Laporan Keuangan Adalah? Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Laporan keuangan adalah hal penting bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Karena dengan adanya laporan ini perusahaan bisa mengetahui apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau kerugian dalam bisnis yang dijalankan. Karena itulah, jika kamu seorang pebisnis atau pengusaha maka wajib mengetahui tentang pengertian, jenis dan fungsi dari laporan keuangan.

Di dalam perusahaan tentunya bagian keuangan sangat sensitif. Dan tentunya setiap bulan perusahaan harus membuat dan memeriksa laporan keuangan. Bagian keuangan adalah sebagai ujung tombak kemajuan perusahaan. Karena dengan pengelolaan keluar masuknya uang yang jelas dan rinci dapat membuat kemajuan perusahaan atau bisa sebaliknya.

Karena itu, dalam pengelolaan laporan keuangan perusahaan harus memiliki SDM yang memiliki pengalaman dan keahlian tepat bidang ini.  Karena jika tidak perusahaan tidak bisa mengevaluasi keuangan perusahaan apakah untung atau rugi.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Adalah

Laporan keuangan adalah sebuah catatan keuangan yang telah ditransaksikan dalam bisnis. Laporan keuangan biasanya dibuat pada periode tertentu tergantung kebijakan perusahaan.

Dalam laporan keuangan akan diketahui secara menyeluruh kondisi keuangan perusahaan.  Karena itu, maka laporan keuangan harus dibuat secara teliti dan cermat. Karena nanti laporan ini harus dipertanggung jawabkan jika ada kekurangan atau kelebihan.

Setelah penyerahan laporan dari bagian keuangan, mereka juga harus mempresentasikan laporan tersebut. Karena dengan hanya membaca data yang dibaca bisa saja kurang cukup jelas bagi si penerima laporan.

Sehingga dari presentasi laporan keuangan nantinya akan dilakukan sebuah evaluasi oleh akuntan perusahaan. Proses evaluasi ini bermanfaat untuk meminimalisir masalah dan mencari jalan keluar bersama ketika ada masalah pada laporan keuangan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Jenis-Jenis laporan keuangan adalah sebagai berikut :

1. Laporan Laba Rugi

Laporan yang dibuat untuk menjelaskan keuangan perusahaan pada jangka waktu tertentu.  Laporan ini merupakan laporan yang dibuat untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis. Selain itu terdapat data pendapatan perusahaan dan juga beban yang sedang di tanggung perusahaan.

2. Laporan Keuangan Arus Kas

Suatu catatan yang berisi informasi masuk dan keluarnya kas dalam satu periode.  Dengan tujuan mengevaluasi struktur keuangan dan dapat dimanfaatkan sebagai strategi terhadap perubahan yang akan dilakukan perusahaan.

3. Laporan Keuangan Neraca

Laporan ini memiliki istilah lainnya adalah balance sheet, dalam laporan ini terdapat informasi akun aktiva. Jangka waktu pembuatan laporan ini dibuat satu tahun sekali.

Selain terdapat akun aktiva, laporan ini melampirkan informasi terkait kreditur, pemegang saham perusahaan, peraturan pemerintah dan kebijakan pada perusahaan tersebut.

Pada laporan neraca akan diketahui kondisi keuangan perusahaan, baik sedang stabil atau sedang merosot.

4. Catatan atas laporan keuangan

Laporan tambahan dari segala jenis laporan, berfungsi menjelaskan keadaan perusahaan pada angka laporan keuangan. Laporan yang diberikan harus informatif.

5. Laporan Perubahan Modal

Tujuan dari laporan ini adalah dapat memberikan gambaran pada perusahaan tentang peningkatan atau penurunan aktiva bersih dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini sangat penting untuk mengenai perubahan modal dan membuat ikhtisar dari dana investasi yang dihasilkan.

Manfaat Laporan Keuangan

Manfaat laporan keuangan adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Menilai Kondisi Usaha

Dari sini kita dapat melihat perkembangan atau kemunduran dari segi keuangan yang menyusut atau bertambah. Jika dilihat skala merosot menandakan perusahaan sedang ada masalah yang harus diatasi.

2. Fungsi bahan evaluasi

Dengan adanya laporan keuangan maka dapat menjelaskan suatu permasalahan yang terjadi pada perusahaan sehingga akan dengan mudah untuk mencarikan solusi dari masalah yang terjadi. Dengan evaluasi ini maka perusahaan akan meminimalisir masalah lama agar tidak terulang kembali.

3. Fungsi pertanggungjawaban

Laporan keuangan akan ditunjukkan kepada investor maupun pemerintah terkait. Dengan memberikan informasi secara detail dari perusahaan maka akan membuat perusahaan lebih kredibel di mata investor dan pemerintah.

5. Laporan keuangan untuk Publik

Dengan adanya laporan ini, dapat dijadikan bahan analisis atau penelitian.

6. Fungsi Tolak Ukur

Artinya laporan keuangan aka diberikan kepada investor, sehingga mereka dapat dengan mudah mengambil keputusan apakah akan menanamkan modal ke perusahaan secara langsung atau tidak. Dan laporan keuangan juga menjadi tolak ukur mampu tidaknya perusahaan menerima dan mengelola dana dari investor untuk memberikan keuntungan kepada mereka.

Dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah sebuah hasil pencapaian pengelolaan uang yang yang dituangkan pada buku catatan atau bisa dikatakan sebuah rapot bisnis.

Laporan keuangan umumnya berisi tentang laporan arus kas, laba rugi, neraca, dan laporan perubahan modal dalam jangka waktu yang tertentu. Dari laporan tersebut bisa diketahui apakah keuangan perusahaan sedang mengalami kenaikan atau penurunan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru