10 Prospek Kerja Agribisnis dan Gajinya

Prospek Kerja AgribisnisLulusan Agribisnis biasanya akan bekerja sebagai seorang tenaga pendidik atau dosen, peneliti, pionir LSM, pengusaha, pekerja pemerintah, pedagang komoditi baru, konsultan pertanian, bekerja di BAPPEDA, konsultan perusahaan Agribisnis, penulis tentang Agribisnis, menjadi staf pengajar, peneliti di LIPI, wirausahawan atau pengusaha, bekerja di instansi pemerintah, bekerja di sektor swasta, dan bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Prospek Kerja Agribisnis

Prospek Kerja Agribisnis

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja Agribisnis, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Tenaga Pendidik atau Dosen

Lulusan Agribisnis memiliki peluang karir menjadi seorang pengajar atau dosen pada sebuah universitas. Posisi ini cocok untuk kamu yang ingin terus memperdalam ilmu Agribisnis yang sudah kamu dapatkan selama menempuh kuliah. Untuk bisa menjadi seorang dosen kamu minimal harus lulus S2 atau S3.

Adapun gaji pokok ditambah gaji tunjangan yang bisa didapatkan cukup besar bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

2. Peneliti

Prospek kerja lulusan Agribisnis selanjutnya adalah menjadi seorang peneliti yang dibutuhkan oleh negara.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh seorang peneliti minimal 8 sampai 9 juta per bulan. Untuk seorang peneliti handal tentu bisa mendapatkan bayaran yang lebih besar berkat kemampuan yang dimiliki.

3. Pionir LSM

Seorang lulusan Agribisnis juga dapat memulai karir dengan bekerja di LSM yang memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait dengan ilmu Agribisnis misalnya di bidang peternakan atau pertanian. Kamu nanti bertugas untuk membantu para petani untuk bisa mendapatkan hasil panen atau ternak yang lebih baik termasuk juga membantu mereka menjadi seorang pengusaha muda.

4. Pengusaha

Jika kamu suka dalam dunia bisnis khususnya yang berkaitan Agribisnis, kamu bisa menempuh pendidikan di jurusan ini, setelah lulus kamu bisa memulai karir menjadi seorang pengusaha yang memiliki wawasan ilmu yang luas.

5. Pekerja pemerintah

Peluang kerja lulusan Agribisnis berikutnya adakah bekerja sebagai pegawai negeri pada instansi pemerintah seperti petugas pertanian dan lainnya.

Adapun gaji yang ditawarkan untuk posisi ini cukup bervariasi tergantung tingkatannya seperti pegawai negeri tingkat I hingga IV. Gaji pokok senilai jutaan rupiah tersebut belum termasuk tunjangan dan beragam fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan.

6. Pedagang Komoditi Baru

Bagi kamu yang cinta dengan semua kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonedia, kamu bisa mencoba memperkenalkan komoditi baru yang terbentang mulai dari sabang hingga marauke. Dengan berbekal ilmu Agribisnis yang telah kamu dapatkan selama kuliah, menjadi pedagang komuditi baru terbuka lebar untukmu. Tentu hasil yang besar bisa kamu dapatkan jika berhasil menciptakan pasar komoditi baru tersebut.

7. Konsultan Pertanian

Lulusan Agribisnis juga memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa menjadi seorang konsultan pertanian yang dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat luas terkait dengan ilmu Agribisnis yang kamu miliki. Tugas konsultan pertanian yaitu memberikan arahan, bimbingan dan juga melakukan analisis.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan juga cukup besar tergantung dari banyaknya client yang Anda bantu.

8. Bekerja di BAPPEDA

BAPPEDA adalah singkatan dari Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah. Sebuah badan perencanaan yang berkontribusi dalam membangun masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan, dan cara mengelola ladang yang baik. Nah, kamu bisa melamar menjadi petugas di BAPPEDA.

BAPPEDA ialah sebuah instansi yang menjadi pusat ilmu pengetahuan Agribisnis yang berani memberikan gaji sebanding dengan kualifikasi yang kamu miliki saat ini.

9. Konsultan Perusahaan Agribisnis

Kamu juga memiliki peluang bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang Agribisnis. Seorang konsultan memiliki gaji yang cukup menjanjikan, sehingga bisa membuat kehidupanmu menjadi lebih mapan.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan mulai kisaran jutaan rupiah sampai belasan juta rupiah per bulannya.

10. Penulis

Untuk kamu yang memiliki kemampuan membuat tulisan, bisa bekerja sebagai seorang penulis yang fokus membahas tentang Agribisnis. Menjadi seorang penulis digital saat ini bisa membantu kamu mendapatkan pundi-pundi rupiah, dan kedepannya bisa menjadi pasif income. Semakin banyak yang tertarik untuk membaca tulisanmu, maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

Demikian informasi tentang 10 prospek kerja lulusan Agribisnis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time…

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru