Development Adalah? Pengertian, Fungsi dan Tahapannya

Development adalah salah satu proses pengembangan yang penting dalam suatu perusahaan. Baik pengembangan produk, SDM, maupun pengembangan usaha dari suatu perusahaan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang development, pengertian  dan tahapannya yang perlu diketahui, berikut ulasannya.

Pengertian Development

Development Adalah

Development adalah proses pengembangan sebuah organisasi/produk/perusahaan/unit dari suatu yang telah diketahui keberadaannya. Misalnya adalah melalui pelatihan pelatihan yang bertujuan untuk memperoleh inovasi yang baru.

Adapun tujuan tersebut adalah untuk menciptakan sesuatu yang memiliki nilai lebih dari sebelumnya.

Development dalam kamus bahasa inggris memiliki arti pengembangan.

Biasanya development ini sering digunakan  dalam jabatan di sebuah perusahaan atau organisasi. Yang mana diharapkan dapat menemukan pemimpin yang tepat.

Fungsi Development

Berikut ini beberapa poin penting mengenai fungsi development.

1. Menentukan kandidat

Pada industri manufaktur, proses perekrutan sangat diperlukan. Tentunya tidak sembarangan untuk memilih kandidat yang akan lolos dalam perekrutan. Dan dalam mengisi posisi tertentu, seharusnya memiliki kualifikasi yang memenuhi. Dalam  proses perekrutan tersebutlah development sangat penting agar mendapatkan karyawan atau kandidat pemimpin yang sesuai dengan harapan.

2. Untuk pengawasan Profesionalisme kinerja karyawan

Dengan adanya development, tentunya karyawan bekerja dengan produktif dan sesuai standar operasi prosedur yang dapat memastikan karyawan bekerja sesuai dengan tupoksinya.

Dalam perusahaan tentunya memiliki manajemen kerja yang harus sesuai agar dapat memperoleh target yang diinginkan.

Manajemen tersebut dapat dilakukan dengan meninjau perform kinerja karyawan melalui manajer atau supervisor nya.

3. Mengembangkan kemampuan karyawan

Melalui development ini, karyawan memiliki kesempatan untuk berlatih sesuai posisi yang diberikan. Dalam pengembangannya, karyawan dituntut untuk dapat bertanggung jawab memenuhi kebutuhan posisi tersebut dengan inovasi baru. Meski sering menghadapi banyak tantangan, karyawan harus memiliki inovasi yang jelas dan tepat. Program pengembangan ini bisa diperoleh karyawan dari review kinerja baik individu maupun tim.

Untuk merancang kebutuhan posisi karyawan dan evaluasi kerja, sangat dibutuhkan pelatihan pelatihan dalam bentuk development tersebut.

4. Merupakan bentuk kompensasi dan benefit

Mengapa perlu adanya kompensasi dan benefit? Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi yang berhak diperoleh karyawan selama bekerja di sebuah perusahaan.  Kompensasi dan benefit apa saja yang diterima karyawan?

Salah satunya adalah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program development yang dapat menaikan sebuah jabatan tertentu. Sehingga karyawan tersebut memperoleh posisi yang lebih baik lagi. Selain itu, dengan adanya development, karyawan skill karyawan dapat dilatih dan dikembangkan untuk dapat mengelola benefit lain.

5. Rencana karir karyawan

Dalam sebuah perusahaan, juga seharusnya memikirkan karir bagi karyawan, terutama adalah karyawan yang dapat diandalkan dan memiliki nilai lebih juga berdampak baik bagi perusahaan.

Untuk jenjang karier tersebut development berperan bertanggung jawab untuk mengawasi karyawan dan menentukan siapa yang akan menjadi kandidat.

Tahap merencanakan program development

Adapun tahapan tahapan yang sesuai dengan development antara lain:

1. Tahap Rencana (planning)

Sebuah perusahaan tentunya memiliki sebuah rencana agar usahanya dapat berjalan terus dan berkembang. Sehingga rencana sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan agar tetap beroperasi.

2. Analisis (Analysis)

Selain rencana, menganalisis juga penting untuk menjalankan bagaimana rencana tersebut dapat dilakukan. Menganalisis merupakan kegiatan yang menentukan bagaimana sebuah rencana dilaksanakan berdasarkan data atau pengetahuan yang sesuai.

3. Implementasi (implementation)

Dari beberapa tahapan, implementasikan hasil analisis yang sesuai. Untuk mendapatkan hasil yang tepat. Sehingga implementasi sangat diperlukan guna mengetahui hasil dari sebuah kegiatan atau pekerjaan.

4. Uji coba (testing)

Suatu kegiatan yang bertujuan untuk dilaksanakannya hasil dari sebuah proses atau tahapan sesuai dengan tujuan atau tidak dinamakan uji coba.

5. Pengelolaan (maintenance)

Dalam development, tentunya pelatihan manajerial sangat diperlukan yang didapatkan dari senior. Pengelolaan dalam tanggung jawab pekerjaan tentunya diawasi oleh perusahaan demi tercapainya tujuan bersama untuk mewujudkan progres yang baik, efektif dan tepat.

Demikian informasi pengertian, fungsi dan penerapan Development atau pengembangan. Setelah mengetahui development adalah faktor penting yang menentukan perkembangan bisnis atau perusahaan, maka Anda tidak boleh melewatkannya. Jika ingin perusahaan berkembang dan selalu memiliki inovasi yang baru.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru