Pengembangan Diri Adalah? Pengertian dan Cara Melakukannya

Pengembangan diri adalah tahapan pembentukan sikap, perilaku, bakat, serta kepribadian melalui pengalaman dan pembelajaran yang telah dilalui. Karena itu, untuk dapat melakukan pengembangan diri tidaklah mudah dan instan.

Pada dasarnya setiap manusia telah di anugerahi kemampuan diri. Dan setiap manusia memiliki potensi dan bakat yang berbeda-beda.

Terkadang anehnya manusia ada saja yang tidak sadar akan kemampuannya dalam dirinya. Kadang masih mencari-cari potensi diri. Dan harus dipancing terlebih dahulu untuk mengetahui bakat dan potensi yang dimilikinya. Ada juga yang merasa bahwa mereka tidak memiliki bakat dan kemampuan tersebut.

Tetapi ternyata bakat dan kemampuan yang kita miliki bisa kita dapatkan dengan proses pengembangan diri. Jadi untuk yang ingin mengetahui lebih detail tentang pengertian dan cara melakukan pengembangan diri. Kamu tidak boleh melewatkan informasi tentang pengembangan diri berikut ini.

Pengertian Pengembangan Diri

Pengembangan Diri Adalah

Pengertian secara umum, pengembangan diri adalah proses pembentukan sikap perilaku, bakat dan kepribadian seseorang melalui pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan secara berulang.

Namun pengertian pengembangan diri dalam lingkungan pendidikan berbeda. Pengembangan diri adalah suatu kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran yang diluar kurikulum yang diterapkan sekolah. Pada pelaksanaan pengembangan diri dilakukan selepas sekolah atau di luar jam mata pelajaran.

Atau bisa dikatakan suatu kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa untuk menuangkan, dan mengembangkan diri sesuai potensi bakat dan minat. Semisal dalam bidang seni, kreativitas, kepemimpinan dan lainnya.

Namun bukan itu saja, pengembangan diri juga dapat dilakukan melalui konseling yaitu dimana guru atau orang tua akan mendengar, menerima, dan memberikan solusi baik masalah pribadi dan sosial.

Fungsi dari pengembangan diri

Apa fungsi menerapkan pengembangan diri? Fungsi pengembangan diri adalah sebagai berikut :

Tujuan pengembangan diri adalah untuk memberikan kesempatan pada seseorang untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan lebih baik.

Dan untuk menunjang tiap individu untuk memiliki kemampuan sosial, belajar, dan memiliki perencanaan karir matang serta menjadi seseorang yang mandiri.

Bagaimana cara melakukan pengembangan diri?

Jika kamu ingin berkembang dan tidak malas dalam menjalankan kehidupan. Atau masih bingung apa  potensi yang dimiliki dalam dirimu saat ini. Cara termudah untuk melakukan pengembangan diri adalah sebagai berikut :

1. Percaya Diri

Syarat paling utama dan kita tidak boleh minder atau ragu dengan kemampuan diri sendiri. Tanpa adanya rasa percaya diri dalam hati kita maka kita akan menjadi ragu dalam melakukan berbagai kegiatan.

Bukan hanya itu, dampak tidak percaya diri kita akan selalu merasa takut dan tidak berani untuk melangkah kedepan.  Namun dalam menggali kepercayaan diri tidak boleh tergesa-gesa, harus perlahan namun pasti agar pengembangan diri dapat berjalan dengan baik.

2. Menghargai diri sendiri dan orang lain

Tahapan pengembangan diri selanjutnya yaitu harus menghargai diri sendiri. Kita tidak boleh mencela kekurangan diri kita sendiri. Dan menghargai perjuangan yang telah dicapai dari kelebihan yang dimiliki. Lalu hargai juga orang-orang sekitar, karena orang lain lah yang mendukung kita.

3. Menghargai Waktu

Dengan menggunakan waktu dengan bijak dan tidak menunda-nunda adalah bagian menghargai waktu. Karena dengan menempatkan kegiatan pada waktu yang tepat, kita dapat menghindari waktu terbuang sia-sia. Perlu diingat kita yang mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur kita.

4. Belajar dari Pengalaman

Belajar memang sudah ditempuh di sekolah. Namun disini kita belajar pengalaman dari keseharian kita. Semisal kamu biasa bangun pukul 4 pagi, namun suatu ketika karena kamu begadang, membuat bangun kesiangan sehingga melewati waktu subuh.  Nah, dari situ kamu tidak akan mengulangi kesalahannya yaitu tidur terlambat atau begadang.

Tentunya masih banyak lagi pembelajaran yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari.

5. Menambah pergaulan tidak seperti katak dalam tempurung

Kita semua harus perbanyak bereksplorasi ke lingkungan dunia nyata. Jangan hanya terpaku di dalam rumah dan hanya menikmati dalam dunia Maya. Kita harus berinteraksi langsung dan berusaha mencapai tujuan pengembangan diri kita. Dengan hal ini pikiran kamu akan terbuka tentunya juga mempengaruhi mental supaya lebih berani.

6. Dukungan untuk berprestasi

Dengan adanya dukungan atau motivasi akan membuat melakukan kegiatan positif. Dukungan diri bisa dilakukan paling utama oleh orang tua untuk memberikan semangat.

7. Memberikan reward atau hadiah

Selanjutnya untuk memotivasi kamu dalam melakukan pengembangan diri. Kamu bisa memberikan hadiah pada diri kamu sendiri atas pencapaian yang diraih.

Semisal jika kamu berhasil membaca buku dalam dalam sekali duduk, kamu akan membeli buku baru lagi. Dengan begitu dari pencapaian yang kamu inginkan dapat dihargai dan membuat kamu makin semangat.

Dapat disimpulkan bahwa, pengembangan diri adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan, karena dengan melakukan pengembangan diri kita bisa menjadi lebih berpengalaman, berwawasan dan mengetahui potensi dan bakat yang kita miliki dengan baik.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru