10 Prospek Kerja Agronomi dan Hortikultura dan Gajinya

Prospek Kerja Agronomi dan Hortikultura – Lulusan Agronomi dan Hortikultura biasanya akan bekerja sebagai seorang petani, bekerja di lembaga pemerintah, menjadi pengajar, karyawan Bank, peneliti, karyawan swasta untuk industri pertanian, karyawan perusahaan perkebunan, lembaga swadaya masyarakat, ahli konservasi tanah dan air, dan bisa bekerja menjadi seorang wirausahawan.

Prospek Kerja Agronomi dan Hortikultura

Prospek Kerja Agronomi dan Hortikultura

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan Agronomi dan Hortikultura, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Peneliti Agronomi

Kamu yang lulusan Agronomi dan Hortikultura juga memiliki peluang menjadi seorang peneliti. Untuk itu kamu bisa bergabung dengan lembaga riset yang sudah ada di Indonesia seperti Badang Litbang Pertanian. Hasil penelitian yang kamu lakukan nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan. Tidak hanya itu saja, namun hasil penelitian kamu juga nantinya akan berguna untuk meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan terutama di bidang pertanian.

Adapun gaji yang bisa kamu peroleh jika bekerja menjadi seorang peneliti yaitu sekitar Rp5.500.000 per bulan di Indonesia.

2. Karyawan Perusahaan Perkebunan

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dengan industri perkebunan bisa mencoba memulai karir menjadi karyawan pada perusahaan perkebunan, seperti kebun sawit, teh dan jenis perkebunan lainnya. Jika kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan perkebunan kamu harus siap untuk ditempatkan di ladang perkebunan. Bukan bekerja pada sebuah kantor yang lengkap dengan AC seperti kebanyakan pegawai kantor lainnya.

Adapun gaji seorang karyawan perusahaan perkebunan yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

3. Pengajar Agronomi

Lulusan Agronomi dan Hortikultura memiliki peluang karir menjadi seorang pengajar. Kamu bisa memulai karir mengajar pada sebuah perguruan tinggi ataupun menjagar di sekolah SMK Pertanian. Kamu yang lulusan S1 bisa langsung menjadi pengajar atau guru sekolah, namun tidak bisa langsung menjadi dosen karna harus memiliki gelar S2 terlebih dahulu.

Adapun rata-rata gaji yang bisa diperoleh oleh seorang pengajar yaitu mulai dari Rp3.000.000 per bulan belum termasuk tunjangan jika kamu sudah menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil).

4. Ahli Konservasi Tanah Dan Air

Peluang kerja lulusan Agronomi dan Hortikultura selanjutnya adalah berkarir menjadi seorang ahli konservasi tanah dan air. Jadi nanti tugas kamu adalah memastikan tanah dan air agar tetap dalam keadaan lestari. Nah, posisi ini sangat cocok untuk kamu yang memang peduli dengan kelestarian lingkungan. Dengan menjaga lingkungan agar tetap lestari, maka akan membuat perkebunan dan pertanian juga lestari sehingga ketahanan pangan dapat terjaga.

Adapun gaji yang bisa didapatkan jika bekerja pada posisi ini yaitu mulai dari Rp4.000.000 per bulannya.

5. Petani

Lulusan Agronomi dan Hortikultura juga memiliki prospek kerja yang cukup besar menjadi seorang petani. Dengan bekal ilmu pengetahuan tentang cara budidaya tanaman yang telah didapatkan selama kuliah, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seorang petani sukses di masa depan. Kamu juga tidak perlu gengsi jika menjadi seorang petani, kamu harus percaya bahwa menjadi seorang petani juga bisa menjadi awal karir yang cerah.

Adapun penghasilan seorang petani yaitu mulai dari Rp2.000.000 per bulan. Jika semakin besar hasil panen yang kamu dapatkan, maka semakin besar pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

6. Karyawan Swasta untuk Industri Pertanian

Prospek kerja lulusan Agronomi dan Hortikultura berikutnya yaitu menjadi karyawan swasta pada industri pertanian. Untuk itu sebelumnya kamu harus bisa memilih perusahaan yang bergerak pada bidang perkebunan, pangan atau juga bisa masuk ke perusahaan pembuat pupuk dan pestisida. Kamu bisa melakukan diversifikasi produk atau bisa juga melakukan quality control atas produksi.

Adapun gaji seorang karyawan swasta pada industri pertanian yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

7. Wirausaha di bidang Agronomi

Prospek kerja berikutnya adalah bekerja menjadi seorang wirausahaan yang menjual sarana untuk pertanian, seperti pupuk, bibit dan peralatan pertanian, selain itu kamu juga bisa menjual hasil pertanian.

Adapun untuk penghasilan yang bisa kamu dapatkan memang tidak pasti setiap bulannya. Namun seiring dengan semakin tumbuh dan berkembang usaha kamu, maka semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan.

8. Lembaga Swadaya Masyarakat

Peluang atau prospek kerja Agronomi dan Hortikultura berikutnya yaitu bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Tugas kamu nanti yaitu mendampingi masyarakat dan memberikan mereka penyuluhan, dalam hal ini penyuluhan di bidang pertanian atau Agronomi. Kamu juga nantinya bisa menjadi pendamping masyarakat untuk menyuarakan hak-haknya atau memberikan advokasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh para petani.

Adapun gaji yang bisa didapatkan jika bekerja di LSM yaitu sekitar Rp4.500.000 per bulan.

9. Karyawan Bank

Lulusan Agronomi dan Hortikultura juga memiliki kesempatan untuk berkarir menjadi karyawan Bank. Posisi ini memang diluar sektor pertanian, namun sudah banyak sarjana agronomi yang banting setir berkarir menjadi pegawai Bank. Kamu bisa menempati posisi front office sebagai teller atau customer service. Selain itu kamu juga bisa menempati posisi back office dengan bekerja dibagian manajerial dan administrasi.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai karyawan bank mulai dari Rp4.000.000 per bulan.

10. Lembaga Pemerintah

Untuk kamu yang memiliki keingin bekerja di lembaga pemerintah, bisa kuliah di jurusan Agronomi dan Hortikultura. Setelah lulus nanti kamu bisa mendaftar CPNS dan menjadi ASN di lingkungan kementrian pertanian atau dinas terkait. Dengan terjun di lembaga pemerintah, kamu memiliki kesempatan untuk mensejahterakan petani dengan kebijakan yang kamu buat.

Adapun gaji seorang pegawai lembaga pemerintah yaitu mulai Rp3.500.000 per bulan.

Demikian informasi tentang 10 Prospek Kerja Agronomi dan Hortikultura dan Gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. See you next time…

Artikel Terbaru