Tugas dan Tanggung Jawab Tax Staff

Tugas dan Tanggung Jawab Tax StaffTax Staff adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mencatat data transaksi perusahaan, menghitung potensi pajak perusahaan, membuat rencana strategi pajak perusahaan dan membuat laporan keuangan.

Tugas dan Tanggung Jawab Tax Staff

Tugas dan Tanggung Jawab Tax Staff

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Tax Staff adalah sebagai berikut:

Mencatat data transaksi perusahaan

Tugas yang harus dilakukan oleh seorang tax staff yang pertama adalah mencatat data transaksi perusahaan. Perlu Anda ketahui bahwa dalam dunia perpajakan akan mengatur hal – hal mengenai keuangan dan akuntansi.

Dengan demikian tidak heran jika tax staff diharuskan untuk membuat atau mencatat data transaksi yang ada di perusahaan mulai dari data pembelian, penjualan hingga pembayaran customer dan supplier.

Hal tersebut dilakukan karena adanya data – data yang berkaitan dengan pajak, seperti data pembelian, data penjualan yang menjadikan pihak perusahaan menjadi pemungut pajak dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPNBM yang digunakan untuk penjualan barang mewah.

Menghitung potensi pajak perusahaan

Setelah data transaksi perusahaan didapat, tugas dan tanggung jawab Tax Staff selanjutnya adalah menghitung potensi pajak perusahaan. Pada umumnya perusahaan harus melaporkan dan menyetorkan pajak yang telah ditanggung dan dibebankan kepada direktorat jenderal pajak.

Untuk mengetahui potensi pajak yang harus ditanggung dalam satu periode maka perusahaan harus menghitung pendapatan perusahaan, biaya operasional dan biaya lain yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Membuat rencana strategi pajak perusahaan

Perlu Anda ketahui bahwa rencana merupakan rencana yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mengetahui nominal besaran pajak yang harus dibayar. Dengan demikian perusahaan bisa bersiap terlebih dahulu, agar proses pembayaran yang dilakukan lancar.

Jika rencana pajak telah dibuat maka akan menghindarkan perusahaan dari sanksi atau denda yang diakibatkan keterlambatan pembayaran pajak.

Membuat laporan keuangan

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh tax staff adalah membuat laporan keuangan. Perlu Anda ketahui bahwa laporan keuangan merupakan tugas yang harus dikerjakan dalam keseharian staff pajak.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Seorang Tax Staff

Tugas dan tanggung jawab Tax Staff sangat besar dan komplit. Oleh sebab itu persyaratan dan skill yang harus dimiliki calon Tax Staff cukup banyak.

Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Tax Staff dan memudahkan pekerjaan Anda sehari – hari di antaranya :

Memiliki kemampuan analisis yang baik

Persyaratan pertama yang harus dimiliki oleh tax staff adalah memiliki kemampuan analisis yang baik. apabila Anda memiliki kemampuan analisis yang baik maka tentunya staf pajak bisa menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang telah disaring.

Oleh karena itu, keputusan yang dibuat tidak boleh sembarangan karena harus mempertimbangkan beberapa faktor yang terdapat pada perusahaan.

Terbiasa dengan angka

Pekerjaan tax staff selalu berkaitan dengan angka. Oleh karena itu, untuk menjalani pekerjaan satu ini maka Anda diharuskan terbiasa dengan angka. Pada umumnya salah satu tugas dari tax staff adalah menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pemerintah. Oleh karena itu, kemampuan berhitung sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembayaran.

Manajemen waktu

Untuk menjadi tax staff maka Anda dianjurkan untuk memiliki manajeme waktu yang baik. hal ini dilakukan untuk bisa memprioritaskan tugas dari perusahaan. Apabila karyawan yang mampu mengelola waktu dengan tepat maka dipastikan bisa lebih banyak menyelesaikan pekerjaan.

Teliti

Tax staff harus cermat agar bisa meminimalisir kesalahan perpajakan pada perusahaan. Jika staff tidak teliti maka akan berpengaruh terhadap laporan pajak perusahaan. Oleh karena itu, sikap teliti wajib untuk dimiliki.

Pengetahuan tentang pajak

Tax staff harus memiliki beberapa pengetahuan tentang hukum perpajakan yang berlaku sampai perhitungan setiap jenis pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Bukan hanya itu, tax staff juga harus memiliki sertifikasi pajak.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan memang memiliki sertifikasi pajak untuk menduduki profesi ini. Namun, sebagian besar perusahaan membutuhkan kandidat yang telah memiliki sertifikasi Brevet A dan B.

Brevet A adalah sertifikasi tingkat dasar mengenai segala aspek yang berkaitan dengan pajak penghasilan pribadi. Sedangkan Brevet B merupakan sertifikasi tingkat dasar sampai menengah.

Gaji Seorang Tax Staff

Rata – rata gaji yang bisa didapatkan oleh tax staff di Indonesia adalah sekitar Rp 3.892.009. Namun perlu Anda ketahui bahwa gaji tersebut bisa menyesuaikan dari perusahaan dan skill yang Anda miliki.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Tax Staff. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru