Petty Cash Adalah? Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Kita tahu bahwa Petty cash adalah dana perusahaan yang dibutuhkan untuk pembiayaan operasional perusahaan. Jadi, untuk lebih memahami pentingnya petty cash dalam perusahaan, silahkan baca artikel ini sampai selesai ya!

Manajemen keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan bagi setiap bisnis baik usaha kecil maupun besar. Dengan manajemen keuangan yang baik maka perusahaan juga bisa melihat dengan jelas mengenai perkembangan bisnisnya.

Dan yang seperti kita tahu bahwa perusahaan juga tak selalu mengeluarkan dana besar namun bisa juga mengeluarkan dana kecil dengan kuantitas banyak. Untuk itulah diperlukan adanya pembukuan untuk mencatat keuangan perusahaan.

Pengertian Petty Cash

Petty Cash Adalah

Seperti yang sudah kami kemukakan diatas bahwa setiap perusahaan juga harus mencatat semua uang yang keluar meskipun dengan nominal kecil dalam sebuah pembukuan ataupun aplikasi akuntansi.

Adanya pembukuan tersebut digunakan untuk melakukan pencatatan pengeluaran perusahaan dengan nominal yang tak terlalu banyak dan sering dinamakan juga dengan kas kecil atau petty cash.

Petty Cash adalah dana perusahaan yang diperuntukkan untuk membiayai operasional perusahaan atau hal lain yang masih terkait dengan aktivitas perusahaan.

Adapun untuk contoh dari kas kecil atau petty cash ini yaitu sejumlah dana khusus yang diperuntukkan untuk pengeluaran namun dalam jumlah yang relatif kecil dan rutin.

Biasanya petty cash ini diperlukan untuk mendanai pengeluaran dari pimpinan dengan jumlah yang kecil. Misalnya untuk dana entertain klien, pengeluaran untuk konsumsi rapat dan lain-lain.

Sekretaris yang merupakan kepercayaan dari pimpinan ini juga harus mengelola dan mengatur kas kecil serta membuat catatan laporan keuangan lalu dibukukan oleh bagian keuangan dari perusahaan.

Didalam perusahaan, pengelolaan petty cash ini dilakukan oleh Biro Kesekretariatan atau dilakukan oleh petugas keuangan tingkat pemula atas pengeluaran tunai.

Petty cash ini dimaksudkan agar bagian kesekretariatan tak perlu untuk meminta dana keuangan setiap kali saat ingin mengeluarkan dana.

Fungsi Pencatatan Petty Cash

Adapun untuk fungsi dari pencatatan petty cash atau kas kecil ini diantaranya yaitu :

  • Membuat pengawasan terhadap pengeluaran kas jadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengeluaran sudah dimasukkan dalam petty cash.
  • Akan mendorong kelancaran proses operasional. Hal ini dikarenakan keberadaan petty cash ini menjadikan alur pengeluaran menjadi lebih praktis, serta tidak bercampur dengan urusan keuangan lainnya yang ada di perusahaan.

Tujuan Petty Cash

Petty cash atau kas kecil ini memiliki tujuan sebagai berikut :

Membantu untuk Mengatasi Permasalahan Perlengkapan di dalam Perusahaan

Untuk tujuan pertama dari adanya kas kecil ini yaitu agar bisa menangani permasalahan pembiayaan perlengkapan di perusahaan. Hal ini karena biasanya besaran biaya yang berkaitan dengan perbekalan usaha biasanya kecil dibandingkan dengan biaya lainnya.

Dikarenakan jumlah nominal pembiayaan ini kecil maka perlu adanya pembukuan agar bisa mencatat semua transaksi khusus. Dan pembukuan itu dinamakan dengan petty cash.

Mencegah Terjadinya Alokasi Pembayaran

Saat memiliki petty cash ini tentunya juga akan membantu meminimalkan alokasi pembayaran. Karena tidak mungkin suatu perusahaan akan melakukan pembayaran yang mahal saat biaya transaksinya kecil, begitupun sebaliknya.

Semua catatan transaksi tersebut juga sudah ada dalam pembukuan yang berbeda. Ini berarti jika dalam transaksi pembayarannya kecil tentu saja datanya ada pada kas kecil.

Begitupun sebaliknya saat akan membayar kebutuhan yang besar datanya juga ada pada pembukuan yang berbeda.

Meringankan Pekerjaan Karyawan

Adapun untuk tujuan lainnya dari petty cash ini yaitu agar bisa meringankan beban karyawan dalam melayani pelanggan. Bukan hanya itu saja, karyawan juga akan terbantu terutama saat melaporkan kinerja pada relasi bisnis ataupun atasan.

Keberadaan kas kecil ini juga akan membantu pemetaan dan agar jadi lebih jelas. Sehingga analisis untuk bahan laporan ini jadi lebih mudah dan tidak sulit.

Mempercepat Penentuan Kebijakan Insidental

Kebanyakan atasan dalam mengeluarkan kebijakan insidental untuk perusahaannya. Tentunya dengan analisis ini maka akan dimudahkan dalam mengeluarkan kebijakan insidental atau kebutuhan mendadak.

Dengan dasar keputusan yang kuat maka tak banyak permasalahan yang ada di kemudian hari. Ini berarti kebijakan yang dikeluarkan secara mendadak tersebut memang berdasarkan pada data yang ada.

Demikian penjelasan mengenai keberadaan petty cash di suatu perusahaan. Patty cash sangat penting bagi perusahaan, terutama untuk pengelolaan dana untuk kegiatan operasional perusahaan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru