Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris PerusahaanSekretaris Perusahaan adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menjadwalkan rapat dan konferensi, membuat dan mencatat hasil rapat, mencatat informasi dan dokumen perusahaan, menjalin komunikasi dengan berbagai pihak serta menjadi pemantau kepatuhan perusahaan terhadap Undang – Undang.

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Sekretaris Perusahaan adalah sebagai berikut:

Menjadwalkan rapat dan konferensi

Seorang sekretaris perusahaan harus mampu mendisiplinkan diri sendiri karena ia memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terkait segala aktivitas yang harus dilakukan oleh pimpinan perusahaan.

Seorang sekretaris harus ingat dan mencatat semua jadwal rapat yang diperlukan beserta jadwal konferensinya juga.

Membuat dan mencatat hasil rapat

Secara umum sekretaris perusahaan akan selalu menemani pimpinan hadir dalam berbagai rapat penting termasuk rapat dewan direksi dan kepala divisi. Sekretaris nantinya akan diminta untuk mengatur jalannya rapat dan meringkas atau mencatat hasil rapat.

Sekretaris nantinya juga akan diminta untuk mempersiapkan berbagai macam dokumen ketika rapat sedang berjalan.

Mencatat informasi dan dokumen perusahaan

Sekretaris memiliki tugas dalam pencatatan dan melakukan berbagai kegiatan administrasi seperti pencatatan aktivitas perusahaan, menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan kontak karyawan, dan memastikan berbagai informasi dalam perusahaan selalu up to date.

Sekretaris juga akan diminta untuk memasukkan beberapa hal yang berkaitan dengan keperluan perusahaan agar perusahaan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Menjalin komunikasi dengan berbagai pihak

Sekretaris akan menjadi pintu utama komunikasi antara perusahaan dengan pihak lain. Sekretaris juga akan menjadi pintu komunikasi antara pimpinan dengan karyawan.

Oleh sebab itu sekretaris harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan sebagaimana mestinya ke berbagai pihak dan hasilnya sesuai yang diharapkan.

Menjadi pemantau kepatuhan perusahaan terhadap Undang – Undang

Sekretaris akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi memastikan bahwa dalam menjalankan operasional perusahaan taat terhadap regulasi dan undang – undang yang ada. Jadi seorang sekretaris juga menjadi pemantau anggaran dan syarat perundang – undangan yang sudah dijalankan oleh perusahaan.

Sekretaris akan berusaha memastikan bahwa setiap dokumen atau regulasi yang diterbitkan tidak bertentangan dengan undang – undang sehingga prosesnya dapat berjalan jauh lebih lancar. Jika pun ada kegiatan operasional yang belum sesuai dengan regulasi, maka sekretaris harus mampu berkomunikasi untuk membenahi tersebut supaya perusahaan tidak tersangkut dengan masalah yang merugikan nama dan citra perusahaan itu sendiri.

Membantu kelancaran administrasi perusahaan

Sekretaris akan berusaha membantu kelancaran administrasi perusahaan mulai dari mendokumentasikan berbagai data penting perusahaan, mencatat kegiatan dan aktivitas perusahaan, serta masih banyak lagi tugas dan tanggung jawab sekretaris perusahaan.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Seorang Sekretaris Perusahaan

Setelah memahami tugas dan tanggung jawab sekretaris perusahaan, untuk bisa menjadi seorang sekretaris di suatu perusahaan seseorang harus memenuhi kualifikasi persyaratan yang diajukan.

Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang sekretaris perusahaan di antaranya :

Minimal Pendidikan S1

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang sekretaris perusahaan wajib mengemban Pendidikan sampai S1. Anda yang masuk di fakultas ilmu perkantoran, ilmu administrasi perkantoran, ilmu manajemen keuangan atau manajemen pemasaran, dan ilmu kesekretariatan.

Namun jika memiliki kualifikasi tambahan, jurusan lain juga tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan posisi menjadi sekretaris perusahaan dengan catatan mampu dan paham dengan segala hal yang berkaitan dengan korespondensi.

Memiliki dasar administrasi yang baik

Sekretaris harus memiliki kemampuan dalam mengelola dokumen dan administrasi perusahaan termasuk di dalamnya membuat surat, menjalankan Microsoft excel, Microsoft word atau PPT.

Dapat berkomunikasi dengan baik

Sekretaris juga harus bisa menjadi perantara perusahaan dengan berbagai pihak baik pihak internal atau eksternal. Oleh sebab itu memiliki dasar komunikasi yang baik menjadi sangat penting bagi seorang sekretaris.

Teliti dalam bekerja

Ketelitian yang luar biasa wajib dimiliki oleh seorang sekretaris. Banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu sekretaris harus berusaha membuat segala sesuatu sesuai dengan kebijakan perusahaan dan bekerja sesuai dengan koridor yang ditetapkan.

Mampu beradaptasi dengan cepat

Tidak semua calon sekretaris sudah paham terkait aturan kerja, kebijakan perusahaan dan kaidah hukum di masa awal bekerja. Terlebih setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda – beda. Oleh sebab itu seorang sekretaris harus memiliki sikap mampu beradaptasi dengan baik dan belajar dengan cepat.

Memiliki kemampuan problem solving yang baik dan dapat diandalkan

Seorang sekretaris harus mampu memberikan saran dan tahu cara yang tepat dalam penyampaian pesan. Semakin baik cara penyampaian pesan, dan semakin bijak seorang sekretaris maka karakter tersebut sangat dibutuhkan.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru