Cara Mencari Investor untuk Pengusaha Pemula

Kamu yang sedang merintis sebuah usaha, harus memulai dari 0 terlebih dahulu. Ya semua memang butuh proses, dan yang paling utama butuh modal. Dan jika ingin usaha berkembang tentunya membutuhkan investor. Lalu bagaimana cara mencari investor untuk pengusaha pemula?

Karena jika kita memiliki ide kreatif untuk memulai usaha namun keterbatasan modal, hal ini akan mempengaruhi bisnis menjadi tidak bisa berkembang sesuai rencana.

Maka dari itu bagi pengusaha pemula harus bisa mencari investor, setidaknya untuk dasar modal perkembangan usaha yang sedang dijalankan.

Jadi jika Kamu adalah calon pebisnis sukses sudah tepat sekali jika kamu melihat bacaan ini. Karena disini kami akan membahas cara mencari investor untuk pengusaha pemula.

Bagaimana Cara mencari investor?

cara mencari investor

Sebenarnya untuk mendapatkan modal dari investor tidak mudah. Apa lagi untuk sebuah usaha kecil atau baru di bangun. Kamu harus berusaha meyakinkan investor bahwa usaha yang kamu jalankan memiliki prospek bagus kedepannya.

Namun sebelum kamu mendapatkan calon investor, alangkah baiknya kamu harus memiliki modal sendiri terlebih dahulu untuk memulai bisnis sedikit demi sedikit.

Nah setelah kamu sudah memiliki cukup modal dan bisnis telah berjalan dengan baik, tidak ada salahnya kamu mencari investor untuk menyuntikkan dana tambahan sebagai modal usaha yang dapat membantu usaha agar berkembang lebih cepat. Berikut cara mencari investor untuk pengusaha pemula yang bisa dicoba.

1. Mulai dari orang terdekat

Cara mencari modal paling mudah adalah dimulai dari orang terdekat, karena dengan orang sekitar yang ada di dekat kita seperti saudara, keluarga bahkan teman. Kamu bisa membicarakan dan menceritakan detail usaha yang akan di mulai. Ya kemungkinan besar mereka hanya akan meminjamkan modal, tapi jika bisnis sudah berkembang bisa saja mereka akan berubah pikiran menjadi investor.

2. Mengikuti Pameran atau Seminar

Cara kedua yaitu, kamu bisa mencari informasi investor dengan mengikuti pameran atau seminar.

Ini adalah alternatif yang cukup mudah dilakukan, karena disini ada banyak calon investor yang tidak tanggung-tanggung dalam menawarkan modal besar.

Dengan mengikuti pameran atau seminar kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang penting. Sehingga kamu juga akan mendapatkan koneksi para investor yang tertarik dengan jenis atau bidang usaha yang kamu jalankan.

3. Platform P2P Landing

Platform P2P Landing merupakan layanan fintech, biasanya platform ini digunakan sebagai tempat pinjaman dana UMKM.

Namun P2P Landing juga dapat menjadi mediator untuk mempertemukan dengan calon investor kepada pemilik usaha.

4. Membuat Proposal

Cara yang membutuhkan tenaga dan waktu yaitu membuat proposal. Karena dengan ini akan mendapatkan perhatian dari perusahaan besar bahkan bisa saja pemerintah ikut andil untuk menjadi investor dalam bisnismu.

Kamu juga harus tahu cara membuat proposal supaya dapat dengan cepat di ACC atau disetujui investor.

Berikut cara mencari investor dengan membuat proposal :

  • Buatlah profil perusahaan, latar belakang perusahaan dan dana yang dibutuhkan.
  • Kemampuan berbicara, ya kemampuan ini sangat berpengaruh. Karena investor juga ingin mendengar langsung penjelasan usaha secara rinci.
  • Menjelaskan maksud dan tujuan dari usaha tersebut. Dengan menjelaskan secara informatif juga tidak berbelit-belit.
  • Lalu menjelaskan rencana bisnis untuk kedepannya dan rencana jangka panjang.
  • Selanjutnya, jika itu sebuah bisnis yang baru dirintis harus memperlihatkan tabungan dan aset pribadi atas namakan kamu. Sehingga akan membuat percaya pihak investor. Berbeda jika itu sebuah bisnis yang sudah lama berjalan namun di tengah jalan kurang dana, maka harus menunjukkan arus kas perusahaan.
  • Jangan takut Menjelaskan Resiko dari usaha. Tentunya semua bisnis akan memiliki resiko, baik usaha kecil maupun besar. Pihak investor harus mengerti. Jangan di sembunyikan karena akan mengganggu bilamana sudah deal akan muncul resiko lain yang menghambat berkembangnya bisnis. Pasalnya investor biasanya lebih berpengalaman, tentunya mereka juga akan memberikan arahan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

5. Membuat List Calon Investor

Penting bagi kamu membuat daftar calon investor.  Karena dengan cara ini memberikan peluang besar bagi kamu untuk mendapatkan investor. Karena kamu tidak terpaku pada satu atau dua calon investor.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru