9 Prospek Kerja Statistika dan Gajinya

Prospek Kerja Statistika – Jurusan Statistika akan sangat cocok menjadi pilihan untuk Anda yang suka mengolah angka atau berhitung. Pada jurusan satu ini Anda diharuskan untuk memfokuskan pada pencarian, pengumpulan dan pengolahan data hingga menjadi informasi yang benar dan dapat disampaikan pada khalayak.

Ada banyak prospek kerja statistika yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Jika Anda ingin tahu prospek kerja potensialnya sebagai lulusan ilmu Statistika apa saja, Anda bisa simak informasi di bawah ini!

Prospek Kerja Statistika

Prospek Kerja Statistika

Adapun beberapa prospek kerja statistika yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah di jurusan tersebut di antaranya :

BPS

Prospek kerja pertama yang bisa Anda ambil sebagai lulusan jurusan statistika adalah menjadi pegawai Badan Pusat Statistik atau BPS. Pada pekerjaan satu ini Anda akan mendapatkan gaji pokok sesuai dengan jabatan yang Anda duduki.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan tunjangan kelas I mulai dari Rp 2.500.000 hingga kelas teratas dengan kisaran tunjangan mencapai Rp 33.000.000.

Lembaga survei

Prospek kerja statistika biasanya paling dibutuhkan pada lembaga – lembaga  survey atau lembaga riset. Pada lembaga tersebut sangat membutuhkan orang yang jujur dalam melakukan segala aktivitas baik dari pengambilan data maupun pengolahan data.

Gaji rata – rata yang bisa di dapatkan ketika menjadi pegawai di lembaga survey yakni sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Peneliti

Lulusan dari jurusan statistika kebanyakan memiliki kemampuan dalam mengambil sampel, menganalisa bahkan membuat sebuah laporan. Oleh karena itu, Anda bisa bekerja sebagai seorang peneliti yang mempublikasikan sebuah karya.

Dari hasil karya yang telah Anda buat maka Anda sudah ikut berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan. Gaji seorang peneliti cukup fantastis yakni mulai dari Rp 4.000.000 per bulan sampai dengan Rp 6.000.000 per bulan.

PNS

Lulusan dari jurusan statistika mempunyai kesempatan untuk mengabdi di badan pemerintahan sebagai ASN. Dengan jurusan satu ini Anda bisa berkarir sebagai pegawai pemerintahan pada banyak instansi yang ada di beberapa negara.

Peluang pekerjaan untuk jurusan statistika seperti bekerja pada Dinas Pendidikan, Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan dan masih banyak yang lainnya.

Gaji dari seorang PNS cukup bervariasi yakni mulai angka jutaan hingga puluhan juta. Hal ini tergantung dengan jumlah tunjangan yang diberikan.

BUMN

Peluang kerja dari jurusan statistika yang bisa Anda pilih adalah bekerja di BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. dalam pekerjaan satu ini Anda diharuskan memiliki kemampuan mengumpulkan, menganalisa dan mengolah data. Gaji yang bisa Anda dapatkan saat bekerja di BUMN sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Dosen

Apabila Anda sangat tertarik di dunia pendidikan maka Anda bisa mengambil pekerjaan menjadi seorang dosen. Namun untuk bisa menjadi seorang dosen Anda diharuskan menempuh jejang pendidikan S2 terlebih dahulu.

Dengan menjadi seorang dosen Anda bisa mendapatkan gaji jutaan, tunjangan kehormatan, insentif dan yang lainnya. Seorang dosen bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Perusahaan swasta

Prospek kerja lainnya yang bisa Anda pilih adalah bekerja pada perusahaan swasta. Anda bisa melamar menjadi seorang CEO, pengolah data atau pada posisi lain yang berkaitan dengan statistika. Gaji yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta namun hal ini tergantung dengan posisi yang Anda tempati.

Konsultan atau jasa statistika

Keahlian dan ilmu statistika yang Anda miliki menjadikan Anda bisa memberikan rekomendasi sekaligus menyelesaikan masalah statistik yang sedang dihadapi oleh klien. Dengan keahlian tersebut, profesi sebagai seorang konsultan atau penyedia jasa statistika akan sangat menggiurkan diambil.

Gaji yang ditawarkan tergantung dari kesepakatan antara Anda dan klien. Sedangkan rata – rata gaji konsultan pada bidang ini adalah sekitar Rp 6.000.000 per bulan.

Wirausaha

Peluang kerja lainnya adalah menjadi wirausaha. Gaji yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang wirausaha tidak terbatas atau sesuai dengan omset usaha Anda. Dengan pekerjaan ini Anda bisa mengembangkan bakat serta kemampuan secara maksimal

Demikian informasi tentang prospek kerja statistika yang dapat menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan Anda khususnya tentang dunia kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru