Partnership Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Pernah mendengar partnership? Lalu sebenarnya apa itu partnership? Secara ringkasnya partnership adalah sebuah perjanjian formal antara kedua belah pihak. Tapi bagi kamu yang ingin memahami lebih detail tentang pengertian partnership, serta kelebihan dan kekurangannya, maka wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Partnership

Partnership Adalah

Partnership adalah perjanjian formal antara kedua pihak dengan maksud agar bisa menjalankan serta mengelola bisnis yang akan menghasilkan keuntungan dari jalannya bisnis tersebut.

Kemudian keuntungan yang diperoleh maka nantinya juga akan dibagi sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan yang dilakukan oleh keduanya.

Hal ini akan berbeda dengan joint venture yang dilakukan antara dua perusahaan. Pada partnership ini berlaku untuk gabungan perorangan saja.

Di dalam kemitraan tersebut maka keduanya akan membangun bersama, menjalankan tugas harian dengan merata serta mendapatkan keuntungan yang setara.

Namun ada juga partnership yang menjadikannya satu pihak sebagai “silent partner” yang tidak mengikutinya dalam operasional keseharian.

Kelebihan dan Kekurangan Business Partnership

Setelah kita memahami apa itu partnership atau kemitraan maka kali ini kita akan mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari partnership.

Adapun untuk bentuk kemitraan atau partnership yang banyak orang tahu yaitu firma dan CV. Untuk firma ini merupakan suatu bentuk kemitraan yang mengajak seluruh anggota mitra memiliki partisipasi aktif untuk menjalankan usaha dan melakukan tanggung jawab bersama.

Kemudian untuk CV ini merupakan bentuk kemitraan dengan adanya mitra aktif, pasif ataupun komanditer. Sebagai mitra aktif artinya mitra tersebut ikut serta dalam memiliki, mengoprasikan serta mengelola bisnis. Termasuk memiliki kewajiban terhadap utang dalam partnership.

Lalu jika mitra komanditer ini berarti anggota kemitraan yang tidak memiliki peran aktif untuk mengelola perusahaan serta untuk kewajibannya pada utang kemitraan hanya pada uang yang ditanamkannya.

Karena kemitraan bisnis ini banyak sekali memberikan manfaat maka dengan bisnis partnership ini maka salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisnis berjalan sukses.

Meskipun begitu, ternyata kemitraan juga memiliki beberapa kekurangan. Bahkan pada salah satu data statistik disebutkan bahwa sebanyak 70% kemitraan bisnis berakhir dengan kegagalan.

Kelebihan

  • Untuk pendiriannya mudah, dengan menggunakan cara yang informal apabila dianggap belum perlu agar usaha kemitraan bisa tercatat dan formal.
  • Keterampilan yang dimiliki masing-masing bisa untuk melengkapi keterbatasan dalam menjalankan bisnis.
  • Pembagian laba dilakukan dengan mudah, sesuai yang sudah disepakati bersama diawal. Untuk pembagian laba ini belum tentu sama dengan besarnya modal yang dikeluarkan, hal ini karena adanya pertimbangan beban kerja serta tanggung jawab yang harus dijalankan.
  • Mudah dalam mencari mitra pasif atau komanditer. Dengan adanya mitra komanditer ini merupakan kelebihan dalam partnership. Hal ini dikarenakan bisa untuk mengakomodasi orang-orang yang memiliki modal namun tak mau ribet dalam menjalankan bisnis. Selain itu juga bersedia untuk mengambil resiko hanya pada uang yang ditanamkan tersebut.
  • Pengumpulan modal aktif jadi lebih besar sehingga akan memungkinkan adanya perluasan usaha yang dilakukan.
  • Lebih cepat dan luwes dalam beradaptasi dan cepat dalam mengambil keputusan.

Kekurangan

  • Memiliki kewajiban tak terbatas dan pemilik harus bertanggung jawab atas kewajibannya sampai ke harta pribadi, kecuali jika berpartner dengan mitra pasif.
  • Masih kurang optimalnya akumulasi modal. Walaupun usaha kemitraan ini dalam mencari modal besar dianggap lebih baik dari usaha perorangan namun masih kurang efektif.
  • Adanya kesulitan apabila ingin keluar dari kemitraan. Karena jika ingin menarik diri dari usaha kemitraan maka saham yang dimilikinya harus dijual ke mitra lainnya. Padahal seringnya mitra yang lain juga belum memiliki cukup modal ataupun tak berniat untuk membeli saham mitra yang akan keluar tersebut. Sehingga pada akhirnya seringkali kemitraan ini harus dibubarkan. Dan ini bisa mengakibatkan permasalahannya jadi lebih rumit, apalagi jika trademark yang diingat adalah namanya.
  • Kurang berkesinambungan yang terjadi karena ahli waris dari pihak partner yang meninggal tidak mau lagi berpartner dengan mitra dari sang pewaris.
  • Memilih potensi terjadinya konflik

Tips Memilih Business Partner

Karena partnership adalah hal penting dalam menjalankan bisnis. Kita tidak boleh sembarangan memilih partner dalam berbisnis. Saat akan menjalankan partnership ini, pilihlah partner dengan kriteria dibawah ini :

  • Agar bisa meminimalkan konflik maka pilihlah partner yang sama visi dan misinya.
  • Memiliki nilai yang sama jadi satu sama lainnya bisa saling membantu
  • Mempunyai tujuan yang sama
  • Pilihlah orang yang “get it” yang serius terhadap tujuan dan kesuksesan dalam bisnis.
  • Pilihlah orang yang kompeten sesuai dengan bidangnya
  • Pilih orang yang memiliki standar moral tinggi
  • Bisa saling mengisi dan melengkapi
  • Memiliki sikap tenang dan bisa memotivasi
  • Mempunyai keinginan besar dan kuat agar terus belajar
  • Bersikap jujur dan bisa dipercaya

Kesimpulannya, partnership adalah sebuah hubungan kerjasama antara kedua belah pihak yang bertujuan untuk mengelola bisnis untuk menghasilkan keuntungan. Tetapi dalam menjalani bisnis partnership, kita juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan seperti yang telah disebutkan di atas.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru