Follow Up Adalah? Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Follow Up adalah salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kemajuan suatu bisnis. Follow Up dapat bermanfaat agar bisnis dapat bertahan dalam persaingan dengan perusahaan lain. Maka dari itu pentingnya agar bisnis yang dijalankan menerapkan strategi satu ini.

Namun sayangnya, strategi follow up masih kurang diperhatikan dalam sebuah perusahaan yang biasanya baru dirintis. Karena mereka merasa baru pertama kalinya membangun sebuah usaha. Padahal strategi ini sangat penting untuk bisnis baru ataupun bisnis yang sudah berjalan lama.

Untuk lebih memahami tentang istilah Follow Up, maka Kamu perlu menyimak penjelasan di bawah tentang pengertian dan pentingnya Follow Up dalam bisnis.

Arti dan Pengertian Follow Up

Follow Up Adalah

Follow up adalah menindaklanjuti, jika kita menerjemahkan kata tersebut dari bahasa inggris.

Jika diterapkan dalam bisnis, pengertian Follow Up adalah sebuah strategi pemasaran untuk melayani dan menindaklanjuti kesalahpahaman atau masalah yang terjadi pada bisnis. Sehingga dengan menerapkan strategi ini citra perusahaan akan tetap baik dimana pelanggan.

Proses Follow Up harus dilakukan secara konsisten. Dengan begitu hubungan baik akan terjalin antara pemilik usaha dengan client.

Apa Tujuan Follow Up?

Tujuan Follow Up adalah untuk menarik respon calon customer, dengan cara menghubungi dan mengingatkan produk yang telah ditawarkan.

Dengan begitu, kita akan tahu apa komentar dan tanggapan konsumen dari produk yang kita pasarkan. Dengan menerapkan strategi Follow Up, kita jadi lebih mengetahui apakah produk yang kita tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau belum. Dan perusahan juga dapat melakukan evaluasi jika ternyata produk ditawarkan kurang diminati pelanggan.

Pentingkah penerapan Follow Up?

Tentu Follow Up sangat penting bagi sebuah bisnis, seperti yang telah kami jelaskan tentang tujuan bisnis menerapkan Follow Up di atas. Karena dengan adanya Follow Up, perusahaan bisa menindaklanjuti strategi pemasaran dan penjualan agar lebih efektif dan menghasilkan keuntungan.

Untuk lebih jelasnya, kenapa strategi Follow Up penting, karena strategi ini dapat menghasilkan keuntungan sebagai berikut :

  1. Akan mendorong calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan
  2. Akan memaksimalkan pelanggan prospek
  3. Follow Up lebih mudah dan efesien dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam menarik minat pelanggan
  4. Dengan dilakukan secara konsisten akan berdampak baik untuk memajukan bisnis
  5. Jika Follow Up dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan besar untuk perusahaan

Manfaat Menerapkan Strategi Follow Up

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan Follow Up, manfaat menerapkan strategi Follow Up adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Penjualan Bagi Perusahaan

Nilai penjualan produk akan meningkat sehingga membuat lebih banyak pemasukan. Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah membuka bisnis untuk menemukan calon customer baru.

2. Menyampaikan Informasi Terbaru Ke Customer

Follow Up dapat bermanfaat untuk menyampaikan perubahan yang terjadi pada produk atau informasi terbaru dari perusahaan seperti ada promosi atau diskon. Sehingga dengan melakukan Follow Up akan meyakinkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.

3. Mengingatkan Konsumen

Setelah kamu melakukan pengenalan dan memberikan informasi seputar produk. Follow up bisa menjadi pengingat, ketika konsumen belum bisa memutuskan pembelian produk pada saat itu juga.

Dalam masa pertimbangan sebelum membeli, kamu harus lebih pandai dan menyakinkan keunggulan produk.

4. Dapat membangun hubungan bisnis jangka panjang

Komunikasi yang baik sangat berguna sebagai pondasi kekuatan hubungan antara calon customer  baru maupun customer setia.

Cara Menerapkan Strategi Follow Up Terbaik

Setelah kamu mengetahui Manfaat Follow Up, kamu harus memiliki strategi Follow Up terbaik kepada konsumen. Cara menerapkan Strategi Follow Up adalah sebagai berikut  :

1. Meluangkan Waktu Untuk Follow Up

Mestinya setelah terjadi transaksi dan pelanggan telah menerima produk, kamu harus meluangkan untuk menghubunginya. Untuk mengetahui apakah kualitas Produk dan pelayanannya sudah memuaskan atau belum. Namun perhatikan juga waktu saat melakukan Follow Up, usahakan tidak berlebihan dalam menghubungi pelanggan dan tentukan waktu yang tepat saat menghubungi mereka.

2. Jalur Komunikasi yang Terbuka

Sebelumnya, kamu harus meminta persetujuan Client untuk melakukan komunikasi jangan panjang. Setelah mendapat izin, kirim informasi dan saran sesuai kebutuhan dan minat pelanggan.

3. Meminta Referensi

Jika pelayanan dan produk yang dibeli memuaskan tentunya mereka akan ikut mempromosikan produk kepada pelanggan lain.  Dan tentunya pihak perusahaan juga bisa memberikan ucapan terima kasih, serta harus meminta masukkan atau saran untuk lebih mengembangkan produk.

4. Mengirim Ucapan Terimakasih

Setelah melakukan penjualan, ucapkan terimakasih kepada pelanggan baik melalui media elektronik, seperti e-mail, sms, atau telepon. Atau bisa saja dengan memberikan kartu ucapan atau bingkisan supaya pelanggan merasa lebih dihargai dan dibutuhkan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru