Pengertian HRD : Lengkap dengan Fungsinya dalam Perusahaan

Bagi kamu yang sering mendapatkan panggilan interview kerja pasti sudah pernah berhadapan pada tim rekrutmen perusahaan. Tim rekrutmen tersebut adalah bagian dari HRD. Apa pengertian HRD? Apa fungsi lain HRD dalam perusahaan selain sebagai tim rekrutmen?

Apa itu HRD?

Pengertian HRD

Sebelum kamu mengetahui fungsi HRD dalam perusahaan, kamu juga harus mengerti apa pengertian HRD? Apakah HRD sama dengan seorang pemimpin atau tim khusus perekrutan? Yuk, simak ulasannya berikut.

HRD merupakan singkatan HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT atau Departemen Sumber Daya Manusia (SDM). HRD merupakan salah satu divisi dalam perusahaan yang mengelola SDM, seperti masalah karyawan, manajer, perekrutan, manajemen kerja, gaji hingga hubungan kerja lainnya.

Atau pengertian HRD lainnya adalah tim yang bertugas untuk menyusun suatu rangkaian kegiatan dalam organisasi atau perusahaan dilakukan secara terarah dalam waktu tertentu untuk mencapai pengembangan mutu karyawan.

Fungsi HRD

Pada umumnya fungsi HRD berkaitan erat dengan kesejahteraan karyawan. Selain itu fungsi HRD adalah membuat kebijakan untuk karyawan seperti kesehatan, pelatihan dan komunikasi kerjasama antar karyawan.

Menjadi seorang atau Tim dalam HRD bukan orang sembarang, namun seorang HRD harus memiliki latar belakang yang mumpuni dan paham akan kemampuannya Manajemen. HRD berperanan penting untuk perusahaan dengan memberikan atau menemukan karyawan yang tepat dengan skill baik, sehingga membuat perusahaan berkembang dengan lebih baik.

Secara umum fungsi HRD adalah bertugas mengelola SDM dalam perusahaan. Mula dari perencanaan, rekrutmen, seleksi, pengembangan.  Secara garis besar fungsi HRD dibedakan menjadi dua :

Fungsi Eksternal

Salah satu fungsi eksternal HRD adalah memberikan fasilitas untuk karyawan di luar perusahaan. HRD juga menyediakan sebuah konseling perusahaan untuk tenaga kerja nya. Namun perlu diperhatikan, harus ada kesepakatan dari pihak pengikut konseling maupun tenaga kerja yang disesuaikan dengan kemampuan.

Fungsi Internal

Berikut penjelasan fungsi Eksternal dan internal :

Fungsi internal dengan tugas sebagai berikut,

Melakukan Seleksi

Dimulai dari persiapan, perekrutan sampai seleksi tahap akhir.

  • Persiapan yaitu dengan terlebih dahulu mempertimbangkan faktor dalam maupun luar. Baik jumlah pegawai yang dibutuhkan, dan struktur organisasi. Sedangkan dari luar seperti kondisi SDM, dan hukum ketenagakerjaan misalnya.
  • Rekrutmen yaitu proses mencari calon karyawan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dengan melakukan analisis jabatan, dan menjelaskan deskripsi pekerjaan.
  • Seleksi yaitu proses seleksi bagi karyawan yang telah mengirimkan CV, dan telah melakukan tes dan interview.

Evaluasi dan Membimbing SDM

Setelah tahap diatasi, HRD bisa melakukan evaluasi dan membina baik karyawan lama maupun karyawan baru. Bimbingan HRD meliputi pengembangan kinerja SDM agar bisa mencapai hasil yang maksimal untuk perusahaan. Tujuannya adalah menjamin mutu dan kualitas SDM tetap stabil.

Pemberian Kompensasi

HRD bertugas untuk menentukan gaji karyawan sesuai dengan yang telah disepakati. Atau jika karyawan sudah lama bekerja dengan kualitas kerja yang baik, maka HRD bisa menetapkan kenaikan upah. HRD juga harus memberikan gaji secara teratur dan tepat waktu.

Pengembangan Karyawan

HRD berfungsi untuk melakukan pengembangan karyawan, sehingga karyawan bisa mengembangkan kemampuannya dalam bekerja dari waktu ke waktu. Proses pengembangan karyawan dapat dibuat melalui program khusus berdasarkan evaluasi kerja karyawan.

Menjaga kesolidan dengan karyawan

Fungsi internal HRD lainnya adalah menjaga kesolidan dengan karyawan. Tim HRD harus membuat suasana kerja yang nyaman dan kondusif, sehingga akan terjalin kerjasama dan kekompakan antar karyawan.

Perencanaan Karier

Fungsi internal HRD lainnya adalah menunjukan pada karyawan tentang bagaimana cara kerja yang baik agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Sehingga dengan arahan dari HRD, karir karyawan yang dapat mempertahankan visi dan misi perusahaan, bisa mendapatkan kenaikan atau upah yang sebanding dengan kinerjanya.

Pembentukan Tim Untuk Proyek Perusahaan

HRD memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk membentuk sebuah tim untuk setiap proyek yang akan dikerjakan perusahaan. Jadi sukses tidaknya sebuah proyek adalah tanggung jawab dari HRD.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, pengertian HRD adalah salah satu divisi dalam perusahaan yang mengatur dan mengembangkan SDM. Mereka bertanggung jawab atas pelatihan peningkatan kinerja karyawan. Fungsi utama HRD yaitu melakukan perencanaan, perekrutan, orientasi, manajemen kerja, penentuan upah,  dan pengembangan untuk Sumber daya manusia dalam perusahaan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru