Finance Adalah? Pengertian, Tujuan dan Fungsi Dalam Perusahaan

Finance adalah ilmu tentang cara pengelolan uang untuk sebuah perusahaan. Karena itu, penting untuk kita mengetahui ilmu tentang Finance.

Staf keuangan atau finance memiliki peran penting di dalam sebuah perusahaan. Dalam pengelolaan keuangan dengan kemampuan yang cermat, teliti, untuk menghitung uang milik perusahaan.

Tentu tidak sembarang orang untuk posisi keuangan ini. Biasanya perusahaan merekrut lulusan sarjana ekonomi. Pekerjaan yang memiliki tanggung jawab tinggi, berhubungan dengan uang dan mengelola angka pada komputer.

Lalu apa arti finance itu Sendiri? Apa tujuan dan fungsi nya? Yuk, simak penjelasan di bawah.

Pengertian Finance

Finance Adalah

Jika dari bahasa finance adalah keuangan, jika kita artikan dari bahasa inggris. Jika kita lihat dari sudut pandang bisnis, Finance adalah ilmu cara pengelolaan uang yang mengatur kestabilan pada keuangan perusahaan.

Jika dilihat dari segi profesi, finance adalah suatu pekerjaan pengelolaan uang, seperti mengawasi dan memperbaiki keluar masuknya uang.  Finance dibutuhkan bisnis untuk membentuk sistem keuangan perusahaan menjadi lebih baik.

Apa saja Tujuan Finance?

Dalam penerapannya untuk sebuah bisnis, tujuan finance adalah sebagai berikut :

1. Sebagi alat mengontrol kegiatan manajemen keuangan

Salah satu tanggung jawab besar pemilik dan manajer perusahaan adalah mengatur keuangan. Bagian finance perusahaan harus pandai mempertimbangkan macam konsekuensi terhadap laba, arus kas pada keseluruhan kondisi keuangan.

2. Menilai efektivitas dan efisiensi keuangan perusahaan

Finance atau keuangan perusahaan merupakan aspek penting yang memiliki dampak pada kinerja perusahaan. Karena itu dengan adanya manajemen finance menggunakan software maka pemiliki dan manajer keuangan akan lebih mudah mengatur kegiatan operasional perusahaan.

3. Menanggulangi faktor eksternal

Tujuan adanya finance dalam suatu bisnis adalah untuk menanggulangi faktor eksternal. Karena itu dalam merencanakan bisnis harus memilih likuiditas cukup baik. Karena jika terjadi penurunan kondisi ekonomi fluktuatif, perusahaan tidak terkena dampaknya karena kas dan biaya operasional perusahaan telah diatur dengan baik melalui bagian finance.

4. Menanggulangi arus kas negatif

Banyak perusahaan mengalami arus kas negatis, ini dikarenakan pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Maka untuk mencegah arus kas negatif, manajemen finance wajib memastikan memiliki cukup uang untuk memberi upah pegawai dan pemasok.

Dari masalah tersebut, harus membuat proyeksi keuangan dari arus kas negatif.  Sehingga akan ada jalan keluar untuk pengeluaran modal yang dibutuhkan dalam mendanai bisnis dan keberlanjutan bisnis secara normal.

5. Membuat sistem komprehensif

Dalam setiap bisnis harus memberi laporan operasional. Manajer akan memerlukan laporan dengan indikator dan performa kinerja untuk mengukur aktivitas dari tiap bagian.  Contoh dari laporan tersebut seperti pengguna laporan keuangan kreditur, pemegang saham, investor dan lain-lain.

Fungsi Finance Dalam Perusahaan

Fungsi utama dari finance adalah membuat sebuah laporan yang digunakan untuk menstabilkan keuangan perusahaan.

Berikut ini adalah fungsi dari bagian finance perusahaan :

  • Bertanggung jawab terhadap atasan finance atau manager.
  • Menyusun berbagai tagihan sesuai tanggal jatuh tempo serta menjadwalkan semua pembayaran tagihan di luar pihak perusahaan.
  • Mengklarifikasi berbagai macam tagihan yang akan dibayarkan dan yang timbul dari pihak luar melalui bagian koordinator keuangan.
  • Membayarkan tagihan terhadap pihak luar perusahaan, sebelumnya data dan syarat kelengkapannya telah dipenuhi.
  • Menerima semua pembayaran maupun setoran tagihan hasil transaksi kegiatan usaha dalam perusahaan.
  • Menyusun berbagai dokumen atas kegiatan keluar masuk keuangan perusahaan.
  • Menyusun bukti laporan dengan benar, jelas, dan informatif.
  • Klarifikasi seluruh transaksi yang terjadi pada perusahaan terhadap Koordinator Keuangan dan umum.
  • Melakukan berbagai catatan serta pengumpulan data bukti transaksi pada kegiatan Perusahaan.
  • Membantu melaksanakan tugas yang diberi baik pihak umum maupun Koordinator Keuangan.
  • Mengurus seluruh administrasi di bank maupun lalu lintas keuangan yang dimiliki perusahaan di bank yang sudah ditetapkan.
  • Bertanggung jawab dalam mengatur pemasukan seluruh transaksi masuk dan keluar dana yang terjadi pada perusahaan.

Finance adalah ilmu untuk mengelola uang yang berguna dalam mengatur kestabilan keuangan perusahaan.  Dengan memiliki staf finance dalam perusahaan, maka bisnis akan berjalan dengan lebih baik. Karena keluar masuknya uang lebih terkontrol, dan membuat operasional perusahaan bisa lebih stabil.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru