10 Prospek Kerja Teknik Geologi dan Gajinya

Prospek Kerja Teknik Geologi – Teknik Geologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu bumi termasuk di dalamnya berbagai aspek terkait seperti batuan, bentuk dan struktur antar batuan dan masih banyak lagi lainnya. Meski seringkali diremehkan, prospek kerja Teknik Geologi sangat luas.

Gaji pada masing – masing bidang kerjanya juga sangat mumpuni. Adapun informasi selengkapnya terkait prospek kerja Teknik Geologi di bagian mana saja, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi selengkapnya!

Prospek Kerja Teknik Geologi

Prospek Kerja Teknik Geologi

Prospek kerja Teknik Geologi setelah lulus dari kuliah cukup luas, di antaranya sebagai berikut :

Bekerja sebagai staf di perusahaan minyak

Prospek kerja Teknik Geologi yang belakangan ini sangat banyak diincar adalah menjadi staf di perusahaan minyak. Mengenai gaji yang berpotensi didapatkan sebagai staf dari perusahaan minyak sangat besar bahkan di atas 12 juta rupiah untuk kategori perusahaan multinasional atau internasional.

Bekerja sebagai staf di perusahaan tambang

Pekerjaan yang sangat menarik bagi lulusan Geologi juga di perusahaan tambang. Sama halnya dengan bekerja di perusahaan minyak, bekerja di perusahaan tambang pun menjadikan lulusan Geologi berpotensi mendapatkan penghasilan mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Interpreter seismic

Bagi Anda yang masih belum tahu, interpreter seismic merupakan suatu bidang kerja bagi ahli geologi untuk menjalankan tugas menganalisa jumlah minyak dan gas yang terkandung dalam struktur batuan.

Seorang interpreter seismic juga memiliki tugas untuk melakukan analisa terhadap proses ekstraksi dan sekaligus potensi bencana. Jika Anda ingin melamar kerja di bidang ini, Anda sebagai lulusan Teknik Geologi harus memiliki kemampuan interpretasi model 2D, 3D sampai 4D dalam kaitannya dengan pemetaan batuan. Anda juga harus mampu membaca akustik, satelit dan survey permukaan batuan.

Gaji per bulan yang berpotensi didapatkan untuk bekerja di bagian ini mulai dari 7 juta rupiah sampai dengan di atas 10 juta rupiah.

Kontraktor

Jika Anda merupakan lulusan jurusan Teknik Geologi, Anda bisa juga menjadi seorang kontraktor. Bekerja di profesi ini mengharuskan Anda untuk mampu mengaplikasikan ilmu yang Anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah.

Sebagai seorang kontraktor, gaji yang berpotensi Anda dapatkan juga cukup menggiurkan. Anda berpotensi mendapatkan gaji bahkan sampai ratusan juta rupiah tergantung dengan skala proyek yang Anda kerjakan.

Pengembang pemukiman

Demi memenuhi kebutuhan manusia yang terus bertambah, pemukiman harus selalu dikembangkan. Selain butuh perencana bangunan dan tata ruang, tentu butuh orang yang ahli dalam bidang lingkungan juga. Anda lulusan Teknik Geologi yang bekerja sebagai pengembang pemukiman berpotensi mendapatkan gaji sekitar 10an juta rupiah.

Dosen jurusan Teknik

Jika setelah lulus dari jurusan Teknik Geologi kemudian Anda merasa memiliki minat untuk menjadi seorang dosen jurusan Teknik Geologi maka Anda bisa melamar di universitas baik swasta atau negeri. Namun ingat, latar belakang pendidikan Anda harus S2 terlebih dahulu untuk mengemban profesi ini. Setiap bulannya Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 3 jutaan rupiah sampai di atas 5 juta rupiah.

Menjadi pegawai LIPI

Tugas utama Anda bekerja di LIPI adalah melakukan penelitian dan analisis terhadap berbagai hal terkait lingkungan dan alam. Anda akan mendapatkan penghasilan per bulan sekitar 2 juta rupiah sampai dengan di atas 3 jutaan rupiah.

Staf Kementerian Lingkungan Hidup

Bekerja di lingkungan Kementerian tentu menjadi salah satu profesi yang sangat membanggakan dan saat ini sedang banyak diincar. Soal gaji, Anda bisa dapatkan gaji mulai dari 3 juta rupiah dan semakin lama akan semakin besar juga.

Bekerja di BPPT

BPPT merupakan suatu instansi pemerintah non kementerian dimana ketika bekerja di sana tugas Anda adalah melakukan beragam pengkajian dan penerapan teknologi di Indonesia. Akan ada banyak posisi atau jabatan yang Anda bisa tempati nantinya.

Adapun untuk gaji bekerja di BPPT cukup besar yaitu berkisar antara 3 jutaan rupiah sampai dengan 4 atau 5 juta rupiah per bulan.

Staf di Kementerian Energi

Sebagai lulusan Teknik Geologi, Anda yang ingin bekerja menjadi bagian dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melalui proses seleksi yang sangat ketat terlebih dahulu. Namun jika berhasil dalam proses seleksi yang diberikan tentu gaji yang diberikan juga cukup besar yaitu berkisar antara 3 jutaan rupiah sampai dengan 5 jutaan rupiah per bulan.

Bagi lulusan Teknik Geologi, itulah beberapa prospek kerja Teknik Geologi yang bisa didapatkan setelah lulus dari kuliah. Jadikan informasi di atas membawa manfaat khususnya Anda yang sedang mencari informasi prospek kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru