Press Release Adalah? Pengertian, dan Aturan Penulisannya

Press Release adalah salah satu alat publikasi penting yang harus digunakan oleh bisnis, institusi atau ataupun organisasi. Jika kamu membutuhkan informasi tentang pengertian press release dan aturan penulisannya, maka artikel di bawah ini tidak boleh dilewatkan.

Komunikasi dan publikasi sangat penting bagi sebuah institusi, lembaga bisnis maupun  organisasi lainnya. Publikasi penting dilakukan kepada berbagai pihak guna menyampaikan pesan, gagasan, atau bahkan promosi dan pesan pesan lainnya.

Biasanya institusi resmi menggunakan publikasi melalui berbagai media, termasuk media massa. Hal ini agar pesan yang disampaikan tepat sasaran menjangkau banyak orang.

Sedangkan model publikasinya biasanya berbentuk press release. Press release ini bisa macam macam jenisnya. Apakah institusi punya agenda dalam waktu dekat dan harus diketahui publik, atau perusahaan akan launching produk? maka mereka akan menerbitkan press release, mengundang wartawan atau mengirimnya ke media massa.

Nah pada artikel ini akan dibahas tentang apa itu press release dan cara menulisnya yang baik dan benar. Hal ini penting, terlebih jika anda sedang menggeluti profesi sebagai humas atau Public Relation dalam sebuah perusahaan. menyusun Press Release menjadi salah satu  tugas anda.

Pengertian Press Release

Press Release Adalah

Sederhananya, press release adalah publikasi informasi kepada publik lewat media massa, baik cetak maupun online. Adapun pembuat dan penyusun Press Release biasanya dilakukan oleh Humas atau Public Relations (PR) di suatu instansi maupun lembaga.

Setelah memahami apa itu press Release, selanjutnya akan dijelaskan aturan penulisanya. Dalam menulis press release yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Simak berikut ini.

Aturan Penulisan Press Release Yang Wajib Diketahui

Sebuah press release agar bisa terpublikasi di media massa maka harus ditulis sesuai kaidah yang tepat. Tips dibawah ini anda butuhkan untuk membuat press release yang benar :

Press Release harus memuat standar seperti Judul, sub judul, isi, penutup. Dalam penyusunannya memperhatikan aspek berikut ini. Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia baku (EYD).

1. Pikirkan serta cari intisari berita (Inti Pesan)

Sebelum menyusun naskah press release. Pertama kali penting untuk mengkonsep atau memikirkan inti pesan yang akan disampaikan kepada publik lewat media massa.

Artinya anda harus menemukan tema pokok kemudian baru dituangkan ke dalam naskah. Gunakan judul dan sub judul tepat dan menarik perhatian pembaca.

2. Gunakan tata cara piramida terbalik

Dalam penyusunan press release sebaiknya gunakan konsep piramida terbalik, seperti dalam penulisan jurnalistik dengan 5W+1H, yaitu :

  • What (Apa). Apa informasi yang akan disampaikan?
  • When (Kapan). Kapan kegiatan berlangsung?
  • Who (Siapa). Siapa penyelenggaranya?
  • Where (Di Mana). Dimana tempat kegiatanya?
  • Why (Mengapa). Mengapa kegiatan ini diselenggarakan?
  • How (Bagaimana). Bagaimana detail  kegiatan berlangsung?

3. Proses Pembuatan Press Release

Setelah memahami alur pembuatan press release, sekarang anda bisa mulai menyusunnya. Dengan langkah berikut.

  • Buatlah judul setelah anda sudah menemukan tema utama. Judul dibuat menarik perhatian pembaca
  • Kemudian buat sub judul untuk menguatkan judul dan isi press release.
  • Selanjutnya, mulai menyusun isi press release. Ini bagian inti pesan yang akan disampaikan kepada publik.
  • Di paragraf pertama  pembahasan, memuat informasi  what, why, serta how.
  • Paragraf kedua, menjelaskan  where, when, serta How.
  • Sistematika penulisan paragraf inti press release memuat unsur 5 W 1 H. Urutanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan press release anda. Jadi boleh tidak urut, tapi harus termuat unsur tersebut.
  • Anda bisa gunakan ilustrasi  supaya press release lebih menarik, misalnya dengan foto.
  • Naskah press release yang sudah dibuat, dilakukan cek ulang sebelum dikirim ke media massa untuk dipublish. Tujuan pengecekan untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik, atau kesalahan lainnya.
  • Setelah dirasa sudah benar, proses selanjutnya minta konfirmasi kepada pihak berwenang terhadap press release ini. Misalnya bos anda. Mintalah dia mengkonfirmasi bahwa press release sudah layak terbit.
  • Langkah berikutnya, jika sudah terkonfirmasi dan disetujui atasan anda. Sekarang tinggal mengirim press rilis ini ke media massa sasaran. Bisa lewat email.

Nah itulah tadi pengertian apa itu Press Release dan cara penulisannya yang baik dan benar. Sederhananya press release adalah informasi dari instansi atau organisasi yang dipublikasikan lewat media. Anda juga bisa menggunakan jasa press release terpercaya di indonesia untuk membuat press release pertama Anda. Penulisanya sendiri harus mengikuti kaidah yang berlaku, dan pesan yang disampaikan harus efektif sehingga press release akan maksimal sesuai peruntukannya. Semoga bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru