10 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan – Ilmu pemerintahan merupakan suatu bidang keilmuan yang di dalamnya mempelajarai aneka ragam materi pelajaran terkait permasalahan pemerintahan atau organisasi public, manajemen, serta juga kepemimpinan agar tata laksana kekuasaan negara berjalan sebenar – benarnya.

Mengenai prospek kerja ilmu pemerintahan cukup luas. Tidak harus terjun ke dunia pemerintahan juga, karena masih ada bidang lain yang berpotensi menjadi prospek kerja Anda setelah lulus kuliah. Apa saja?

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Berikut kami berikan beberapa informasi terkait prospek kerja ilmu pemerintahan yang bisa diambil setelah lulus kuliah, meliputi :

Aparat pemerintah

Aparat pemerintah memiliki tugas untuk senantiasa menetapkan ragam kebijakan pemerintah, memberikan solusi dari pemerintah berkaitan dengan berbagai aspek terkait keluhan rakyat dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menjadi bagian dari aparat pemerintah, Anda bisa mendaftar dalam recruitment CPNS yang diadakan setiap tahun biasanya. Gaji dan tunjangan mulai 2,5 juta rupiah per bulan akan Anda dapatkan.

Staf atau anggota legislatif

Dalam menjalankan prospek kerja ilmu pemerintahan ini, tugas Anda adalah membuat aturan hukum. Jika Anda merasa paham terkait bagaimana membuat suatu aturan hukum baik di tingkat pusat atau pun di tingkat daerah, tentu saja prospek kerja ini bisa Anda ambil.

Staf atau anggota legislatif sendiri biasanya memiliki gaji yang cukup fantastis mulai dari 5 juta rupiah sampai di atas 13 juta rupiah.

Pejabat partai politik

Jika Anda merasa memiliki ilmu yang cukup dalam kaitannya dengan kegiatan diplomasi dan perpartai politikan, maka Anda bisa menjadi pejabat partai politik. Profesi ini juga cukup menjanjikan terlebih jika nantinya Anda diusung dalam pemilihan umum.

Maka tentunya Anda bisa berpotensi menapaki jabatan yang bagus dalam karir perpartai politikan Anda. Adapun gajinya sebagai pejabat atau petinggi partai politik beragam tergantung kebijakan masing – masing partai politik.

Pengawas dan penyelidik properti pemerintah

Tugas Anda sebagai pengawas dan penyidik properti pemerintah adalah memeriksa properti sekaligus melakukan berbagai upaya penyidikan jika ada penyalahgunaan.

Profesi Anda sangat penting karena berkaitan dengan upaya pemerintah dalam memastikan kepatuhan hukum anggota terkait pelaksanaan aturan dan kebijakan hukum yang berlaku. Biasanya pengawas dan penyelidik properti pemerintah mendapatkan gaji mulai 4 – 5 juta rupiah per bulan.

Pendidik atau dosen

Jika Anda ingin menjadi tenaga pendidik yaitu guru, lulusan S1 sudah cukup. Anda bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar 1,5 juta rupiah. Sementara jika Anda ingin menjadi tenaga pendidik universitas atau dosen, maka Anda harus lulusan S2 dan gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan sekitar 5 jutaan rupiah.

Konsultan pemerintahan

Prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai konsultan pemerintahan mengharuskan Anda untuk memiliki minat dalam bidang pemerintahan secara penuh. Anda harus mampu merumuskan strategi atas permasalahan di ruang lingkup pemerintahan, mampu memberikan solusi juga terkait masalah yang terjadi.

Profesi sebagai konsultan pemerintahan berhak mendapatkan gaji mulai dari 5 juta sampai 9 juta atau bahkan 10 juta rupiah setiap bulannya.

Aktivis LSM

Profesi sebagai LSM merupakan profesi mulia yang selalu berusaha masyarakat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Sebagai aktivis LSM, tugas harian Anda adalah berkaitan dengan pendampingan dan pemberian advokasi terhadap masyarakat terkait isu yang ada di sekitar.

Gaji sebagai aktivis LSM tergantung kompetensi, posisi, dan lembaga tempat Anda bekerja. Biasanya gaji per bulan mulai 3 jutaan rupiah.

Spesialis hubungan masyarakat

Profesi sebagai spesialis hubungan masyarakat tugasnya adalah bertanggung jawab dalam mempromosikan citra publik baik itu berkaitan dengan kelompok, perorangan atau pun organisasi.

Anda pun memiliki tanggung jawab penuh berkaitan dengan penyampaian informasi kepada masyarakat secara luas. Anda bisa mendapatkan gaji per bulan 4 sampai 6 juta rupiah menduduki profesi ini.

Wartawan

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan jurnalistik dan tidak memiliki rasa insecure bertemu banyak orang, Anda bisa memilih prospek kerja ilmu pemerintahan sebagai wartawan setelah lulus menempuh pendidikan ilmu pemerintahan.

Anda bisa menjadi wartawan terkait bidang politik, pemerintahan dan sejenisnya. Jika Anda berhasil dengan ciri khas dan daya tarik seperti halnya Najwa Shihab, potensi penghasilan di atas 10 juta rupiah per bulan bisa Anda dapatkan.

Asisten peneliti

Tugas dari seorang asisten peneliti adalah membantu melakukan berbagai upaya penelitian. Sebagai asisten peneliti, Anda juga butuh keterampilan yang memadai. Jika Anda ingin profesi Anda sebagai peneliti linier dengan basic Anda di ilmu pemerintahan maka Anda bisa menjadi asisten peneliti di bidang ilmu pemerintahan.

Gaji Anda sebagai seorang asisten peneliti biasanya mulai dari 3 juta rupiah per bulan. Dengan seiring berjalannya waktu dan pengalaman Anda yang terasah, nantinya Anda juga bisa menjadi seorang peneliti senior.

Itulah beberapa prospek kerja ilmu pemerintahan yang Anda bisa jadikan pilihan untuk berkarir setelah lulus dari ilmu pemerintahan. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk Anda yang sedang mencari kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru