Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Sekolah

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam SekolahSatpam Sekolah adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memantau kemanan di wilayah sekolah secara keseluruhan baik itu siang atau malam, mendata kejadian yang ada di sekolah seperti siswa yang telat, bertengkar, tawuran dan lain sebagainya.

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Sekolah

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Sekolah

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Satpam Sekolah adalah sebagai berikut:

  • Satpam sekolah bertugas untuk memantau kemanan di wilayah sekolah secara keseluruhan baik itu siang atau malam.
  • Satpam sekolah bertugas untuk mendata kejadian yang ada di sekolah seperti siswa yang telat, bertengkar, tawuran dan lain sebagainya.
  • Mengantar serta memberi petunjuk kepada tamu sekolah yang datang.
  • Mengawasi dan memastikan kemanan ketika ada acara atau kegiatan di sekolah.
  • Menjaga kebersihan pos jaga.
  • Merawat peralatan untuk jaga malam.
  • Melaporkan apabila ada kejadian kepada pihak yang berwajib secepatnya.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Satpam Sekolah

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dimiliki agar dapat menjadi satpam sekolah. Persyaratannya sebagai berikut:

  • Memilki jejang pendidikan minimal SMA.
  • Memiliki keahlian yang baik dalam berkomunikasi.
  • Dapat bekerja sama dengan tim.
  • Memiliki pengalaman berorganisasi.
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
  • Mampu bekerja secara profesional.
  • Memiliki sikap yang sopan dan ramah ketika terdapat pengunjung yang meminta bantuan serta menjawab pertanyaan pengunjung.
  • Telah melakukan tes jasmani serta tes kesehatan lainnya.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm.
  • Bebas dari penggunaan narkotika atau zat – zat adiktif lainnya.

Selain persyaratan diatas, Anda juga harus mengetahui beberapa skill yang harus dimiliki oleh satpam sekolah. Adapun skillnya adalah sebagai berikut:

Memiliki kemampuan bela diri

Bela diri merupakan skill yang wajib untuk dimiliki oleh satpam sekolah. Skill bela diri sendiri digunakan sebagai pertahanan diri ketika satpam menghadapi serangan dari orang lain baik pelaku menggunakan senjata tajam atau senjata tumpul.

Memiliki pengetahuan terkait bahan narkotika

pengetahuuan mengenai bahan Narkotika dan sejenisnya merupakan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang satpam sekolah. Pengetahuan satu ini penting untuk bisa mencegah siswa dalam menggunakan bahan – bahan narkotika. Namun apabila terdapat siswa diduga telah menggunakannya maka satpam wajib menyelidiki dan melaporkannya kepada pihak atasan sekolah.

Memiliki pengetahuan terkait bahan peledak

Perlu Anda ketahui bahwa satpam harus memiliki bekal pengetahuan mengenai beberapa jenis peledak. Hal ini dilakukan agar keamanan sekolah terjaga dari hal – hal yang tidak diinginkan termasuk hal yang berkaitan dengan bahan peledak.

Mengetahui alat dasar komunikasi dan keamanan

Pada umumnya satpam sekolah berkomunikasi menggunakan radio komunikasi (HT). Radio komunikasi sendiri memiliki fungsi untuk memberikan laporan kepada anggota lainnya. Alat satu ini dapat membantu untuk saling mengetahui kondisi keamanan disatu tempat lain.

Perlu Anda ketahui ketika piket seorang satpam tidak diperbolehkan untuk mematikan HT. hal ini dilakukan agar rekan – rekan satpam lain mendapatkan laporan di wilayah lain ketika sedang piket.

Kemampuan K3 dan lingkungan

Perlu Anda ketahui bahwa tugas dan tanggung jawab satpam sekolah salah satunya adalah dengan melakukan pencegahan dan penerapan K3 di dalam area sekolah.

Memiliki kemampuan membuat peraturan

Perlu Anda ketahui bahwa selain menjaga ketertiban lingkungan sekolah, satpam juga bertugas untuk membuat peraturan penjagaan. Peraturan tersebut dilakukan agar kemanan terjaga dengan tertib di aera sekolah.

Pada umumya skill dalam membuat peraturan keamanan dan ketertiban juga dibebankan kepada shift leader, security supervisor atau chief security officer.

Memiliki kemampuan dalam mengambil tindakan yang tepat

Satpam diharuskan memiliki kemampuan dalam pengambilan tindakan yang tepat. Hal ini dilakukan agar ketika terjadi masalah, satpam bisa mengambil langkah tindak pidana atau kejadian perkara.

Membuat laporan Berita Acara Pemeriksaan (BAP)

Satpam harus memiliki kemampuan dalam membuat laporan kepada atasan. Laporan sendiri diperlukan agar atasan mengetahui kinerja serta kejadian yang terjadi di lingkungan kerja atau sekolah. Pada umumnya yang dilaporkan adalah yang berkaitan dengan kejadian yang mengganggu keamanan serta ketertiban sekolah.

Gaji Satpam Sekolah

Gaji satpam sekolah adalah sekitar Rp 800.000 hingga Rp 2 juta. Gaji satpam sekolah pada umumnya mengikuti wilayah sekolah berada. Hal ini dikarenakan pemerintah memberikan gaji kepada satpam sekolah sesuai dengan UMR yang ada.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Sekolah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru