Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Rumah Sakit

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Rumah SakitSatpam Rumah Sakit adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memantau kemanan rumah sakit secara keseluruhan, mengkoordinasikan seluruh kegiatan teknis yang berkaitan dengan pengamanan di rumah sakit, dan menjaga keamanan dan ketertiban pada pintu gerbang masuk atau pintu gerbang keluar di area wilayah rumah sakit.

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Rumah Sakit

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Rumah Sakit

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Satpam Rumah Sakit adalah sebagai berikut:

  • Satpam rumah sakit bertugas untuk memantau kemanan rumah sakit secara keseluruhan.
  • Bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan teknis yang berkaitan dengan pengamanan di rumah sakit.
  • Menjaga keamanan dan ketertiban pada pintu gerbang masuk atau pintu gerbang keluar di area wilayah rumah sakit.
  • Melarang pengunjung yang datang dan tidak berkepentingan berada di area rumah sakit.
  • Selalu berkoordinasi dengan satpam lainnya dalam menjaga keamanan rumah sakit.
  • Mengawasi kegiatan yang ada di rumah sakit dan memastikan bahwa kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan SOP rumah sakit.
  • Mengatut lalulintas pasien dan pengunjung yang berada di area rumah sakit.
  • Memberikan informasi ketika terdapat permasalahan di rumah sakit.
  • Memberikan informasi mengenai jadwal jam kunjungan kepada pengunjung rumah sakit.
  • Satpam harus mengawasi aera rumah sakit dengan melalui CCTV yang tersebar di setiap sudut rumah sakit.

Selain tugas dan tanggung jawab satpam rumah sakit diatas, Anda juga harus mengetahui beberapa tugas lain yang sewaktu – waktu bisa mejadi tugas satpam rumah sakit. Tugasnya sebagai berikut:

Penitipan surat atau paket

Pada umumnya penitipan ini dilakukan oleh orang – orang yang ingin melamar pekerjaan di rumah sakit dengan menitipkan suratnya melalui satpam. Selain itu, biasanya ada pegawai rumah sakit yang membeli produk dari luar dan menitipkannya pada satpam.

Pemindah pasien

Pada umumnya rumah sakit menempatkan satpam berada di depan ruang IGD. Hal tersebut biasa dilakukan untuk menjaga keamanan serta membantu memindahkan pasien dari  kursi roda ke tempat tidur.

Namun perlu diketahui bahwa pemindahan pasien tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena biasanya ada beberapa pasien yang memiliki trauma. Dengan demikian satpam harus mengetahui beberapa teknik yang terdapat pada SOP mobilisasi pasien.

Pencegah keributan

Sesuai dengan tugas utamanya yakni sebagai petugas keamanan, satpam harus bertugas mencegah keributan yang terjadi di rumah sakit. Keributan di rumah sakit biasanya terjadi karena terdapat keluarga pasien yang tidak terima anaknya menjadi korban kecelakaan. Dengan demikian muncul konflik antara keluarga pelaku dengan keluarga korban.

Namun satpam rumah sakit harus menangani keributan tersebut degan baik dan upayakan tidak ikut campur dalam urusan kedua belah pihak tersebut.

Petugas screening

Selama pandemi berlangsung screening biasanya dianjurkan diberbagai tempat terutama rumah sakit. Hal ini dilakukan agar satpam mengetaui berapa suhu yang menjadi warning, dengan demikian pengunjung harus dipisah dengan pengunjung lainnya yang memiliki suhu badan normal.

Edukator mitigasi bencana

Tugas dan tanggung jawab satpam rumah sakit adalah menjadi edukator mitigasi bencana. Pada umumnya beberapa rumah sakit menyelenggarakan acara dengan mengundang masyarakat awam sebagai peserta.

Sedangkan yang bertugas memberikan edukasi mengenai mitigasi bencana adalah satpam. Edukasi semacam ini dilaksanakan untuk mengantisipasi apabila pada rumah sakit terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, gempa bumi atau bencana lainnya.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Satpam Rumah Sakit

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dimiliki agar bisa menjadi satpam rumah sakit. Persyaratannya sebagai berikut:

  • Memilki jejang pendidikan minimal SMA sederajat.
  • Memiliki keahlian yang baik dalam berkomunikasi.
  • Mampu bekerja sama dengan tim.
  • Memiliki pengalaman berorganisasi.
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
  • Mampu bekerja secara profesional.
  • Memiliki sikap yang sopan dan ramah ketika terdapat pengunjung yang meminta bantuan serta menjawab pertanyaan pengunjung.
  • Telah melakukan tes jasmani serta tes kesehatan lainnya.
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm.
  • Bebas dari penggunaan narkotika atau zat – zat adiktif lainnya.

Gaji Satpam Rumah Sakit

Gaji satpam rumah sakit pada umumnya adalah sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta. Namun gaji tersebut biasanya mengikuti wilayah rumah sakit tersebut berada. Hal ini dikarenakan pemerintah memberikan gaji sesuai UMR yang ada.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Satpam Rumah Sakit. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru