Manajemen Risiko Adalah? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya

Seperti yang kita tahu bahwa manajemen risiko adalah salah satu aktivitas yang penting dalam bisnis. Manajemen risiko ini dalam konteks bisnis berarti usaha untuk menghindari resiko agar dampak risiko yang ada bisa diminimalisasi.

Jadi untuk seorang pebisnis atau pengusaha, memahami manajemen resiko adalah keahlian yang wajib dikuasai. Untuk informasi lengkap mengenai pengertian, tujuan, manfaat dan jenisnya bisa disimak pada penjelasan dibawah ini.

Pengertian Manajemen Risiko

manajemen risiko adalah

Menurut Milton C Regan yang ada dalam buku “Risky Business” Pengertian manajemen risiko adalah penerapan berbagai kebijakan serta prosedur sehingga bisa meminimalkan peristiwa yang bisa menurunkan kapasitas dan kualitas kerja dari perusahaan.

Kemudian menurut Noshworthy, manajemen risiko adalah sebuah usaha yang dilakukan guna mengurangi risiko terjadi dalam pengambilan keputusan dalam bisnis dan dalam proses pelaksanaan teknis.

Jadi kesimpulannya manajemen risiko adalah sebuah proses yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kerugian.

Tujuan Manajemen Risiko

Ada beberapa tujuan manajemen risiko, berikut ini adalah 4 tujuan adanya manajemen resiko untuk sebuah perusahaan :

Melacak Sumber Risiko

Tujuan yang pertama yaitu untuk pelacakan sumber risiko. Kamu bisa melakukan pelacakan dengan cara riset dan analisa prosedural. Mulai dari proses produksi sampai dengan pengelolaan aset.

Menyediakan Informasi Risiko Bagi Perusahaan

Kemudian untuk tujuan lainnya yaitu sebagai penyedia informasi mengenai sumber potensi risiko yang ada di perusahaan. Jadi sesudah melakukan analisa, manajer lalu menyusun laporan risiko.

Minimalisasi Kerugian Akibat Terjadinya Risiko

Apabila sudah ditemukan risiko dan analisis maka selanjutnya perlu mengupayakan agar risiko tersebut tak mengancam keberlangsungan dalam bisnis.

Menjaga Stabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan

Tujuan berikutnya yaitu supaya perusahaan bisa berkembang dengan stabil sesuai dengan target dalam bisnisnya. Melalui manajemen risiko ini perusahaan akan mengganti dengan cepat terkait dengan sumber yang mengancam pertumbuhan usaha.

Manfaat Manajemen Resiko

Adapun manfaat yang akan diperoleh bagi perusahaan apabila menerapkan manajemen risiko adalah sebagai berikut :

Menjamin pencapaian tujuan

Manajemen yang ada pada sebuah perusahaan ini memakai segala cara yang baik agar bisa mencapai tujuan dari perusahaan.

Dan dalam usaha agar bisa mencapai tujuan tersebut tentulah ada hal yang bisa diantisipasi namun ada juga ketidakpastian. Nah ketidak pastian inilah yang bisa mengakibatkan terjadinya risiko.

Dan tujuan akan lebih mudah dicapai apabila sebelumnya rintangan-rintangan yang ada bisa diketahui. Keberhasilan yang dicapai oleh suatu perusahaan ini ditentukan juga oleh kemampuan manajemen untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan perusahaan.

Jika perusahaan menerapkan manajemen resiko dengan baik, maka tujuan akan tercapai dengan lebih mudah.

Meminimalkan kemungkinan bangkrut

Setiap perusahaan tentunya memiliki risiko bangkrut. Risiko ini juga bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja dan tidak ada yang bisa menjamin bahwa perusahaannya tidak akan bangkrut.

Perusahaan yang mempunyai manajemen risiko yang baik ini juga bisa menangani semua kemungkinan yang terjadi pada perusahaannya.

Meningkatkan keuntungan perusahaan

Dengan manajemen risiko yang baik maka akan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan. Dan salah satu manfaat adanya manajemen risiko ini yaitu memperkecil kerugian sehingga keuntungan yang didapatkan makin besar.

Dengan penanganan manajemen risiko yang baik maka kerugian yang akan menimpa perusahaan juga bisa diminimalkan dan menambah keuntungan. Hal ini bisa dijadikan indikator bahwa pelaksanaan manajemen risiko ini berjalan sukses.

Memberikan keamanan pekerjaan

Seorang manajer haruslah memiliki kemampuan dalam memahami, menganalisa serta menangani risiko dengan baik sehingga akan bisa menyelamatkan perusahaan.

Jika perusahaan tersebut ditangani dengan baik tentunya juga akan terhindar dari kerugian. Dan ini sudah pasti akan membuat perusahaannya makin maju dan karir manajer pun akan ikut maju.

Jenis Manajemen Resiko

Setelah kita memahami pengertian manajemen risiko, tujuan, serta manfaatnya maka kali ini kami berikan beberapa jenis risiko yang paling umum dihadapi dalam suatu bisnis, yaitu :

  • Risiko bisnis
  • Risiko geografis
  • Risiko politik
  • Risiko ketidakpastian ekonomi
  • Risiko persaingan

Itulah penjelasan mengenai pengertian manajemen risiko, tujuan, manfaat serta beberapa jenis manajemen risiko yang paling umum dihadapi. Dan dapat disimpulkan bahwa mengatur manajemen resiko adalah hal yang sangat penting, terutama untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Agar mereka dapat meminimalisir kerugian dan resiko terburuk yang dapat dialami.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru