Learning Management System Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Learning managemen system adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi yang kita untuk melakukan banyak hal bai itu dibidang pekerjaan, pendidikan dan pemasaran.

Karena itu, kita tidak boleh ketinggalan informasi mengenai Learning managemen system dan manfaatnya untuk kehidupan. Dan disini kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian dan manfaat dari Learning managemen system.

Kita tahu bahwa perkembangan teknologi digital telah membuat banyak sekali perubahan dalam berbagai hal. Apalagi ketika sedang pandemi sekarang ini baik mulai dari pendidikan sampai perusahaan memanfaatkan teknologi dalam mengatur hingga memantau perkembangan usahanya.

Dengan adanya teknologi Learning Management System atau biasa disingkat LMS, banyak pekerjaan  yang dapat dilakukan di mana saja secara mudah dan efisien. Bukan hanya itu, dalam pendidikan teknologi ini juga sudah menjadi suatu kebiasaan, yang dimana media belajar siswa sekarang sudah serba online.

Di era modern ini siapa saja dapat mengakses teknologi canggih ini dengan menggunakan internet. Dan dengan adanya Learning managemen system banyak yang merasakan manfaat memudahkan.

Pengertian Learning Management System

Learning Management System Adalah

Learning managemen system adalah software atau perangkat lunak yang diaplikasikan pada komputer, smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Tools ini dirancang khusus untuk membuat, mengatur dan mendistribusikan bahan atau sebuah materi pembelajaran secara online. Atau bisa dikatakan LMS suatu platform untuk menjalankan e-learning.

Dalam fungsinya pengelolaan sistem pembelajaran dapat digunakan untuk pendaftaran, pemberian materi, melakukan tes atau ujian online hingga pembayaran.

Sedangkan dalam perusahaan perform ini berguna dalam instansi untuk menyimpan catatan pekerjaan, penilaian dalam memantau perkembangan karyawan dalam bekerja. Jadi tanpa harus turun lapangan, kita dapat memantau melalui komputer atau smartphone.

Manfaat Learning Management System Dalam Dunia Pendidikan

Dari penjelasan diatas sedikit terbayang bukan manfaatnya. Namun sebenarnya banyak sekali manfaat Learning Management System baik untuk pendidikan maupun perusahaan. Berikut manfaat Learning managemen system dalam pendidikan :

1. Bahan Memberikan Materi Pelajaran Dengan Berbagai Format

Untuk media pembelajaran tentunya murid harus memiliki catatan dalam bentuk format, PDF, DOC, PPT, JPG atau bisa saja dalam bentuk MP4. Selain itu guru bisa memberikan tautan kepada muridnya yang berisi materi pembelajaran dengan lebih efisien.

2. Penjelasan Secara Virtual

Layaknya pembelajaran tatap muka namun di sini dilakukan di mana saja, guru bisa melakukan siaran langsung kapanpun dan dimanapun untuk mengajar.

3. Tugas yang diberikan memiliki alternatif pilihan

Dalam platform Learning managemen system, kita dapat membuat tugas dalam bentuk essay atau pilihan ganda secara sistematis dan mudah.

4. Dapat mengelola dan melacak pelatihan

Bagi pelajar dapat lebih mudah dalam melacak proses pembelajaran yang disampaikan guru, dan guru dapat mengelola perkembangan kemampuan siswa.

5. Pembelajaran dapat terpusat

Dalam Learning managemen system tenaga pengajar akan terpusat dalam memberikan materi. Sehingga memudahkan dalam pembelajaran online.

Itulah 5 manfaat learning management system di bidang pendidikan.

Manfaat Learning Management System Untuk Perusahaan

Nah berikut tidak ketinggalan ada beberapa manfaat learning management system bagi perusahaan :

1. Pengeluaran Perusahaan Akan Lebih Hemat

Seringkali perusahaan mengadakan pelatihan bagi karyawan baru untuk menggali skill dan potensinya. Karena jika pelatihan offline akan memakan banyak biaya seperti sewa tempat, akomodasi, konsumsi hingga pemateri.

Namun berbeda dengan penerapan sistem ini, karyawan dapat mengakses di manapun melalui platform yang telah disediakan perusahaan. Dan perusahaan hanya mengeluarkan sedikit biaya dalam mengcovernya.

2. Waktu training karyawan efisien

Pelatihan dapat dilakukan kapan dan dimana. Perusahaan hanya memberikan informasi platform materi yang harus diakses selama pelatihan. Manfaat LMS dalam penerapannya akan mengoptimalkan pemberian materi dengan efektif.

3. Kemudahan Monitoring

Dengan adanya Learning Management system, perusahaan akan dapat mengevaluasi perkembangan karyawan. Dan dapat memonitoring pemberian pembelajaran apakah sudah sesuai target atau belum.

4. Mengelola data terpusat

Manfaat learning management system lainnya, perusahaan dapat melakukan pengelolaan data penting secara terpusat pada satu lokasi.

Itulah tadi manfaat learning management system untuk sebuah perusahaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa learning management system adalah hal yang sangat bermanfaat untuk banyak hal, dan tetutama saat ini lebih banyak digunakan untuk di dunia pendidikan dan bisnis.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru