan masalahnya.

Kemampuan dalam melihat peluang

Seorang technical advisor harus mampu menganalisis sebuah prospek pasar. Soft skills satu ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang advisor di tengah persaingan pasar yang kompetitif.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua peluang dapat dijadikan sebagai penjualan. Tidak semua prospek dapat dikonversi menjadi penjualan, sehingga technical advisor  harus cermat dalam melihat peluang – peluang yang ada.

Kemampuan mengidentifikasi masalah

Kemampuan dalam mengidentifikasi masalah merupakan hal utama yang harus dimiliki technical advisor. Hal ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab technical advisor adalah menjual produk, memberikan pelayanan kepada konsumen hingga memecahkan masalah klien.

Kemampuan bernegosiasi yang baik

Kemampuan bernegosiasi sangat penting dimiliki oleh technical advisor untuk membangun relasi di mana membutuhkan negosiator yang baik. ketika seorang technical advisor memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik akan membuat banyak orang yang ingin membeli produk bahkan rela dalam bekerja sama dengan Anda.

Untuk bisa memiliki kemampuan negosiasi yang baik maka Anda harus belajar untuk berkomunikasi yang baik, jujur dan sopan kepada klien. Usahakan ketika bernegosiasi mengatakan kalimat yang memaksa agar klien tidak merasa terpaksa dalam membeli atau bekerjasama dengan Anda.

Gaji Technical Advisor

Gaji seorang technical advisor pada umumnya adalah sekitar Rp 5.000.000 hinnga Rp 12.000.000 per bulan. Namun, perlu Anda ketahui jika gaji tersebut berbeda pada setiap wilayah dan besaran perusahaan. Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi maka Anda harus memiliki semua skill yang telah kami sajikan diatas.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Technical Advisor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru