10 Prospek Kerja Teknik Mesin Terbaru

Beruntung sekali jika kamu sedang menempuh pendidikan Teknik Mesin atau telah tamat di jurusan ini karena ada banyak prospek kerja teknik mesin dengan gaji yang menjanjikan.

Karena saat ini semakin banyak industri yang tenaga kerjanya tergantikan oleh sebuah mesin. Maka menjadikan lulusan sarjana teknik mesin memiliki banyak sekali peluang kerja dengan gaji yang besar.

Untuk memberikan gambaran pekerjaan dari lulusan teknik mesin, berikut ini ada 10 Prospek Kerja Teknik mesin beserta gaji, yang akan membuat kamu memiliki gambaran setelah lulus ingin berprofesi menjadi apa.

10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya

prospek kerja teknik mesin

Lulusan jurusan teknik mesin memiliki prospek kerja teknik mesin dengan gaji tinggi sampai upah minimum di atas 4 juta. Namun gaji ini juga tergantung sebagian tempat atau daerah masing-masing.  Beberapa prospek kerja teknik mesin contohnya bekerja di perindustrian otomotif,  penerbangan dalam merakit sebuah pesawat.

Nah, bukan hanya yang disebutkan di atas saja, kami disini akan menginformasikan 10 prospek kerja teknik mesin dan gajinya secara lengkap.

1. Manjadi Dosen

Prospek kerja teknik mesin yang cukup mudah pertama adalah bekerja sebagi dosen. Jika kamu ingin menjadi dosen, paling tidak harus sudah bergelar sarjana tingkat satu. Prospek kerja ini begitu luas dan kisaran gaji bisa mencapai 7 juta per bulan bahkan lebih.

2. Menjadi Konsultan

Prospek kerja lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan teknik mesin adalah menjadi konsultan. Ketika disebuah perusahaan terdapat gangguan sistem dan karyawan sulit menanganinya. Maka mereka akan membutuhkan seorang konsultan untuk mengetahui permasalahan dan memberikan saran/solusi untuk mengatasinya.

3. Menjadi Perancang Konstruksi

Kamu yang suka mengotak-atik mesin, dan ahli di bidang perancangan. Seperti mendesain model hingga proses pemilihan material kamu bisa lakukan sendiri. Maka kamu memiliki peluang besar dengan gaji yang tidak main-main yaitu bisa di atas 5 juta ketika kamu memilih bekerja sebagai perencana konstruksi.

4. Bergabung Dengan Industri Transportasi

Selanjutnya prospek kerja teknik mesin adalah di industri transportasi. Lulusan teknik mesin biasanya akan cenderung terjun ke dunia otomotif. Pekerjaan ini contohnya adalah merancang sebuah kendaraan seperti mobil dan motor.

Jika kamu bekerja untuk industri transportasi yang  terkenal, gaji terbilang masih tinggi di atas angka 4 juta per bulan. Bagaimana kamu tertarik untuk bekerja di industri transportasi ketika lulus dari jurusan teknik mesin?

5. Berkarir instansi Pemerintah

Prospek kerja teknik mesin yang sangat banyak diminati dari berbagai jurusan, salah satunya teknik mesin yaitu berkarir di instansi pemerintah. Salah satu instansi pemerintah yang sering membutuhkan lulusan teknik mesin adalah instansi migas dan infrastruktur.

Untuk gaji menjadi seorang PNS diperkirakan bisa mencapai 3 juta sampai 6 juta, tergantung dari di instansi mana kamu bekerja dan di posisi apa.

6. Peluang Kerja di Pertambangan

Dalam industri pertambangan tentunya mengerahkan mesin-mesin berat untuk memudahkan para pekerjanya. Namun dibalik itu harus ada operator yang mengendalikan mesin secara cermat dan juga stabil. Maka dibutuhkanlah lulusan teknik mesin. Untuk gaji jangan diragukan lagi ketika bekerja di industri pertambangan bisa mencapai 6 juta atau lebih.

7. Maintenance Engineer

Prospek kerja teknik mesin di bidang pemeliharaan pada mesin yang dioperasikan dalam sebuah perusahaan industri yang besar sangat banyak. Untuk bagian ini tidak sembarang orang mengisi posisi tersebut. Karena dengan tugas yang cukup berat dan memastikan kelancaran kerja. Tugasnya yaitu mengamati instalasi mesin, fasilitas bangunan dan sebagainya.

Dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang berat, gaji bekerja sebagai maintenance engineer juga tidak main-main. Perbulan bisa mendapat gaji diatas 6 juta rupiah.

8. Menjadi Pengusaha

Jebolan teknik mesin juga tidak melulu harus bekerja dibawah tekanan. Mungkin kamu mempunyai tekad dan mampu bekerja mandiri di bidang ini. Mungkin bisa saja kamu membuka bengkel, kontraktor mesin, jasa maintenance mesin industri dan bisnis lainnya yang berhubungan dengan keahlian yang kamu miliki.

Gaji menjadi pengusaha jika sukses tidak hanya jutaan, mungkin bisa puluhan juta per bulannya.

9. Pemasaran Produk atau Sales Marketing

Jika kamu lulusan teknik mesin sangat cocok jika memasarkan produk seperti spareparts misalnya atau juga bisa alat permesinan. Untuk gaji sales marketing produk di industri mesin diperkirakan sekitar 3 juta sampai 4 juta.

10. Bagian Proses Produksi

Lulusan teknik mesin juga memiliki peluang kerja menjadi operator mesin industri atau kontruksi. Untuk prospek kerja teknik mesin satu ini memiliki gaji sekitar 3 juta sampai 6 juta per bulan/

Itulah 10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan gajinya, semoga dapat menjadi gambaran untuk pekerjaan apa yang cocok untuk dipilih setelah lulus pendidikan di jurusan teknik mesin.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru