Product Manager : Tugas dan Tanggung Jawab Product Manager

Product manager ini yaitu orang yang menghasilkan produk yang memiliki kualitas baik serta bisa menerjemahkan the right product. Apabila ingin menjadi product manager maka harus bisa membuat relevant product yang bisa mengatasi permasalahan pada user.

Jadi dengan kata lain bahwa product manage ini yang bisa untuk mengelola produk serta semua hal yang berkaitan dengan produk. Proses menentukan ide, mengeksekusi ide dan terakhir adalah mengoperasionalkan produk tersebut adalah tanggung jawab seorang product manager.

Tugas Product Manager

Product Manager

Ini adalah beberapa tugas dari product manager, yaitu :

1. Melakukan Riset Produk

Apabila produk dikeluarkan di pasaran tentunya harus bisa memberikan inovasi bagi penggunanya. Oleh karena itu pentingnya melakukan riset produk bagi Product manager.

Riset yang dilakukan tersebut ada banyak. Diantaranya dengan melakukan riset apa yang sedang jadi tren di masyarakat. Ini bisa dilakukan dengan membaca buku ataupun menonton tayangan tentang topik tersebut. Bukan hanya melakukan riset saja, namun juga melakukan analisis kompetitor.

2. Mengatur strategi produk

Jika sudah menemukan inspirasi produk yang akan dibuat maka product manager juga harus memiliki strategi dalam merealisasikannya. Sehingga mereka juga harus bisa mengkomunikasikannya dengan baik ke perusahaan.

Apabila perusahaan menyetujuinya maka proses produk ini akan dimulai. Strandar kualitas produk juga harus ditentukan oleh Product manager.

3. Menangani masalah produk

Saat melakukan proses pembuatan produk ini maka adanya masalah juga tak bisa dihindari. Bagi product manager haruslah bisa mengatasi permasalahan ini. Disamping itu juga bisa memberikan solusi yang terbaik atas permasalahan yang ada pada tim kerja.

Sehingga pengetahuan yang dimiliki bagi product manager ini juga harus luasĀ  sehingga bisa memahami setiap masalah dari berbagai aspek produk.

4. Jalin Komunikasi dan kerjasama

Dengan melakukan komunikasi dan kerjasama yang baik maka akan bisa menghasilkan produk yang berkualitas. Oleh karena itulah product manager ini harus bisa memiliki komunikasi yang baik serta bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif.

5. Membuat rencana untuk tim produk

Tugas dari product manager ini salah satunya yaitu menentukan apa yang dikerjakan oleh tim produk. Sehingga product manager juga harus memiliki rencana dan menentukan timeline proyek beserta jadwal dalam pelaksanaannya.

Tanggung Jawab Product Manager

Sebelum kita memahami lebih jauh mengenai tanggung jawab dari product manager ini , kita harus tahu dulu bahwa seorang product manager ini diumpamakan seorang nahkoda yang akan memastikan perjalanan sampai di tujuan.

Meskipun begitu seorang nahkoda juga tak akan bisa sampai ditujuan jika tanpa bantuan dari kru lain, seperti teknisi, navigator ataupun lainnya.

Sehingga dengan mengetahui analogi tersebut kita bisa melihat bahwa product manager ini memiliki tanggung jawab yang sama agar memastikan timnya mengerjakan serta mengembangkan produknya sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Untuk itulah beberapa tanggung jawab product manager ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Mengimplementasikan visi dan misi dari perusahaan ke dalam sebuah produk
  • Agar produknya bisa dikembangkan lagi maka harus bisa bekerja sama dengan tim lainnya.
  • Memberikan pengarahan terkait dengan operasional produksi, pengelolaan, penyaluran serta pemasaran sebuah produk yang ada di perusahan
  • Melakukan pengamatan, analisis, mengontrol dan membuat laporan yang terkait dengan operasional produksi
  • Berkoordinasi dengan para pemegang saham maupun stakeholder
  • Mengatasi semua permasalahan yang ada mulai dari proses perencanaan hingga proses produksi
  • Melakukan evaluasi tim operasional produksi, distribusi serta pengembangan produk

Pengetahuan yang Harus Dimiliki

Sebagai seorang product manager maka ada beberapa pengetahuan yang harus dimiliki diantaranya yaitu :

1. Bisnis

Bagi yang berkeinginan menjadi product manager maka tak perlu untuk menjadi seorang Sarjana Ekonomi maupun bisnis. Akan tetapi kamu juga harus menguasai dasar-dasar terkait dengan ilmu bisnis.

2. Ekonomi

Dalam dunia manajer produksi ini ilmu yang sangat penting dan harus dikuasai yaitu ilmu ekonomi. Hal ini dikarenakan saat akan melakukan pengembangan produk ini akan banyak dijumpai permasalahan yang terkait dengan ekonomi.

3. Teknologi

Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi maka menjadikan seorang product manager juga harus menguasai ilmu teknologi. Hal ini juga tak lepas dari dunia bisnis yang juga banyak dipengaruhi oleh teknologi.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru