Tugas dan Tanggung Jawab Tax Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Tax ManagerTax Manager adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membuat laporan bulanan hingga tahunan, membuat daily budget, melakukan validasi transaksi pajak dan mengimplementasikan peraturan perpajakan pada perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Tax Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Tax Manager

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Tax Manager adalah sebagai berikut:

Membuat laporan bulanan hingga tahunan

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang tax manager adalah mempersiapkan data hingga dokumen yang dibutuhkan dalam proses pemuatan laporan bulanan hingga tahunan.

Persiapan data dan dokumen yang dibutuhkan tersebut harus dilakukan secara maksimal agar tidak terjadi kendala pada saat proses pembuatan laporan perpajakan.

Membuat daily budget

Tugas tax manager yang selanjutnya adalah membuat daily budget. Meski secara umum pembuatan daily budget dibuat oleh bawahan, namun tidak jarang bahwa tax manager harus turun tangan dalam pembuatannya.

Melakukan validasi transaksi pajak

Apabila tax manager sudah membuat laporan bulanan atau tahunan maka tugas selanjutnya adalah melakukan validasi data pendukung laporan yang telah dibuat. Validasi data tersebut dilakukan untuk melihat apakah laporan yang dibuat telah sesuai dengan fakta atau terdapat penggelembungan dana yang bisa merugikan perusahaan.

Mengimplementasikan peraturan perpajakan pada perusahaan

Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan memiliki aturan perpajakan yang berbeda. Dengan aturan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut akan di rekonsiliasikan dengan aturan pajak pemerintah.

Seorang tax manager memiliki tugas dalam menerapkan aturan mengenai perpajakan dan akuntansi pada tempat perusahaan tempatnya bekerja.

Memantau sistem perpajakan perusahaan secara internal

Tugas seorang tax manager yang selanjutnya adalah memantau sistem akuntansi dan perpajakan yang terdapat di perusahaan. Setiap kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak menajemen harus diterapkan dengan agar dapat menghasilkan laporan keuagan yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengelola serta memproses data pajak perusahaan

Tugas dari seorang tax manager yang selanjutnya adalah melakukan pengelolaan dan pemrosesan data keuangan yang telah dikumpulkan menjadi laporan perpajakan yang baik.

Memahami prosedur pelaporan OJK

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan seperti Finance atau Asuransi, maka seorang tax manager memiliki tugas untuk melakukan pelaporan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bentuk koordinasi yang baik.

Selain uraian tugas dan tanggung jawab Tax Manager di atas, Tax Manager juga memiliki tanggung jawab tambahan dalam menjalani pekerjaannya. Berikut tugas tambahan seorang Tax Manager :

  • Memastikan ketersediaan laporan perpajakan pada jangka bulanan atau tahunan.
  • Memastikan ketersediaan daily budget perusahaan.
  • Memastikan validitas transaksi pajak perusahaan.
  • Memastikan bahwa peraturan perpajakan telah diimplementasikan oleh perusahaan
  • Memastikan terpantaunya sistem perpajakan dari perusahaan.
  • Memastikan pengelolaan data keuangan berjalan dengan baik.
  • Memastikan prosedur pelaporan OJK berjalan dengan baik.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Tax Manager

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang tax manager adalah sebagai berikut :

  • Memiliki jenjang pendidikan minimal S1 perpajakan dari universitas atau sekolah tinggi yang memiliki reputasi baik.
  • Memiliki pengalaman pada bidang perpajakan minimal 5 tahun.
  • Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan berbagai macam software perpajakan perusahaan.
  • Menguasai prosedur pelaporan perpajakan.
  • Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki sertifikat Brevet A & B.
  • Dapat mengambil keputusan dengan bijak dan baik.
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi.
  • Memiliki tingkat kejujuran yang tinggi.
  • Bisa bekerja sama dengan tim.
  • Mempunyai sikap sopan dan satun.
  • Mempunyai rasa empati yang tinggi guna membantu rekan perpajakan yang mengalami kesulitan.

Gaji Tax Manager

Gaji seorang tax manager memiliki nominal yang banyak jika dibandingkan dengan pekerja yang ada di perusahaan lainnya. Pada umumnya gaji tax manager per tahun adalah sekitar Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. Apabila dikalkulasikan maka gaji tax manager per bulan adalah Rp 41.000.000.

Meski memiliki gaji yang besar, namun seorang tax manager juga mempunyai tanggung jawab yang besar karena harus mengelola keuangan perpajakan di perusahaan. Apabila terdapat kekeliruan perhitungan atau adanya dana yang hilang maka seorang tax manager harus mengganti atau mencari tahu penyebab data tersebut tidak valid.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Tax Manager. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru