8 Prospek Kerja Ilmu Ekonomi dan Gajinya

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi – Jurusan Ilmu Ekonomi sedari dulu menjadi jurusan yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Pada jurusan ini Anda akan fokus pada upaya pengalokasian sumber daya yang terbatas dan bagaimana caranya agar bisa memperoleh keuntungan yang optimal. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengeksplorasi upaya pemberdayaan ekonomi.

Prospek kerja ilmu ekonomi yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya sangat banyak, sehingga lulusan ilmu ekonomi tak perlu khawatir. Mengenai apa saja prospek kerjanya, kami akan membagikan serangkaian informasi selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

Berikut beberapa prospek kerja ilmu ekonomi yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah di jurusan tersebut di antaranya :

Ekonom

Seorang ekonom merupakan pekerjaan yang cocok untuk digeluti lulusan ilmu ekonomi. Pada pekerjaan ini Anda diharuskan untuk melakukan penelitian dalam memecahkan masalah ekonomi yang ada. Apabila Anda bisa menjadi analis ekonom atau menjadi professor maka gaji yang bisa didapatkan sekitar Rp 3.000.000 per bulan.

Juru taksir

Juru taksir yang biasa disebut dengan Appraiser memiliki tugas untuk menentukan nilai dari suatu properti. Bukan hanya itu, juru taksir biasanya juga bertugas dalam penetapan pajak.

Pekerjaan satu ini biasanya dibutuhkan pada perusahaan yang menawarkan jasa gadai. Gaji yang bisa didapat ketika menjadi juru taksir adalah sekitar Rp 5.000.000 per bulan.

Pengajar bisnis

Prospek kerja ilmu ekonomi yang selanjutnya adalah menjadi pengajar bisnis. Bagi lulusan ilmu ekonomi menjadi pengajar bisnis bukan hal yang sulit karena hal satu ini kerap dipelajari di bangku kuliah. Anda dapat menjadi pengajar bisnis pada suatu instansi pendidikan formal maupun non formal.

Pada umumnya topik yang diajarkan adalah akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia dan pemasaran. Gaji yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi pengajar bisnis sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 4.000.000 setiap bulannya.

Akuntan

Akuntan adalah pekerjaan yang erat kaitannya dengan jurusan ilmu ekonomi.  Tugas dari seorang akuntan adalah menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk. Hampir semua perusahaan membutuhkan seorang akuntan untuk menyusun laporan keuangannya.

Rata – rata gaji yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang akuntan adalah Rp 3.500.000 hingga  Rp 7.000.000 per bulannya.

Analis manajemen bisnis

Dalam menjalankan profesi sebagai seorang analis manajemen bisnis, Anda akan memiliki tugas dalam menganalisa prosedur, desain sistem operasional dan sistem lainnya.

Bukan hanya itu, yang termasuk kedalam pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisa program, konsultasi manajemen dan analis bisnis. Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam profesi ini adalah sekitar Rp 4.000.000 hingga  Rp 7.000.000 per bulannya.

Pemeriksa keuangan

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi pemeriksa keuangan, namun perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan satu ini berbeda dengan akuntan. Seorang akuntan memiliki tugas dalam menyusun laporan keuangan.

Sedangkan pemeriksa keuangan memiliki tugas dalam memeriksa dan memastikan transaksi atau dokumentasi keuangan  perusahaan berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Apabila Anda termasuk kedalam orang – orang yang teliti maka Anda bisa mengambil pekerjaan satu ini. Gaji yang bisa Anda dapatkan sekitar Rp 4.000.000 hingga  Rp 7.000.000 per bulannya.

Pemeriksa, pengumpul pajak dan agen revenue

Prospek kerja ilmu ekonomi yang selanjutnya adalah menjadi pemeriksa, pengumpul dan agen revenue pajak. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah menetapkan kewajiban pajak dan mengumpulkan pajak dari individu atau perusahaan. Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam pekerjaan ini sekitar Rp 5.000.000.

Pegawai pajak atau pegawai persiapan pajak

Pekerjaan sebagai pegawai pajak atau pegawai persiapan pajak akan sering Anda jumpai di kantor – kantor pajak dan masih termasuk kedalam pegawai pemerintahan.

Tugas dari pegawai pajak adalah memastikan pengisian dengan benar hingga menghitung besaran pajak yang dibebankan kepada individu maupun perusahaan. Rata – rata gaji yang bisa didapatkan dalam pekerjaan satu ini adalah Rp 3,5 hingga Rp 7 jutaan setiap bulannya.

Demikian informasi tentang prospek kerja ilmu ekonomi yang dapat menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan Anda khususnya tentang dunia kerja yang berkaitan dengan jurusan ilmu ekonomi.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru