10 Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran dan Gajinya

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran – tentu saja kita sudah tidak asing dengan jurusan administrasi perkantoran, jurusan ini sudah sangat populer di Indonesia. Jurusan ini akan memberikan pengetahuan bagaimana cara mengelola administrasi pada sebuah kantor. Beberapa posisi pekerjaan yang dapat ditempati oleh seorang lulusan administrasi perkantoran diantaranya adalah Resepsionis Hotel, Resepsionis Rumah sakit, dan tempat pelayanan publik lainya. Mereka juga bisa menjadi seketaris kantor maupun menjadi seketaris pribadi, asisten manager, pegawai bank, petugas loket, staf administrasi dilembaga pemerintah maupun swasta dan staf personalia.

Jurusan Administrasi Perkantoran mengajarkan tentang bagaimana cara menerapkan fungsi-fungsi pada sebuah kantor seperti urusan manejemen, perencanaan, pengawasan, dan juga pengorganisasian.

Hal itu bertujuan supaya pelayanan yang diberikan terasa menyenangkan serta membuat klien dan pegawai nyaman dan senang.

Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya akan dibekali prihal pengetahuan saja. akan tetapi, mereka juga akan dibekali keterampilan dan pengalaman tentang bagaimana cara mengelola administrasi kantor yang baik sesuai dengan standar yang berlaku. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat membawa bekal terkait dengan manajerial, komunikasi, mengelolah organisasi, dan cara berfikir yang strategis.

Taukah Anda jurusan administrasi perkantoran sejauh ini masih menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati dengan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Jurusan ini pun sangat direkomendasikan bagi para calon mahasiswa baru.

Bagaimana prospek kerja administrasi perkantoran? Yuk cari tau!

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran mempersiapkan lulusannya dengan penguasaan berbagai kompetensi administrasi yang baik sehinga bisa diapresiasikan diberbagai tempat kerja. Adapun beberapa prospek kerja seorang lulusan administrasi perkantoran adalah sebagai berikut:

1. Resepsionis

Lulusan administrasi perkantoran memiliki prospek kerja menjadi seorang Resepsionis. Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bekerja menjadi seorang resepsionis bisa menjadi pilihan.

Anda bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain-lain karena perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun pasti membutuhkan posisi resepsionis untuk bagian front office perusahaan mereka.

Adapun rata-rata gaji seorang resepsionis di Indonesia adalah 1 sampai 3 juta per bulan.

2. Sekretaris

Menjadi seorang Sekretaris tentu bukanlah hal yang tidak mungkin didapatkan oleh seorang lulusan administrasi perkantoran.

Tugas seorang sekretaris adalah memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan serta menjadi media perekam, penyimpan dan pengingat kegiatan yang dilakukan oleh atasan perusahaan.

Adapun rata-rata gaji seorang sekretaris di Indonesia adalah 2 sampai 3 juta per bulan.

3. Staff Administrasi

Lulusan administrasi perkantoran juga memiliki peluang kerja menjadi seorang staff administrasi.

Tugas seorang staff administrasi adalah melakukan perbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan.

Adapun rata-rata gaji seorang staff administrasi perkantoran adalah 2 sampai 3 juta per bulan.

4. Guru SMK

Prospek kerja selanjutnya dari seorang lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang guru SMK.

Jurusan administrasi perkantoran juga saat ini menjadi salah satu jurusan yang banyak dibuka di tingkat SMK, sehingga akan ada banyak yang dibutuhkan guru SMK untuk mengajar di jurusan ini. Mereka yang berkompeten menjadi seorang guru memiliki peluang yang cukup besar untuk berada di posisi ini.

Adapun rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang guru SMK adalah 1 hingga 3 juta per bulan.

5. Asisten Sekretaris

Prospek kerja administrasi perkantoran berikutnya adalah menjadi seorang sekretaris kantor. Selain itu kesempatan menjadi asisten sekretaris juga memiliki peluang besar.

Seorang sekretaris bertugas untuk menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan konfrensi hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

Adapun rata-rata gaji seorang asisten sekretaris di Indonesia adalah 1 sampai 2 juta per bulan.

6. Staff Personalia

Peluang kerja berikutnya yang bisa didapatkan oleh lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang staff personalia.

Staff personalia bertugas untuk mengelola database karyawan, payroll atau jenis pembayaran lainnya. Mereka juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

Adapun rata-rata gaji seorang staff personalia di Indonesia adalah 2 hingga 5 juta per bulan.

7. Event Organizer

Prospek kerja selanjutnya yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang Event Organizer.

Tugas seorang event organizer adalah membuat sebuah acara dapat berjalan dengan lancar, khususnya terkait dengan bagian administrasi harus dapat ditata dengan baik.

Adapun untuk gaji yang akan Anda dapatkan yaitu tergantung dari event apa yang Anda kerjakan.

8. Staff Operasional Pameran

Salah satu jenis event yang banyak digelar disetiap akhir pekan adalah yang terkait dengan event pameran, seperti event pameran mobil, pameran pernikahan, pameran busana ataupun pameran lainnya.

Tugas Anda nantinya adalah untuk menjaga kelancaran acara atau pameran. Adapun gaji yang akan diterima nantinya juga tergantung dari jenis pameran yang diadakan.

9. Personal Assistant

Peluang kerja berikutnya yang bisa didapatkan oleh lulusan administrasi perkatoran adalah sebagai seorang Personal Assistant.

Tugas Personal Assistant adalah membantu pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan oleh atasannya.

Adapun rata-rata gaji seorang personal assistant di Indonesia adalah 1 sampai 3 juta. Tapi ini juga tergantung tempat mereka bekerja.

10. Seksi Hubungan Massa

Lulusan administrasi perkantoran juga bisa menjadi seorang Seksi Hubungan Massa.

Tugas Anda nanti adalah sebagai jembatan yang menghubungkan komunikasi antara perusahaan tempat Anda bekerja dengan dunia luar.

Adapun gaji rata-rata seorang Seksi Hubungan Massa di Indonedia adalah 2 sampai 3 juta.

Demikian informasi tentang prospek kerja administrasi perkantoran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru