20 Prospek Kerja Administrasi Negara dan Gajinya

Prospek Kerja Administrasi NegaraLulusan Administrasi Negara biasanya akan bekerja sebagai seorang Konsultan Pemerintahan, Staf Legislatif, bekerja sebagai Aparat Pemerintah, Aktivis Organisasi Masyarakat, Anggota Partai Politik, Jurnalis, Dosen, Pegawai BUMN, Asisten Peneliti dan masih banyak lagi jenis pekerjaan lainnya yang bisa kamu tempati.

Prospek Kerja Administrasi Negara

Prospek Kerja Administrasi Negara

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja Administrasi Negara, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Konsultan Pemerintahan

Lulusan administrasi negara memiliki peluang menjadi seorang konsultan pemerintah. Beberapa instansi pemerintah tentunya membutuhkan seorang konsultan yang dapat membantu memberikan solusi atau masukkan untuk menyelesaikan permasalah yang sedang dihadapi.

Adapun gaji yang didapatkan bisa sampai puluhan juta rupiah tergantung dari tingkat pengalamannya.

2. Staf Legislatif

Prospek kerja lulusan administrasi negara selanjutnya adalah bekerja sebagai Staf Legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai staff legislatif adalah belasan juta rupiah tergantung dari posisi apa yang kamu tempati nantinya.

3. Aparat Pemerintah

Peluang kerja yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan administrasi negara selanjutnya adalah bekerja di aparat pemerintah baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Dengan begitu kamu bisa langsung ikut berkontribusi dalam pemerintah.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya mulai dari 5 juta sampai belasan juta rupiah tergantung dari posisi apa yang kamu tempati.

4. Aktivis Organisasi Masyarakat

Selain itu kamu juga bisa bergabung menjadi seorang Aktivis Organisasi Masyarakat. Khususnya di posisi administrasi dan keuangan.

Adapun gaji yang bisa kamu dapat tentu saja sangat bervariasi dan bisa sampai belasan juta rupiah tergantung dari peran dan pengalaman yang telah kamu miliki.

5. Anggota Partai Politik

Nah ini khusus bagi kamu yang memang tertarik di dunia politik, kamu bisa terjun ke dunia politik dengan mengandalkan status lulusan administrasi negara yang kamu miliki.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya juga cukup besar bisa mencapai hingga puluhan juta rupiah jika statusmu sudah tinggi di partai politik.

6. Jurnalis

Lulusan administrasi negara juga memiliki peluang bekerja sebagai seorang jurnalis pemerintah atau politik.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika menjadi seorang jurnalis mulai dari 5 juta hingga belasan juta rupiah per bulannya.

7. Dosen

Untuk bisa berkarir menjadi seorang dosen, salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi adalah menempuh pendidikan minimal S2.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai seorang dosen mulai dari 4 juta hingga puluhan juta rupiah per bulan.

8. Pegawai BUMN

Lulusan administrasi negara juga memiliki peluang bekerja sebagai pegawai BUMN. Bekerja di perusahaan BUMN adalah impian banyak orang, bisa berkarir diperusahaan ini bisa menjadi awal karir yang gelimang.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya mulai dari 5 juta rupiah per bulan.

9. Asisten Peneliti

Sebagai lulusan jurusan administrasi negara, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang Asisten Peneliti dalam sebuah riset pemerintah.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan mulai dari 3 juta hingga 5 juta rupiah per bulan.

10. Peneliti

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebagai asisten peneliti, kamu bisa mencoba melamar di posisi peneliti utama.

Adapun gaji yang akan kamu dapatkan nantinya tentu lebih besar dibandingkan dengan asisten peneliti, bisa sampai puluhan juta rupiah per bulan.

11. Aparat Pemerintah

Kamu juga bisa terlibat aktif dalam menjalankan roda pemerintahan, baik itu yang berada dalam pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Tugas seorang aparat pemerintah adalah menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan, menyediakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Adapun besaran gaji yang bisa kamu dapatkan tergantung dari tempat kamu bekerja.

Tentunya bekerja di pemerintah pusat lebih besar gajinya dibandingkan dengan bekerja di pemerintah daerah.

12. Anggota Legislatif

Kamu juga bisa berkarir menjadi anggota legislatif baik itu di pusat maupun di daerah. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah kamu dapatkan saat menempuh kuliah, kamu harusnya dapat membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera dalam membangun rakyat.

Adapun gaji yang bisa Anda dapatkan cukup besar tergantung dari posisi apa yang Anda tempati.

13. Aktivis LSM/Organisasi Masyarakat

Lulusan administrasi negara juga bisa bekerja sebagai Aktivis LSM, sebuah lembaga sukarela yang mau memberikan pelayanan kepada masyarakat umur tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang mereka lakukan.

Para lulusan administrasi negara banyak dibekali ilmu bagaimana cara menjadikan masyarakat yang lebih ideal dengan suatu bentuk kebijakan yang efektif. Keproduktifan inilah yang mampu membawa lulusan ini menjadi seorang aktivis.

14. Asisten Peneliti

Kamu yang lulusan administrasi negara juga memiliki peluang kerja menjadi seorang asisten peneliti. Dimana tugas kamu nantinya adalah untuk melakukan penelitian untuk memecahkan masalah yang sekiranya dapat memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang dijalankan.

15. Anggota Partai Politik

Bagi kamu yang memiliki cita- cita bekerja sebagai anggota partai politik, maka dengan menempuh pendidikan administrasi negara adalah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan. Namun untuk bisa menjadi anggota partai politik, kamu juga harus memahami dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti di negara tersebut.

16. Konsultan Pemerintahan

Menjadi seorang konsultan pemerintah juga merupakan salah satu prospek kerja lulusan administrasi negara. Tugas kamu nantinya adalah memberikan solusi, masukan, memberikan rumusan strategi yang dirancang, sehingga pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Kamu harus dapat berpikir secara kritis dan strategis untuk membangun suatu bentuk pemerintahan yang jauh lebih baik, yang mana tentu harus dengan dilandasi juga dengan pengetahuan dan teori mengenai pemerintah.

17. Jurnalis Pemerintahan atau Politik

Lulusan administrasi negara tentu selalu dituntut untuk bisa peka terhadap berbagai macam isu pemerintah atau politik yang sedang ramai di perbincangkan. Para lulusan administrasi negara juga telah ditempa dengan sebaik mungkin untuk bisa melakukan analisis dan melaporkan, mengembangkan hingga memperdayakan, dimana hasilnya nanti akan menjadi jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi pada suatu pemerintah.

18. Tenaga Pendidik

Untuk kamu yang memang memiliki kemampuan sebagai tenaga pengajar, menjadi seorang guru atau dosen bisa menjadi pilihan. Dengan begitu kamu bisa terus mengasah kemampuan yang kamu miliki saat ini serta dapat mengajarkan ilmu administrasi negara yang sudah kamu dapatkan semasa kuliah.

Untuk bisa menjadi seorang dosen kamu perlu menyelesaikan pendidikan S2 atau S3 terlebih dahulu.

19. Bekerja di BUMN

Tidak hanya dapat bekerja di sektor pemerintah saja, namun lulusan administrasi negara juga bisa bekerja di BUMN. Adapun gaji yang bisa Anda dapatkan jika bekerja di perusahaan ini cukup besar, biasanya lebih besar dari nilai UMR di wilayah tersebut.

20. Bekerja di Lembaga Keuangan

Lulusan administrasi negara juga memiliki prospek kerja di lembaga keuangan seperti Bank. Karna memang pada dasarkan sewaktu kuliah apa yang dipelajari oleh program studi ini tidak jauh dari masalah keuangan, sehingga akan tak jauh berbeda dengan masalah penanganannya.

Demikian informasi tentang 20 prospek kerja administrasi negara dan gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time…

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru