Marketing Adalah? Pengertian, Fungsi dan Strateginya

Marketing adalah suatu sistem dalam melakukan pemasaran secara menyeluruh yang dimulai dari perencanaan produk, menetapkan harga, promosi sampai dengan strategi dalam melakukan pendistribusian produk agar bisa memuaskan konsumen.

Melalui marketing ini juga akan dilakukan analisis pasar sekaligus mengidentifikasi konsumen. Tujuannya agar lebih memudahkan dalam kegiatan pemasaran produk.

Pengertian Marketing

marketing adalah

Marketing adalah kegiatan promosi produk atau layanan bisnis yang disampaikan kepada audiens target. Secara singkat marketing ini merupakan tindakan yang dilakukan untuk memberi perhatian pada penawaran bisnis.

Marketing ini bisa berupa barang fisik untuk dijual ataupun penawaran layanan. Misalnya yaitu iklan di televisi, papan reklame yang ada di pinggir jalan serta iklan majalah dan lain-lain.

Namun tak semua bisnis mempunyai kebutuhan serta memasarkan barang dan jasanya dengan cara yang sama. Karena ada beberapa pemasaran yang berbeda dan bisa berhasil untuk suatu bisnis tetapi tidak untuk bisnis lainnya.

Pendekatan ini dinamakan dengan konsep marketing. Konsep marketing akan menentukan jenis pemasaran yang terbaik digunakan oleh sebuah bisnis.

Konsep marketing tersebut haruslah memiliki tujuan yang jelas serta memperhitungkan efisiensi biaya, tanggung jawab sosial, serta efektivitas dalam pasar tertentu.

Fungsi Marketing

Fungsi marketing ini dibedakan menjadi enam macam, diantaranya yaitu :

1. Fungsi Promosi

Dalam melakukan promosi ini sebaiknya kita lakukan dengan cara yang tepat dan medianya juga harus diperhatikan agar bisa maksimal. Misalnya jika target pemasaran produk tersebut adalah remaja maka bisa dilakukan promosi dengan cara bekerja sama dengan para influencer.

2. Fungsi Perantara

Apabila produk sudah mulai dikenal maka harus ada pihak yang bisa dijadikan sebagai perantara agar sampai ke konsumen. Untuk itulah dibutuhkah marketer yang bisa menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen.

3. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya marketing, maka akan terjadi pertemuan antara penjual dan pembeli dengan metode pendekatan yang berbeda-beda. Apabila konsumen sudah mulai mengenal dan membutuhkan maka konsumen juga tak segan untuk membelinya.

4. Fungsi Distribusi

Produk juga harus didistribusikan dengan baik agar bisa sampai ke konsumen. Marketing ini berperan besar dalam menentukan lokasi yang potensial dan banyak dicari.

5. Fungsi Riset

Agar bisa menentukan target pasar maka marketing juga harus mengadakan riset terlebih dahulu. Riset ini bisa dilakukan dengan melalui survei, kemudian analisis agar bisa menghasilkan keuntungan.

6. Fungsi Penjualan

Marketing ini juga melakukan penjualan langsung ke konsumen agar tim sales bisa mencapai target. Hal ini berkaitan dengan fungsi utama dari marketing yaitu promosi yang berkaitan langsung dengan penjualan.

Strategi Marketing

Marketing juga harus memiliki strategi yang tepat agar bisa mencapai tujuan. Dengan semakin berkembangnya teknologi ini maka strategi marketing ini juga makin beragam dan berkembang.

Dibawah ini kami berikan beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan :

1. Iklan Berbayar

Strategi marketing yang satu ini memang sudah cukup lama digunakan. Dan untuk saat ini penggunaan iklan berbayar juga masih cukup efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Saat memilih menggunakan iklan berbayar ini maka perusahaan juga harus membayar penyedia ruang iklan agar produknya bisa ditampilkan dan dikenal luas.

2. Marketing Transaksional

Agar makin mendongkrak penjualan diperlukan strategi transaksional. Strategi ini misalnya dengan memberikan diskon ataupun kupon belanja, promosi, mengadakan cara yang besar dan lain-lain. Melalui cara-cara ini ampuh dalam menarik minat konsumen.

3. Marketing Interaktif

Marakting ini dilakukan dengan melibatkan konsumen dalam kegiatan marketing itu sendiri. Misalnya dengan mencantumkan nama konsumen pada produk edisi terbatas atau produk kustom lainnya. Ini juga merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan permintaan dan loyalitas dari konsumen.

4. Marketing Melalui Media Sosial

Tingginya pengguna media sosial merupakan peluang yang besar untuk marketing. Melalui media sosial maka jangkauannya juga akan luas, hemat biaya serta bisa menjangkau banyak lapisan konsumen.

5. Marketing Melalui Konten

Saat ini konten merupakan salah satu hal yang berharga dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing. Untuk pemasarannya dilakukan dengan menciptakan dan mendistribusikan konten yang dibutuhkan konsumen.

Marketing adalah salah satu kegiatan terpenting bagi suatu bisnis yang tujuan utamanya yaitu untuk memasarkan suatu produk atau layanan. Jadi, ketika kita memiliki bisnis, kita harus menentukan strategi marketing terbaik agar produk dan layanan bisa dengan mudah laku terjual.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru