Management Adalah? Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Unsur-unsurnya

Secara ringkas management adalah mengatur dan mengolah. Tetapi tergantung penempatannya arti management bisa memiliki banyak makna. Karena itu disini, kami akan menjelaskan secara detail tentang pengertian management, tujuan, fungsi dan unsur-unsurnya.

Mengatur sebuah waktu dalam menyelesaikan sebuah tanggung jawab itu perlu. Supaya hasil dari pekerjaan selesai dengan cepat dan tepat.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga untuk mengontrol sumber daya manusia supaya disiplin dan taat peraturan maka dibuatlah sebuah Management.

Biasanya Management dibentuk di sebuah kelompok kerja, baik perkantoran, organisasi maupun mandiri. Lalu apa itu management? Nah, kita akan membahas mulai dari pengertian, tujuan, fungsi dan juga unsur-unsur nya.

Apa itu Management?

Management Adalah

Secara bahasa Management berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata manage berarti mengolah, mengatur, serta memimpin. Istilah Management identik dengan bisnis perkantoran dengan tujuan agar dapat tercapai.

Secara etimologi, management adalah sebuah seni untuk melakukan, mengatur supaya mencapai tujuan dengan tersusun rapi serta terorganisir.

Dan ada beberapa arti management menurut ahli :

1. Koontz dan Weihrich

Management adalah proses perancangan dan pemeliharaan lingkungan dimana individu yang bekerja dalam sebuah kelompok, secara efisien berusaha untuk mencapai tujuan.

2. Henry  Fayol

Management adalah sebuah proses pengawasan, perencanaan, pengorganisasian, terhadap SDM yang terlibat dalam ke efektivitas dan efisien untuk mencapai tujuan.

3. Mary Parker

Management adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan lewat orang lain. Bisa dikatakan seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan bawahan dalam organisasi untuk mencapai tujuan.

Dengan istilah lain management adalah suatu proses perencanaan terorganisir dan melakukan kontrol sumber daya. Sebuah seni penyelesaian pekerjaan antar individu secara efektif dan efisien untuk mencapai keberhasilan.

Tujuan Management

Tujuan paling utama dari sebuah Management adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya atau strategi minimum.

Dan pada dasarnya tujuan Management dikaitkan dengan cara berpikir dan pemanfaatan SDM , material dan finansial menghasilkan kombinasi baik dalam pengurangan biaya.  Selain itu beberapa tujuan dari Management yaitu :

  • Meningkatkan faktor produksi secara efisien
  • Menciptakan kesejahteraan antar pemimpin dan bawahan
  • Perbaiki sumber daya manusia untuk keadilan
  • Untuk menyusun strategi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien
  • Mengevaluasi dan mengkaji hasil dari sebuah proses untuk dikembangkan dan melakukan strategi lanjutan jika terjadi diluar rencana strategi yang telah dibuat
  • Antisipasi untuk melihat kekuatan dan kelemahan jika ada peluang suatu ancaman dari dalam maupun luar organisasi atau perusahaan

Fungsi Management

Fungsi dari ilmu Management terdiri dari, perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan serta pengawasan. Disinilah peran seorang pemimpin atau manajer untuk memastikan semua fungsi dan tujuan tercapai dengan koordinasi dan perencanaan.

5 Fungsi Management harus ada. Jika salah satunya tidak lengkap akan membuat Management tidak teratur.

1. Perencanaan

Bagi seorang pemimpin harus memiliki rencana untuk tujuan bersama. Dengan adanya rencana akan jelas bagaimana tahapan sebuah proses menuju pencapaian cita-cita sebuah organisasi. Dengan begitu akan mudah untuk evaluasi awal maupun akhir untuk menjadi lebih baik kedepannya.

2. Pengorganisasian

Untuk mempermudah proses pengawasan oleh manajer dan koordinasi antar individu. Supaya dalam menjalankan sebuah misi tidak terjadi Miss komunikasi.

3. Penempatan

Peran dari manajer harus bergerak dalam menempatkan individu ke dalam sebuah unit atau divisi, sesuai keahlian maupun minat yang dibutuhkan. Dengan begitu pencapaian akan lebih mudah dalam waktu yang singkat.

4. Pengarahan

Upaya untuk melancarkan sebuah rencana yang sedang berjalan. Baik dilakukan oleh manajer atau pipinan dalam setiap divisi. Dengan begitu semua akan terkontrol dan mencapai tujuan dengan baik tanpa adanya kendala.

5. Pengawasan

Fungsi yang memiliki tujuan untuk keberlangsungan kegiatan secara teratur dan terencana. Pengawasan bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung oleh atasan.

Unsur-unsur Management

Selain fungsi, unsur management berperan penting. Unsur harus saling melengkapi dan diposisikan secara sejajar. Terdiri dari 6 Unsur Management, yang harus kamu tahu :

1. Manusia

Dari SDM yang berkualitas akan membantu melancarkan rencana dan tujuan. Jika tidak ada unsur utama maka tidak akan pernah ada sebuah Management.

2. Uang

Tentunya dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi membutuhkan biaya untuk operasional.

3. Material

Pemilihan material yang baik memungkinkan untuk hasil yang berkualitas.

4. Mesin

Setelah adanya material harus ada mesin untuk mengelola atau memproduksi yang dioperasikan oleh manusia.

5. Metode

Kegiatan Management akan berjalan lancar jika metode didasari fasilitas, target, dan campur tangan manusia untuk hasil yang baik

6. Pasar

Jika unsur 1-5 sudah ada dengan hasil atau benda yang dipasarkan harus di kenal. Unsur ini juga sangat dipengaruhi oleh material karena diharapkan menghasilkan barang atau jasa berkualitas serta laku di pasaran.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru