10 Prospek Kerja lulusan Administrasi Bisnis D3 dan Gajinya

Prospek Kerja Administrasi Bisnis D3 – Lulusan Administrasi Bisnis D3 biasanya akan bekerja sebagai seorang staf administrasi, bekerja dibagian manajemen perusahaan, staf sumber daya manusia, staf pemasaran, entrepreneur, konsultan bisnis, dosen, analis Keuangan, market research analyst, dan bisa juga menempati posisi dibagian akuntan.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis D3

Prospek Kerja lulusan Administrasi Bisnis D3

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan administrasi bisnis D3, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Staf administrasi

Salah satu prospek kerja lulusan administrasi bisnis D3 adalah bekerja sebagai seorang staf administrasi pada sebuah perusahaan. Adapun posisi staf administrasi pada perusahaan ada beragam jenisnya, seperti staff administrasi umum perpajakan gudang, dan masih banyak lagi posisi lainnya.

Adapun beberapa tugas yang dikerjakan oleh seorang staf administrasi adalah melakukan filing dokumen, rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga milik perusahaan lainnya.

Adapun Rata-rata gaji seorang staf administrasi di Indonesia adalah Rp 3.656.218 per bulan. Namun ini juga tergantung dari setiap daerahnya.

2. Manajemen perusahaan

Lulusan administrasi bisnis D3 memiliki peluang kerja yang cukup besar, salah satunya adalah mereka dapat pekerjaan di bidang manajemen perusahaan. Seorang manajer perusahaan biasanya akan diminta untuk mengambil keputusan penting, melakukan komunikasi dengan semua staf yang ada di perusahaan, memberikan motivasi kepada setiap karyawan agar mereka dapat bekerja lebih baik lagi, melakukan delegasi serta mengembangkan karyawan yang bekerja diperusahaan dengan cara memberikan mereka penilaian, saran dan training kepada karyawan baru.

Selain itu seorang manajer juga harus memberikan perencanaan dengan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta melakukan pengawasan agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Jika Anda adalah seorang lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer, anda bisa melamar di program manajemen trainee yang biasanya diadakan oleh perusahaan – perusahaan besar.

Adapun gaji yang akan Anda dapatkan jika bekerja sebagai seorang manajer perusahaan rata-rata adalah Rp 15.000.000 per bulan di Indonesia.

3. Staf sumber daya manusia

Seorang lulusan administrasi bisnis D3 juga bisa bekerja sebagai seorang staf sumber daya manusia. Stap sumber daya manusia atau biasa disebut dengan human resource development (HRD) adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerja. Selain itu seorang HRD juga berfungsi untuk memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

jika Anda adalah seorang lulusan administrasi bisnis dan ingin bekerja di bagian HRD Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, teamwork, dapat membangun hubungan baik dengan orang lain, serta dapat mengembangkan orang lain.

Adapun gaji rata-rata seorang HRD perusahaan adalah Rp 3.000.000 – 5.000.000 per bulan di Indonesia.

4. Staf pemasaran

Anda lulusan administrasi bisnis D3 berpeluang menjadi staf pemasaran. karena memang pada saat kuliah akan ada banyak strategi pemasaran dan marketing yang pernah anda pelajari itulah yang dibutuhkan oleh seorang staf pemasaran.

Adapun tugas staf pemasaran dalam perusahaan adalah untuk meningkatkan penjualan produk dengan cara melakukan promosi melalui berbagai jenis media.

Adapun rata-rata gaji seorang staf pemasaran adalah Rp 3.822.573 per bulan di Indonesia.

5. Entrepreneur

Seorang lulusan administrasi bisnis D3 tidak hanya mampu bekerja di perusahaan namun mereka juga dapat membangun usaha mereka sendiri. Berbagai ilmu yang dipelajari pada saat kuliah seperti cara memanajemen sumber daya manusia, cara melakukan komunikasi dengan baik, belajar cara melakukan pemasaran bisa menjadi bekal untuk membangun dan mengelola bisnis sendiri.

Untuk bisa menjadi seorang pengusaha, Anda harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang dapat bersaing dengan usaha usaha lainnya. Selain itu Anda juga harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun sebuah bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh seorang pengusaha tergantung dari usaha apa yang ditekuni.

6. Konsultan bisnis

Dengan berbagai ilmu yang telah Anda pelajari pasa saat kuliah, khususnya terkait dengan Hal bisnis. Seorang lulusan Administrasi bisnis D3 bisa bekerja sebagai seorang konsultan bisnis. Konsultan adalah seseorang yang dipercayakan untuk memberikan nasehat terhadap berbagai aspek bisnis dalam perusahaan klien, namun mereka tidak diberikan wewenang untuk mengimplementasikan dan mengambil kebijakan.

Konsultan sendiri terbagi kedalam dua kategori yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada dimana konsultan itu bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu agensi konsultan tersendiri.

Adapun gaji seorang konsultan bisnis di Indonesia adalah Rp 5.274.795 per bulan.

7. Dosen

Apabila Anda adalah seorang lulusan jurusan administrasi bisnis D3, tapi ingin terus belajar dan mengajarkan ilmu yang sudah Anda dapatkan kepada orang lain, maka menjadi seorang dosen bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Namun untuk bisa menjadi seorang dosen, Anda harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni. Dan tidak jarang universitas yang mensyaratkan pada dosennya untuk memiliki pendidikan minimal S2 atau S3.

Tugas seorang dosen bukan hanya mengajar mahasiswa dikelas, namun mereka juga akan ditugaskan untuk melalukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti. Penelitian yang dilakukan harus bisa menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan ke jurnal baik nasional maupun internasional.

Adapun gaji seorang dosen tergantung dari tempat dia mengajar.

8. Analis Keuangan

Lulusan administrasi bisnis D3 juga bisa bekerja sebagai seorang analis keuangan. Adapun tugas yang akan Anda lakukan nantinya adalah mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan dan membuat rekomendasi keuangan. Seorang analis keuangan harus memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil oleh perusahaan.

Seorang analis keuangan biasanya terbagi menjadi dua kategory yaitu buy-side analyst dan sell-side analyst. Seorang yang bekerja di posisi buy-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan yang mengurus uang pensiun dan perusahaan reksadana, serta melakukan penelitian untuk memberikan rekomendasi pada pihak manajemen. Nah, sedangkan untuk seorang sell-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli suatu saham.

Adapun gaji seorang analis keuangan di Indonesia adalah Rp 2.975.744 dan Rp 8.052.016 per bulan.

9. Market research analyst

Lulusan Administrasi bisnis D3 juga bisa bekerja di posisi Market research analyst. Mereka nantinya bertugas untuk membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audience mereka, seperti apa produk yang harus dijual, bagaimana cara mempromosikan produk tersebut dll. Ada banyak hal yang akan mereka lakukan nantinya.

Mereka juga nantinya akan membuat sebuah survey untuk memahami target yang mereka teliti, dan melatih para pewawancara bagaimana cara melakukan wawancara untuk kepentingan survey. Selain itu mereka juga akan melakukan analisis dari penelitian yang mereka lakukan tersebut dan melaporkan hasil penelitian kepada bagian manajemen.

Adapun rata-rata gaji seorang Market research analyst di indonesia adalah Rp 5.481.986 per bulan.

10. Akuntan

Lulusan administrasi bisnis D3 memiliki peluang yang besar sebagai seorang akuntan. Namun, memang kenyataannya perlu mengambil beberapa pelatihan terlebih dahulu, tetapi dengan bekal materi yang pernah dipelajari semasa kuliah akan mempermudahmu dalam pelatihan tersebut. Dengan begitu peluang lulus pelatihan akan cukup besar.

Pada saat kamu menjadi seorang akuntan, kamu bisa membuat sebuah sistem indikator performa perusahaan seperti return of sales, return of investment, produktivitas, dan likuiditas perusahaan dan menghitungnya.

Adapun rata-rata gaji seorang akuntan di Indonesia adalah Rp 6-8 juta per bulan (termasuk bonus).

Demikian informasi tentang Prospek Kerja lulusan Administrasi Bisnis D3 dan Gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time………

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru