Komunikasi Bisnis Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Komunikasi bisnis adalah salah satu bentuk komunikasi yang sangat penting bagi perusahaan untuk membangun bisnis agar dapat berkembang dengan lebih baik. Jadi, jika kamu adalah salah satu pemilik bisnis, kamu tidak boleh melewatkan hal ini.

Untuk lebih memahami tentang pengertian, jenis dan manfaat komunikasi bisnis, kamu bisa membaca penjelasan kami berikut ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis

komunikasi bisnis adalah

Komunikasi bisnis adalah suatu komunikasi yang dilakukan langsung maupun tidak langsung. Dengan pembahasan ide, gagasan atau informasi baik secara perorangan atau kelompok. Dengan tujuan mengembangkan dan membangun suatu rencana yang telah ditetapkan baik kepada rekan bisnis, bawahan dan atasan.

Sedangkan menurut para ahli tentang pengertian komunikasi bisnis adalah sebagai berikut :

  • Menurut William Albig, komunikasi bisnis adalah tindakan pertukaran ide yang disampaikan melalui lambang dan sinyal baik secara individu maupun tim untuk mencapai suatu target.
  • Menurut RosenBlatt, komunikasi bisnis adalah bentuk komunikasi verbal, non-verbal untuk mencapai tujuan.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Selain memberikan ide atau gagasan untuk mencapai target, tujuan adanya komunikasi bisnis yaitu :

1) Memberi Informasi

Dengan contoh, ketika perusahaan membutuhkan karyawan baru, pemimpin harus melakukan cara seperti membuat iklan lowongan kerja baik media cetak maupun elektronik.

2) Melakukan Persuasi

Keterkaitan untuk melakukan negosiasi dengan pihak lain untuk menjalankan bisnis. Dengan hasil win-win supaya saling menguntungkan.

3) Melakukan kolaborasi

Komunikasi bisnis Kerjasama yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk menjalankan bisnis dalam negeri maupun luar. Komunikasi bisa secara langsung dan tidak langsung atau melalui media untuk saling berkomunikasi.

4) Integrasi Audiens

Dengan kemajuan teknologi, kerjasama bisa dilakukan melalui media seperti internet, faksimile, dan atau telepon. Atau ketika tatap muka menggunakan bahasa yang formal dan mudah dipahami.

Jenis-jenis Komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis sangat penting untuk saling interaksi dengan pihak kedua. Berikut jenis komunikasi bisnis yang harus kamu tahu :

1. Komunikasi Horizontal

Komunikasi bisnis yang dilakukan pada kesetaraan jabatan. Bersifat non formal. Contoh interaksi antara karyawan sehingga pembahasan yang santai juga sederhana.

2. Komunikasi Vertikal

Komunikasi antar tingkatan yang menghasilkan timbal balik yang menguntungkan. Contoh interaksi antar direksi, tanpa melibatkan karyawan bawah.

3. Komunikasi internal

Komunikasi bisnis yang dilakukan dalam satu perusahaan tanpa pihak lain diluar organisasi.  Dapat dilakukan secara verbal maupun non verbal.  Suatu diskusi yang melibatkan banyak orang tanpa melihat jabatannya tetapi masih satu perusahaan.

4. Komunikasi pimpinan kepada karyawan

Komunikasi yang dilakukan dari pimpinan untuk memerintah atau mengerjakan suatu pekerjaan dan membicarakan sebuah ide yang dituangkan dari atasan.

5. Komunikasi karyawan kepada atasan

Dalam komunikasi ini biasanya hanya sekedar memberikan informasi atau laporan pekerjaan yang diberikan atasan.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Manfaat komunikasi bisnis ada 2 yaitu manfaat internal dan manfaat eksternal, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Manfaat internal

Membawa manfaat dari pihak perusahaan dan para komponennya. Seperti antara karyawan satu dengan lainnya membangun komunikasi yang baik akan menghasilkan ide yang brilian.  Juga dapat bermanfaat agar pekerjaan berjalan tanpa kendala, selain itu komunikasi yang efektif akan menunjang karir pegawai perusahaan.

Manfaat eksternal

Komunikasi bisnis eksternal adalah komunikasi antara pihak satu, dua dan tiga atau antara atasan, bawahan dan dari pihak perusahaan luar seperti investor, calon pelanggan atau media. Dengan komunikasi yang efektif ke pihak eksternal akan dapat keberhasilan dan membangun citra perusahaan di mata masyarakat sekitar.

Teknik Komunikasi Bisnis

Supaya dalam memberikan pendapat atau ide mudah dipahami ada teknik komunikasi bisnis yang perlu diperhatikan, antara lain :

1. Teknik komunikasi Verbal

Teknik ini sangat utama dan penting. Teknik ini digunakan saat presentasi maupun meeting  namun harus tetap memperhatikan kondisi supaya tidak ada kesalahpahaman.

2. Teknik komunikasi non verbal

Penggunaan gestur tubuh dan kode komunikasi kepada rekan bisnis. Seperti kontak mata contoh nya, menandakan tertarik pada pembahasan.

3. Komunikasi tertulis

Komunikasi bisnis yang sering digunakan ketika Jarak jauh ataupun karena kendala lain. Memberikan sebuah pesan baik email atau faksimile. Komunikasi tertulis umumnya menggunakan bahasa dan tulisan formal dan tidak bertele-tele.

Sekian penjelasan dari pengertian komunikasi bisnis serta tujuan, jenis dan manfaat. Diharapkan dapat dipahami dan bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru