10 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran dan Gajinya

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran – Manajemen pemasaran merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang sistem pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan evaluasi proses serta kegiatan pemasaran barang dan atau pun jasa untuk memenuhi tujuan suatu perusahaan atau organisasi.

Bagi Anda lulusan manajemen pemasaran, prospek kerja manajemen pemasaran sangatlah besar setelah lulus nanti. Jika Anda ingin tahu apa saja prospek kerjanya, berikut informasi lengkap dan menariknya untuk Anda!

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

Berikut ini beberapa prospek kerja Manajemen Pemasaran yang bisa Anda jadikan pilihan profesi setelah lulus kuliah, di antaranya :

Social media marketing

Sebagaimana yang selama ini kita tahu bahwa profesi sebagai marketing adalah sebuah profesi yang akan sangat dicari sampai kapan pun. Namun di era digital ini, bukan marketing konvensional yang dicari melainkan social media marketing.

Hal ini karena zaman sudah berganti menjadi digital sehingga pemasaran digital pun dibutuhkan. Tugasnya  tentu mengoptimasi marketing melalui platform sosial media dan berhak mendapatkan gaji mulai dari 3 juta sampai 5 jutaan rupiah per bulan.

Staff digital marketing

Dalam komponen kerja berbasis marketing digital, staf juga dibutuhkan. Staf ini nantinya yang akan mengeksekusi perintah dari divisi sosial media marketing. Gaji staf digital marketing bervariasi mulai dari 2,5 juta rupiah per bulan.

Analis pemasaran

Seorang analis pemasaran atau marketing analysis merupakan suatu profesi yang tugasnya menganalisis data pemasaran baik bagi client individu atau pun perusahaan. Posisi analis menjadi penting karena dapat menjadi peta pemasaran suatu usaha atau perusahaan.

Seorang analis pemasaran biasanya akan mendapatkan gaji per bulan mulai dari 4 juta rupiah sampai dengan 7 juta rupiah per bulan.

Sales executive

Salex executive yang handal sangat dibutuhkan perusahaan. Banyak perusahaan di Indonesia yang mencari posisi ini untuk perusahaannya. Oleh karena itu prospek kerja manajemen pemasaran menjadi sales executive sangat luas.

Peluang karir profesi ini juga cukup menjanjikan. Biasanya seorang sales executive tidak hanya akan mendapatkan gaji pokok sekitar 3 – 4 juta rupiah per bulan, melainkan juga akan mendapatkan bonus sesuai dengan target penjualan yang berhasil dilakukan.

Supervisor pemasaran

Profesi sebagai supervisor pemasaran merupakan profesi yang memberikan tugas mengidentifikasi dan melakukan pengembangan atas strategi pemasaran suatu usaha atau perusahaan. Gaji yang didapatkan supervisor pemasaran pun beragam mulai dari 5 juta rupiah.

Konsultan pemasaran

Jika Anda merasa expert dalam bidang pemasaran dan mampu memberikan saran pemasaran untuk meningkatkan closing perusahaan lain, maka Anda bisa menekuni profesi sebagai seorang konsultan pemasaran.

Anda bisa membuka jasa konsultasi sendiri atau bergabung dengan perusahaan. Jika membuka jasa sendiri, tentu perolehan gajinya sesuai omset Anda. Sementara jika bergabung dengan perusahaan konsultasi pemasaran biasanya gaji yang bisa didapatkan per bulan mulai dari 5 juta rupiah.

Dosen

Jika Anda merasa memiliki bakat untuk mengajar dan kebetulan Anda lulusan S2, maka setelah lulus dari menempuh pendidikan S2 Anda bisa langsung menjadi seorang dosen. Dosen manajemen pemasaran akan sangat dibutuhkan di berbagai universitas di Indonesia. Anda pun berpeluang mendapatkan gaji yang menjanjikan yaitu mulai dari 4 juta rupiah sampai 5 juta rupiah per bulan.

Public relation

Tugas Anda sebagai lulusan manajemen pemasaran yang berprofesi sebagai public relation adalah melakukan upaya komunikasi yang baik dengan pihak di luar perusahaan khususnya terkait dengan strategi pemasaran. Anda bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar 4 juta rupiah.

Staf advertising

Menjadi staf advertising membuat Anda memiliki kegiatan sehari – hari berkutat dengan dunia periklanan. Prospek kerja manajemen pemasaran yang satu ini akan sangat mengasah kemampuan Anda selama di bangku kuliah. Untuk gajinya, staf advertising biasanya mendapatkan gaji per bulan sekitar 3 – 5 juta rupiah.

Pengusaha

Terakhir, prospek kerja manajemen pemasaran yang juga direkomendasikan adalah sebagai pengusaha. Terlebih jika Anda sudah memiliki rencana akan meluncurkan produk apa untuk usaha Anda. Dengan keterampilan Anda di bidang pemasaran, produk Anda akan laku pesat dan bukan tidak mungkin kesuksesan akan ada di tangan Anda untuk mendapatkan omset ratusan juta rupiah per bulan.

Demikian beberapa prospek kerja Manajemen Pemasaran yang bisa diambil bagi Anda yang selesai menempuh pendidikan di program studi Manajemen Pemasaran. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru