Business Process Management Adalah? Pengertian dan Manfaatnya

Business Process Management Adalah salah satu hal yang penting untuk perusahaan agar dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. Karena itu disini kami akan membahas tentang pengertian dan manfaat Business Process Management secara lengkap.

Pada setiap perusahaan maupun badan usaha pastinya mempunyai proses serta tahapan-tahapan yang ada di dalamnya. Dengan adanya proses tersebut akan menggerakan sumber daya yang ada agar bisa mencapai tujuan serta visi misi dari perusahaan.

Sehingga untuk menjalankan proses bisnis tersebut pastinya juga membutuhkan perencanaan, pengoptimalan serta metode yang tepat. Banyak yang menyebut proses ini dengan business process management (BPM).

Pengertian Business Process Management

Business Process Management Adalah

Business Process Management adalah salah satu bagian dari manajemen operasi yang banyak dilakukan oleh organisasi, perusahaan ataupun badan usaha agar bisa lebih meningkatkan kinerja, efisiensi dan efektivitas proses bisnis.

Dan jenis bisnis yang berbeda pasti juga proses bisnisnya akan berbeda. Proses yang ada tersebut harus dilakukan pengelolaan dengan baik sehingga nantinya juga akan bisa memberikan peluang bisnis yang baik.

Manfaat Business Process Management

Dengan menerapkan business process management ini tentunya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi sebuah perusahaan ataupun badan usaha. Diantaranya yaitu :

1. Mengasah Kemampuan Berbisnis

Di dalam menjalankan suatu usaha ataupun bisnis pastinya juga akan mengalami perubahan kondisi pasar yang harus dihadapi.

Namun suatu perusahaan ataupun badan usaha yang sudah menjalankan business process management tentunya akan menjadi lebih siap dalam menghadapi perubahan.

Bukan hanya itu saja, business process management bisa mengembangkan perusahaan sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi pasar yang berubah.

Tindakan tersebut juga merupakan salah satu hasil dari menjalankan business process management.

2. Efisiensi Biaya dan Peningkatan Keuntungan

Manfaat lain yang bisa diperoleh dalam penerapan business process management ini bagi sebuah perusahaan ataupun badan usaha yaitu bisa mengurangi biaya dalam menjalankan proses bisnis.

Dengan menjalankan business process management ini maka badan usaha atau perusahaan akan lebih meningkatkan kualitas dan kinerja SDM, dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dan ini juga berpengaruh terhadap keuntungan yang akan diperoleh perusahaan.

3. Peningkatan Efisiensi Proses Bisnis

Proses bisnis yang berlangsung dalam sebuah perusahaan ataupun badan usaha tentunya juga mengedepankan integrasi yang tepat yang dimulai dari proses awal hingga akhir.

Dengan demikian tentunya juga akan lebih memudahkan stakeholder terkait untuk mendapatkan informasi. Diantaranya seperti pertanggungjawaban pihak terkait dalam suatu usaha.

4. Visibilitas yang Lebih Baik

Kemudian untuk manfaat berikutnya dari penerapan business process management ini bagi perusahaan yaitu pengamatan kinerja yang lebih up to date.

Hal tersebut dikarenakan business process management ini memakai software komputer sehingga bisa membantu dalam berjalannya suatu proses. Dan ini membuat proses penilaian dan evaluasi jadi lebih efektif dan efisien.

5. Peningkatan Ketaatan, Keselamatan dan Keamanan

Bagi seorang pemimpin perusahaan maupun badan usaha pastinya membutuhkan laporan keuangan, undang-undang dan aturan yang ditaati.

Melalui penerapan business process management ini kita juga bisa pastikan bahwa bisnis, badan usaha ataupun perusahaan sudah berjalan dan sudah sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Ini juga bisa mengurangi terjadinya kesalahan yang bisa mengancam keselamatan pegawai yang ada di perusahaan.

4 Langkah Business Process Management

Adapun langkah-langkah dalam penerapan business process management iniĀ  yaitu :

1. Perencanaan dan Strategi Proses

Di dalam bisnis untuk mengawali sesuatu tentunya juga memerlukan rencana serta strategi agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan rencana matang dan terstruktur sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Desain dan Pemodelan Proses Bisnis

Dalam tahapan ini memberikan gambaran dengan detail yang dimulai dari proses menjalankan bisnis pada suatu perusahaan ataupun badan usaha.

3. Implementasi Proses

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengimplementasikan proses yang sudah ada untuk menjalankan bisnis.

4. Pemantauan dan Pengendalian Proses

Setelah proses diimplementasikan pada rencana bisnis maka kita juga membutuhkan pelacakan , pengendalian dan pemantauan yang harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan informasi dan memastikan proses bisa berjalan dengan baik. Dalam melakukan tahapan ini maka para pemangku kepentingan yang ada di perusahaan ataupun badan usaha harus melakukan analisa yang berdasarkan atas history sehingga hasilnya tepat.

Kesimpulannya Business Process Management adalah bagian penting yang tidak boleh dilewatkan, jika ingin bisnis dan perusahaan memiliki proses kinerja yang efektif dan efisien.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru