10 Prospek Kerja Agroteknologi dan Agribisnis

Prospek Kerja Agroteknologi dan AgribisnisLulusan Agroteknologi biasanya akan bekerja sebagai seorang konsultan pertanian, bekerja di sektor industri, menjadi peneliti, bekerja di bagian akademisi (pengajar atau dosen), bekerja bersama pemerintah, menjadi seorang pembisnis, mengelola perkebunan, bekerja di Industri pangan dan bisa juga menjadi seorang surveyor.

Prospek Kerja Agroteknologi dan Agribisnis

Prospek Kerja Agroteknologi

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan Agroteknologi, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Peneliti Agroteknologi

Lulusan Agroteknologi memiliki prospek kerja sebagai seorang peneliti. Ilmu yang telah kamu dapatkan selama kuliah dapat membawamu memilih profesi yang satu ini. Menjadi seorang peneliti saat cocok untuk kamu yang memiliki hobi melakukan riset atau penelitian. Nah, nantinya hasil penelitian yang telah kamu lakukan akan berguna untuk kemajuan di bidang Agroteknologi.

Adapun gaji seorang peneliti Agroteknologi yaitu sekitar Rp7.000.000 per bulan di Indonesia.

2. Dosen Agroteknologi

Lulusan Agroteknologi juga memiliki peluang karir menjadi seorang dosen atau pengajar. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan mengajar dan ingin menurunkan ilmu yang kamu memiliki kepada orang lain serta menyukai dunia pendidikan. Untuk kamu yang masih lulusan S1 bisa menjadi guru di SMK Pertanian. Sedangkan jika kamu memiliki ketertarikan bekerja sebagai dosen, kamu harus melanjutkan studi S2 terlebih dahulu.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh seorang akademisi yaitu mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan akan terus mengalami peningkatan sesuai dengan pengalaman serta prestasi yang kamu miliki.

3. Bekerja Di Sektor Industri Agroteknologi

Prospek kerja selanjutnya lulusan Agroteknologi adalah bekerja di sektor industri yang bergerak pada bidang Agroteknologi (Pertanian dan Perkebunan). Peluang karir bekerja di Industri pertanian cukup besar di Indonesia karna beberapa perusahaan besar banyak yang bergerak di sektor ini.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya sekitar Rp5.000.000 per bulan tergantung dari posisi apa yang kamu tempati pada perusahaan.

4. Konsultan Agroteknologi

Peluang kerja lulusan Agroteknologi selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan. Nantinya tugas kamu adalah memberikan saran di sektor industri pertanian. Kamu bisa memulai karir dari perusahaan skala kecil kemudian ke sektor industri pertanian sekala besar.

Adapun gaji yang bisa kamu peroleh nantinya jika menjadi seorang konsultan yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

5. Pengelola Perkebunan

Peluang atau prospek kerja Agroteknologi berikutnya adalah menjadi seorang pengelola perkebunan. Tugas kamu nantinya adalah mengurus sebuah perkebunan baik yang dimiliki sektor swasta maupun pemerintah. Dengan berbekal ilmu yang sudah kamu dapatkan selama kuliah, kamu bisa mengelola perkebunan dengan memanfaatkan teknologi terkini yang ada.

Adapun gaji yang bisa kamu peroleh nantinya berkisar antara Rp5.000.000 hingga mencapai Rp7.000.000 per bulan.

6. Bekerja Bersama Pemerintah

Nah, untuk kamu yang memang bercita-cita bekerja bersama pemerintah, kamu yang lulusan Agroteknologi juga memiliki peluang yang cukup besar. Kamu bisa mencoba melamar kerja pada posisi manajer pupuk dan pestisida nasional, badan koordinasi survei, penelitian dan pengembangan pemerintah pusat, dan posisi lain sebagainya.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp5.000.000 per bulan di Indonesia.

7. Pebisnis

Untuk kamu yang memiliki jiwa pebisnis bisa memulai karir dengan membuka usaha atau bisnis sendiri. Adapun jenis produk yang bisa kamu jual yaitu yang masih memiliki hubungan dengan Agroteknologi yaitu produk pertanian dan perkebunan.

Adapun untuk gajinya sesuai dengan bisnis apa yang kamu jalankan. Semakin besar bisnis tersebut tentunya penghasilannya juga akan semakin besar.

8. Surveyor

Peluang kerja berikutnya adalah bekerja sebagai seorang Surveyor untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tugas kamu nantinya adalah melakukan survey dengan tujuan tertentu. Dari survey yang telah kamu lakukan, kamu bisa memberikan saran terbaik terkait dengan kebijakan yang harus di ambil.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh seorang surveyor yaitu mulai dari Rp5.000.000 hingga mencapai Rp8.000.000 per bulan.

9. Bekerja di Industri Pangan

Prospek kerja lainnya yang bisa kamu pilih adalah bekerja di industri pangan khususnya yang mengelola hasil pertanian.

Adapun untuk gaji yang diperoleh cukup bervariasi, rata rata berkisar antara Rp5.000.000 hingga mencapai Rp10.000.000 per bulan.

10. Bekerja Di Bank

Yang terakhir adalah bekerja menjadi pegawai Bank dan menempati posisi back office maupun front office. Memang posisi ini tidak berhubungan dengan ilmu Agroteknologi. Akan tetapi profesi ini terbuka lebar untuk kamu yang lulusan Agroteknologi dan memang banyak para lulusan Agroteknologi yang memilih berkarir di bidang ini karna untuk gaji yang bisa didapatkan juga cukup besar.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh pegawai bank yaitu kurang lebih Rp5.000.000 per bulan.

Demikian informasi tentang 10 Prospek Kerja Agroteknologi dan Agribisnis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time…

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru