Mindset Adalah Pola Pikir, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Arti mindset adalah pola pikir. Setiap manusia tentunya memiliki otak untuk berpikir. Tetapi setiap orang akan memiliki mindset yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Karena setiap manusia memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda.

Karena pola pikir yang berbeda semua orang memiliki pendapat sendiri tentang mindset itu apa? Sebenarnya tidak masalah dengan berbagai macam pendapat.

Tapi untuk jelasnya pengertian mindset, disini kami akan menjelaskan kepada kamu yang belum mengerti pengertian dari mindset.

Pengertian Mindset

Mindset Adalah

Mindset adalah suatu kepercayaan yang dikumpulkan atau pola pikir yang mempengaruhi sikap dan perilaku orang untuk menjalankan kehidupan mencapai tujuan tertentu.

Atau bisa dikatakan Mindset adalah suatu pola pikir yang terbentuk dari sebuah pengalaman yang dipengaruhi keyakinan, perilaku, dan cara berpikir dalam menentukan pandangan hidup seseorang.

Menurut salah seorang ahli, Mindset adalah suatu sikap atau mental yang mapan karena dibentuk melalui pendidikan, prasangka dan pengalaman.

Pembagian Mindset

Pola pikir seseorang bisa dibagi menjadi dua, yaitu mindset tetap dan Mindset berkembang.

1. Fixed Mindset/Mindset Tetap

Ciri pemilik fixed Mindset yaitu :

  • Intelegensi terhadap keyakinan
  • Bakat dan sifat suatu fungsi keturunan
  • Menghindari tantangan
  • Mudah menyerah
  • Menganggap suatu usaha hal yang sia-sia
  • Tidak dapat menerima kritik
  • Merasa minder dan tidak semangat melihat kesuksesan pada orang lain

2. Growth Mindset/Mindset Berkembang

Ciri pemilik growth Mindset yaitu :

  • Suka menerima tantangan
  • Belajar dari sebuah pengalaman
  • Memiliki pikiran positif
  • Dapat menerima kritik untuk kemajuan
  • Yakin dengan bakat kemampuan datang dari diri sendiri

Sebetulnya, pola pikir seseorang dapat diubah bahkan dapat dibentuk ulang. Namun tergantung dari kesadaran diri sendiri. Jika diubah karena kemauan sendiri biasanya dapat belajar dari suatu keadaan yang telah menimpanya, sehingga dapat mengubah pola pikir untuk tidak mengulangi hal yang sama.

Atau bisa saja menggunakan bantuan seorang psikolog yang berkompeten sesuai ahlinya. Tentunya proses merubah atau memperbaiki, pola pikir juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Ketika seseorang sedang berusaha merubah pola Pikir berkembang memiliki waktu yang berbeda-beda. Pada dasarnya semua kembali kepada diri sendiri. Jika ingin menjalankan kehidupan yang baik dengan tujuan yang diharapkan harus merubah mindset yang tepat untuk mencapainya.

Faktor yang Mempengaruhi Mindset

Pola pikir seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor yang sering dijumpai atau dialami. Faktor yang mempengaruhi mindset adalah sebagai berikut :

1. Lingkungan Sekitar

Faktor utama yaitu dari lingkungan. Jika kamu berada lingkungan yang kurang dengan aktivitas sosial tidak ada salahnya kamu mengarahkan diri ke lingkungan yang dapat mengembangkan dan membuka pikiran kamu. Sehingga akan mendapatkan energi positif yaitu lebih semangat untuk menuju masa depan.

2. Belajar dari Pengalaman

Setiap orang memiliki masa lalu yang baik, manis, pahit dan bisa sampai pengalaman yang kelam.

Kamu tidak boleh membawa masa lalu dalam kehidupan yang sekarang. Karena akan merusak dan terpaku hingga terjebak membuat tidak dapat berpikir maju.  Alangkah baiknya hanya mengambil pelajaran serta berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Efek negatif jika kamu mengingat masa lalu akan menghambat perkembangan dalam menyusun masa depan yang lebih baik.

3. Informasi yang Diterima

Kamu telah mengetahui semakin berkembangnya media sosial biasanya akan tersebar suatu informasi yang dapat memperindah pola pikir. Apalagi sering adanya informasi atau kabar hoax.

Entah sadar atau tidak dengan menerima informasi buruk atau baik akan mempengaruhi pola pikir setiap orang. Namun untuk mengatasinya lebih bijak dalam menerima sebelum mencerna dalam otak.

Sehingga dari informasi yang baik sekalipun bisa saja membuat sebuah ide-ide kreatif dalam menata ke arah yang lebih baik.

Dari tiga faktor utama yang mempengaruhi Mindset tentunya kamu harus lebih berhati-hati dan tetap berpikiran baik. Untuk memiliki pola pikir yang berkembang akan memiliki efek baik untuk diri kita sendiri.

Kesimpulan

Mindset adalah suatu kepercayaan yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang karena faktor pendidikan, pengalaman dan lingkungan sekitar.

Dan mindset terdapat dua jenis yaitu mindset tetap dan berkembang. Pada dasarnya pola pikir tetap membuat menjalankan hidup tidak ada kemajuan dan stagnan di situ saja. Namun jika pola pikir berkembang akan membuat proses kemajuan untuk kehidupan.

Pola pikir dapat diubah diri kita sendiri bukan orang lain. Jika memiliki kemauan, tekad dan tujuan yang jelas serta tidak takut akan tantangan maka kita dapat merubah mindset yang lebih baik.

Selain itu ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi mindset yang kita miliki saat ini, faktor yang mempengaruhi mindset berasal dari lingkungan, pengalaman, dan informasi yang kita terima. Dengan begitu harus kita lebih selektif dalam melakukan segala sesuatu. Agar mindset yang kita miliki lebih baik dan positif.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru