10 Prospek Kerja Arkeologi dan Gajinya

Prospek Kerja ArkeologiLulusan Arkeologi biasanya akan bekerja sebagai seorang jurnalis arkeologi, arkeolog, ahli antropologi, pengelola museum, pemandu wisata bersejarah, dan bisa menjadi kolektor barang antik.

Prospek Kerja Arkeologi

Prospek Kerja Arkeologi

Berikut ini adalah beberapa Prospek Kerja Lulusan Arkeologi lengkap dengan informasi gajinya:

1. Jurnalis Arkeologi

Kamu yang lulusan Arkeologi memiliki peluang untuk menjadi seorang Jurnalis Arkeologi. Posisi ini cocok untuk kamu yang suka menulis sesuatu yang berkaitan dengan Arkeologi, seperti barang peninggalan sejarah, dll. Kamu bisa mencoba melamar kerja di media-media terkenal seperti National Geographic yang fokus untuk memberikan informasi tentang Arkeologi. Dengan menjadi seorang jurnalis yang membahas tengang Arkeologi, kamu memiliki kesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil.

Adapun gaji seorang Jurnalis Arkeologi yaitu bisa mencapai Rp8.000.000 hingga Rp400jutaan per bulan.

2. Arkeolog

Prospek kerja lulusan Arkeologi selanjutnya yaitu bekerja menjadi seorang Arkeolog. Arkeolog merupakan sebutan bagi seseorang yang sudah ahli dalam bidang Arkeologi. Posisi ini juga cocok untuk kamu yang suka meneliti barang-barang peninggalan sejarah. Kamu nantinya akan melakukan penelitian peninggalan-peninggalan sejarah, seperti bangunan kuno, artefak, fosil, hingga teks atau dokumen kuno.

Adapun gaji seorang Arkeolog yaitu mulai dari Rp4.900.000 sampai dengan Rp7.000.000 per bulan.

3. Tenaga Pengajar

Peluang kerja lulusan Arkeologi berikutnya yaitu bekerja sebagai seorang tenaga pengajar di sekolah maupun universitas. Profesi ini cocok untuk kamu yang suka menajar dan menyukai dunia yang berkaitan dengan keilmuan. Untuk bisa menjadi seorang dosen Arkeologi, kamu harus menempuh pendidikan S2 atau S3 terlebih dahulu.

Adapun gaji seorang Tenaga Pengajar Arkeologi yaitu mulai dari Rp4.000.000 per bulan, belum termasuk tunjangan kinerja dan jenis tunjangan lainnya.

4. Lembaga Penelitian Nasional

Kamu yang memiliki cita-cita untuk bekerja di Lembaga Penelitian Nasional seperti LIPI dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, bisa mengambil jurusan kuliah Arkeologi.

Adapun untuk gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di lembaga ini yaitu mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

5. Menjadi PNS Di Instansi Pemerintahan

Prospek kerja lulusan Arkeologi selanjutnya yaitu menjadi seorang PNS Di Instansi Pemerintahan seperti Dinas Pariwisata. Profesi ini cukup menyenangkan, karena nantinya kamu dapat bekerja sambil jalan-jalan. Kamu juga akan ditugaskan untuk mengelola tempat pariwisata di suatu daerah.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika menjadi seorang PNS di Instansi pemerintah yaitu berkisar Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan belum termasuk tunjangan dan lain-lain.

6. Pengelola Museum

Prospek kerja lulusan Arkeologi berikutnya yaitu menjadi seorang pengelola museum. Ada banyak kita temukan museum di Indonesia, dengan begitu peluang karir di posisi ini terbuka cukup luas. Nantinya kamu akan bertugas untuk mengelola museum-museum tersebut dengan baik agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Nah, dengan berbekal ilmu pengetahuan yang kamu miliki, maka kamu dapat memberikan informasi menarik terkait dengan benda-benda bersejarah yang ada di museum tersebut.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh penjaga museum yaitu sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000 per bulan.

7. Ahli Antropologi

Peluang kerja lulusan Arkeologi selanjutnya adalah menjadi seorang Ahli Antropologi. Nah profesi ini cocok untuk kamu yang memang suka dalam dunia fosil.

Adapun untuk gaji seorang ahli antropologi yaitu sebesar USD61.551 atau sekitar 800 juta.

8. Sejarawan

Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang sejarawan. Salah satu kemampuan yang harus kamu miliki adalah harus mampu mengumpulkan informasi sejarah dari benda-benda yang ditemukan. Kamu bisa mengetahui cerita, budaya dan kehidupan sosial di masa lampau hanya dari mempelajari benda-benda bersejarah.

Adapun gaji seorang sejarawan yaitu berkisar Rp416jutaan.

Gaji ini dapat Kamu peroleh jika menjadi sejarawan internasional.

9. Pemandu Wisata Bersejarah

Selanjutnya kamu yang lulusan Arkeologi juga bisa menjadi pemandu wisata bersejarah. Apakah kamu pernah memiliki keinginan untuk bekerja sambil jalan-jalan? Jika pernah, kamu bisa mengambil jurusan Arkeologi dan memulai karir menjadi pemandu wisata bersejarah, seperti candi, bangunan peninggalan sejarah, hingga museum.

Adapun penghasilan yang bisa kamu dapatkan nantinya bisa Rp500.000 per hari dari kegiatan ini.

10. Kolektor Barang Antik

Prospek kerja yang terakhir yaitu menjadi kolektor barang antik. Kamu nantinya bisa mengkoleksi barang-barang antik dengan nilai sejarah yang tinggi, misalnya radio tua, piringan hitam, televisi tua, dan sebagainya. Nah, jika nanti sudah terkumpul banyak, kamu bisa membangun museum barang-barang antik dengan harga tiket yang terjangkau atau bahkan gratis.

Kamu nantinya bisa menjual barang antik tersebut kepada sesama kolektor dengan harga yang mahal.

Demikian informasi tentang 10 prospek kerja lulusan Arkeologi dan gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru