Time Management Adalah? Pengertian, Karakteristik, Dan Cara Membuatnya

Mengatur time management adalah sangat penting, karena hal ini dapat membuat kita menjadi tepat waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Seperti yang kita tahu bahwa waktu ini merupakan salah satu sumber daya yang tidak bisa direproduksi lagi.

Dan di dalam sebuah perencanaan, pentingnya manajemen waktu ini adalah suatu teknik dalam mengatur penggunaan waktu agar bisa lebih efektif. Agar lebih jelasnya mengenai manajemen waktu ini bisa disimak ulasan mengenai manajemen waktu, karakteristik serta cara membuatnya.

Pengertian Time Management

time management adalah

Bagi siapa saja yang ingin mempertahankan produktivitas maka harus mampu untuk fokus serta memprioritaskan sebuah tugas. Karena masing-masing pastilah memiliki tugas yang harus diselesaikan setiap harinya.

Sehingga agar kita bisa menyelesaikan tugas tersebut secara tepat waktu maka harus memahami mengenai manajemen waktu.

Time management adalah suatu proses untuk melakukan kontrol terhadap waktu dengan batas tertentu agar bisa menyelesaikan tugas yang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik maka kamu bisa merencanakan serta menggunakan waktunya sebaik mungkin.

Karakteristik Time Management yang Sukses

1. Evaluasi

Kita bisa meluangkan waktu beberapa hari agar bisa mencatat waktu yang digunakan agar bisa menyelesaikan tugas sehari-hari.

Disini kita juga bisa menentukan apa yang ingin dicapai. Setelah itu tandai aktivitas yang tidak termasuk dalam kategori tersebut. Selain itu juga lakukan pencatatan hal apa saja yang mengganggu saat akan mencapai tujuan tersebut tepat waktu.

Kita juga bisa mencatat tugas yang bisa disederhanakan agar bisa melakukan penghematan waktu. Dalam melakukan manajemen waktu ini sebaiknya juga harus dilakukan sejak dini. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik mulai dari anak-anak maka saat dewasa nanti akan terbawa.

2. Rencana dan Prioritas

Selanjutnya kita juga bisa meluangkan waktu pada awal hari dan malam hari setiap harinya agar bisa membuat rencana serta melakukan prioritas tugas yang berdasarkan dengan tujuan yang akan dicapai.

Apabila mendapat proyek besar maka kamu bisa membaginya jadi proyek yang lebih kecil agar tidak terlalu kewalahan. Selain itu dengan membuat agenda dan selalu bawa agenda tersebut kemana-mana agar selalu fokus pada tujuan.

Lalu saat di penghujung hari ternyata ada tugas yang belum diselesaikan maka jangan panik terlebih dahulu. Karena kamu bisa memindahkan tugas yang belum selesai tersebut ke hari berikutnya.

Dengan melakukan hal demikian maka kamu juga mempunyai panduan dalam melakukan aktivitas harian. Ini juga meminimalkan waktu yang terbuang percuma.

Dengan melakukan pengelolaan waktu ini maka kamu juga memiliki tujuan yang akan dicapai yang akhirnya akan menuju kepada kesuksesan.

3. Eliminasi pencurian waktu

Kamu juga bisa menghapus gangguan yang mengganggu produktivitas mu dalam keseharian. Kamu bisa membuat jadwal untuk membalas email, membalas panggilan telepon ataupun sms.

Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan serta panggilan telepon setiap harinya. Jangan bermain media sosial pada saat jam kerja agar tujuan yang akan kamu capai bisa terwujud.

4. Delegasi

Apabila mendapatkan proyek yang besar maka kamu bisa mendelegasikan tugas pada bawahan maupun rekan kerja. Hal ini akan membuat bawahan mu ataupun rekan kerjamu akan belajar mengenai hal yang baru.

5. Katakan tidak

Saatnya belajar untuk mengatakan”tidak” pada orang lain dengan cara yang sopan. Hal ini dilakukan apabila kamu menolak pekerjaan yang tak sesuai dengan tujuan kamu.

Kemudian bingung dengan teman-teman hanya karena merasa tak enak malah akan membuang-buang waktu. Lebih baik gunakan waktumu untuk mendelegasikan tugas yang harus dilakukan.

6. Rehat

Beristirahat merupakan sesuatu hal yang penting bagi setiap orang. Oleh karena itulah luangkan waktu dan buatlah jadwal agar bisa beristirahat dan menjernihkan pikiran.

Isi waktumu dengan olah raga yang teratur agar badan tetap sehat dan bugar. Hindari junk food dan makanlah makanan yang sehat.

Cara Membuat Time Management yang Baik

Karena kita mengetahui bahwa time management adalah hal penting. Maka kita harus mengetahui cara membuat time management yang terbaik. Terdapat beberapa metode yang bisa kamu gunakan dalam membuat manajemen waktu yang baik. Pertama yaitu dengan membuat rangkaian kegiatan kemudian mengurutkannya mana yang paling penting dan kurang penting.

  • Tentunya setiap orang juga memiliki ritme kerja yang berbeda. Ada yang kreativitasnya akan muncul jika dalam saat -saat tertekan dan mepet dengan waktu. Namun ada pula yang lebih menyukai mengerjakannya saat masih memiliki waktu yang panjang. Karena ia bisa lebih teliti dalam pekerjaannya.
  • Dengan memiliki manajemen waktu yang tepat maka akan memungkinkan kita dalam mencapai tujuan. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan dalam manajemen waktu ini diantaranya dengan mengalokasikan 60% dari waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah terencana. Dan sisanya 40% untuk waktu yang tak terduga.
  • Kemudian kita juga bisa membagi aktivitas kedalam aktivitas pendek, sedang maupun jangka panjang.
  • Merencanakan jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Demikian penjelasan mengenai Time Management ini. Karena Time Management adalah hal penting dalam melakukan sebuah pekerjaan atau tugas agar tepat waktu. Sehingga sebelum kita melakukan pekerjaan atau tugas, buatlah terlebih dahulu Time Management yang baik.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru