10 Prospek Kerja Akuntansi dan Gajinya

Prospek Kerja AkuntansiLulusan Akuntansi biasanya akan bekerja sebagai seorang akuntan publik, akuntan privat, financial analyst, auditor internal, konsultan pajak, perencana keuangan, accounts payable/receivable clerk, credit analyst, ahli keuangan pemerintah, dan bisa juga bekerja sebagai akuntan pendidik.

Prospek Kerja Akuntansi

Prospek Kerja Akuntansi

Berikut ini adalah beberapa Prospek Kerja Lulusan Akuntansi lengkap dengan informasi gajinya:

1. Akuntan Publik

Lulusan akuntansi memiliki prospek kerja untuk memulai karir menjadi seorang Akuntan Publik. Namun sebelumnya kamu harus memiliki izin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntan kepada publik. Setelah mendapatkan izin, kamu bisa membuka kantor akuntan publik dan memberikan jasa akuntan kepada klien.

Adapun gaji seorang Akuntan Publik yaitu mulai dari Rp5.000.000 juta hingga Rp10.000.000 juta per bulan di Indonesia.

2. Akuntan Privat

Prospek kerja lulusan akuntansi berikutnya adalah bekerja sebagai Akuntan Privat atau akuntan intern. Kamu nantinya bertugas untuk menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi tertentu. Perlu kamu ketahui bahwa akuntan privat berbeda dengan akuntan publik, jika akuntan publik bisa membuka kantor akuntan publik dan dapat menerima klien dari berbagai latar belakang, akuntan privat hanya bekerja pada satu perusahaan. Nah, dengan kata lain kamu yang bekerja sebagai akuntan pada suatu perusahaan juga disebut sebagai akuntan privat.

Adapun gaji seorang Akuntan Privat yaitu mulai dari Rp5.000.000 juta hingga Rp10.000.000 juta per bulan di Indonesia.

3. Financial Analyst

Peluang kerja lulusan akuntansi selanjutnya adalah bekerja sebagai Financial Analyst atau analis keuangan. Tugas kamu nantinya adalah menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis.

Adapun gaji seorang Financial Analyst yaitu bisa mencapai Rp10.000.000 juta per bulan di Indonesia.

4. Auditor Internal

Peluang atau prospek kerja lulusan akuntansi berikutnya adalah bekerja sebagai Auditor Internal. Kamu nantinya bertugas untuk memeriksa laporan keuangan internal pada sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen.

Adapun gaji seorang Auditor Internal yaitu bisa mencapai Rp10.000.000 juta per bulan di Indonesia.

5. Konsultan Pajak

Kamu yang lulusan akuntansi juga bisa memulai karir menjadi seorang konsultan pajak. Kamu nantinya bertugas untuk memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak.

Adapun gaji seorang Konsultan Pajak yaitu mulai Rp2.000.000 hingga mencapai Rp15.000.000 per bulan di Indonesia.

6. Perencana Keuangan

Lulusan akuntansi juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai Perencana Keuangan. Kamu nantinya akan bertugas untuk menyusun perencanaan keuangan perusahaan.

Adapun gaji seorang Perencana Keuangan yaitu mulai dari Rp3.000.000 per bulan di Indonesia.

7. Accounts Payable/Receivable Clerk

Prospek kerja lulusan akuntansi yang berikutnya yaitu bekerja pada posisi Accounts Payable/Receivable Clerk. Kamu nantinya akan bertugas untuk mengurusi akuntansi utang piutang.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja menjadi seorang Accounts Payable/Receivable Clerk yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan di Indonesia.

8. Credit Analyst

Kamu yang baru lulus jurusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai seorang staff Credit Analyst atau analis kredit. Tugas kamu nantinya adalah menganalisis calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman.

Adapun gaji seorang Credit Analyst yaitu sekitar Rp5.000.000 sampai dengan Rp7.000.000 per bulan di Indonesia.

9. Ahli Keuangan Pemerintah

Peluang kerja selanjutnya yaitu bekerja menjadi ahli keuangan pemerintah. Profesi ini bisa dibilang cukup menjanjikan karna kamu akan berpeluang untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika sudah menjadi PNS bisa belasan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya.

10. Akuntan Pendidik

Prospek kerja lulusan akuntansi selanjutnya yaitu bekerja menjadi seorang Akuntan Pendidik, yaitu menjadi guru atau dosen akuntansi. Sebagai guru, kamu bisa mengajar di SMA atau SMK, dan untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus memiliki ijazah minimal S2.

Adapun kisaran gaji seorang Akuntan Pendidik yaitu kurang lebih Rp5.000.000 per bulan.

Demikian informasi tentang 10 Prospek Kerja lulusan akuntansi dan gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. See you next time…

 

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru