Perbedaan Pemimpin dan Manajer dalam Perusahaan

Tahukah kamu perbedaan Pemimpin dan Manajer? Meskipun seorang manajer memiliki posisi yang lebih tinggi bagi bawahannya, akan tetapi manajer bukanlah pemimpin dari perusahaan.

Jika dilihat secara sekilas keduanya memang seperti memiliki makna yang sama. Namun terdapat perbedaan Pemimpin dan Manajer perusahaan yang harus kita pahami. Agar lebih jelas, bisa disimak ulasan berikut ini.

Perbedaan Pemimpin dan Manajer Perusahaan

Perbedaan Pemimpin dan Manajer

Langsung saja kami akan berikan perbedaan Pemimpin dan Manajer dalam perusahaan, diantaranya yaitu :

1. Pemimpin Bertugas Mecapai Visi Perusahaan dan Manajer Bertugas Mencapai Tujuan Perusahaan

Ini merupakan perbedaan Pemimpin dan Manajer mendasar yang pertama. Bagi seorang pemimpin maka akan mempunyai gambaran yang jelas mengenai pencapaiannya di masa mendatang. Sehingga nantinya bisa menginspirasi lainnya untuk mengubahnya menjadi realita.

Seorang pemimpin juga memiliki pemikiran yang jauh kedepan dan akan mengajak bawahannya untuk bisa menjadi bagian dalam merealisasikannya.

Dan sebaliknya bagi seorang manajer lebih berfokus pada bagaimana dia mengatur, mengukur dan mencapai tujuan. Selain itu juga bertugas untuk selalu memastikan bahwa rencana yang dibuat pemimpin bisa tercapai atau tidak.

2. Pemimpin inovisioner dan Manajer Menjaga dan Mempertahankan Budaya Perusahaan

Di dalam suatu perusahaan biasanya seorang pemimpin akan melakukan inovasi untuk mengubah suatu kondisi. Walaupun pemimpin juga memahami jika mereka melakukan inovasi berarti akan merubah sistem.

Dan seorang manajer akan selalu tetap menjaga sekaligus mempertahankan budaya pekerjaan seperti biasanya. Dengan melakukan perbaikan akan jauh lebih mudah jika terdapat kekurangan serta mendukung struktur dan proses agar jadi lebih baik lagi tanpa perubahan yang besar.

3. Pemimpin Memberikan Ide dan Manajer Mewujudkan Ide

Seorang pemimpin perusahaan biasanya akan memiliki banyak ide yang bertebaran dalam pikirannya. Nantinya ide tersebut akan disampaikan ke karyawan agar bisa menjadi kenyataan.

Akan tetapi ide yang disampaikan tersebut juga biasanya ada di luar nalar dan mustahil untuk diwujudkan. Namun hal tersebut bukanlah halangan bagi pemimpin untuk mewujudkannya.

Kemudian manajer akan berusaha keras untuk mewujudkan ide dari apa yang disampaikan pemimpin perusahaan. Langkah yang diambil manajer dalam mewujudkannya mulai dari membuat daftar kerja kemudian membagikannya pada karyawan agar dijalankan.

4. Pemimpin Berani Ambil Resiko Sedangkan Manajer Melakukan Memanajemen Resiko

Seorang pemimpin biasanya ingin selalu mencoba hal baru walaupun itu merugikan dan gagal untuk dilakukan. Pemimpin juga akan berinovasi dan melakukan pertimbangan yang matang.

Bagi seorang manajer justru kebalikannya dari pemimpin. Ia takut mengambil resiko besar. Sehingga manajer juga akan lebih memilih untuk menghindari atau mengontrol resiko dibandingkan harus menghadapi resiko.

5. Pemimpin Mengandalkan Kepercayaan, Manajer Mengandalkan Kekuasaan

Bagi seorang pemimpin, kepercayaan merupakan modal yang utama. Karena ia bisa dengan mudah untuk melakukan instruksi pada karyawannya. Dan karyawan juga percaya terhadap apa yang diinstruksikan pemimpin.

6. Pemimpin Memikirkan Proses, Manajer Memikirkan Hasil

Saat perusahaan memiliki sebuah project maka tentu masing-masing karyawan harus melewati proses tersebut. Meskipun didalam proses tersebut bisa saja gagal ataupun berhasil. Namun bagi pemimpin perusahaan proses yang dilewati oleh karyawan tersebut adalah sebuah pembelajaran.

Apabila dalam proses tersebut mengalami kegagalan maka bisa dijadikan sebagai evaluasi. Dan jika berhasil maka akan terus digunakan untuk kemajuan perusahaan.

Akan tetapi bagi seorang manajer hal itu bukanlah sesuatu yang berarti. Hal ini dikarenakan manajer lebih berfokus pada hasil yang baik. Sehingga manajer dengan segala daya dan upaya akan mencapai target tersebut.

Tak lupa juga mengerahkan kekuatan tim yang dimiliki oleh manajer sekaligus mengatur strategi agar bisa memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan.

7. Pemimpin Memiliki Pemikiran yang Panjang Bagi Perusahaan, Manajer Berpikir Sesuai Apa yang Diperintahkan Pemimpin

Kemudian untuk perbedaan lain antara keduanya yaitu dilihat dari tujuannya. Untuk seorang pemimpin perusahaan akan mempunyai tujuan jangka panjang. Mereka juga akan melakukan apa yang sudah direncanakan dam memiliki motivasi yang besar di masa datang.

Kemudian bagi seorang manajer akan bekerja sesuai dengan apa yang pemimpin rencanakan. Ia juga tak bisa mengubahnya dan hanya merealisasikannya saja.

Itulah beberapa perbedaan Pemimpin dan Manajer perusahaan yang mungkin banyak orang masih belum mengetahuinya.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru