8 Prospek Kerja Teknologi Informasi dan Gajinya

Prospek Kerja Teknologi Informasi – Jurusan teknologi informasi merupakan jurusan yang mempelajari dunia komputerisasi mulai dari hardware, software sampai dengan brainware. Di era seperti saat ini, teknologi telah mendominasi kehidupan manusia bahkan pada berbagai bidang sehingga prospek kerja lulusannya juga sangat luas.

Ada banyak prospek kerja teknologi informasi yang bisa diambil ketika lulus dari bangku kuliah nantinya. Berikut informasi lengkap terkait prospek kerja dari jurusan ini!

Prospek Kerja Teknologi Informasi

Prospek Kerja Teknologi Informasi

Adapun beberapa prospek kerja teknologi informasi yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah di jurusan tersebut di antaranya :

Konsultan IT

Prospek kerja untuk jurusan teknologi informasi yang pertama adalah menjadi konsultan IT. Konsultan IT saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya dari kemajuan teknologi namun banyak orang yang tergiur dengan gaji yang ditawarkan oleh banyak startup.

Gaji yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang konsultan IT sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp 11.000.000 per bulan.

Cloud architect

Prosepek kerja selanjutnya adalah menjadi cloud architect. Profesi satu ini memiliki tugas dalam adalah pegembangan software dan merancang cloud. Sebagai contohnya arsitek merancang desain untuk membangun rumah, sedangkan seorang cloud architect memiliki tugas untuk merancang cloud atau komputasi awan.

Dari profesi cloud architect ini, Anda bisa memperoleh gaji sekitar Rp 5.500.00 hingga Rp 16.000.000 per bulan.

Ahli digital forensik

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai ahli digital forensik, Anda memiliki tugas untuk mengidentifikasi hingga mengevaluasi banyaknya informasi dari sistem komputer yang Anda jalankan.

Terlebih pada era digital seperti saat ini banyak cybercrime yang menuntut Anda agar mampu membedah sebuah kasus dari kemajuan teknologi. Sebagai ahli digital forensic, per bulan Anda bahkan bisa mendapatkan gaji sampai miliaran rupiah.

Pengembang aplikasi mobile (software developer)

Pada era digital seperti saat ini setiap orang tidak akan lepas dari smartphonenya dan tentunya setiap orang memiliki aplikasi yang bisa membantu kelancaran aktivitas. Oleh sebab profesi menjadi software developer akan banyak dicari.

Rata – rata gaji yang bisa didapatkan oleh seorang software developer mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Pengembang situs web

Mengemban profesi sebagai pengembang situs web membuat Anda akan memiliki tugas untuk merancang dan mengembangkan aplikasi, laman atau situs web, maupun konten dalam web yang tengah Anda kelola.

Dengan tugas yang tidak sedikit tersebut, Anda pun juga dapat mendapatkan gaji yang besar yakni sekitar Rp 6.000.000 per bulan bahkan hingga Rp 72.000.000 per tahun.

Software engineer

Sebagaimana Mark Zuckerberg, Anda dapat menjadi software engineer dan membuat berbagai aplikasi dan program yang baik untuk mobile maupun komputer. Namun kemampuan coding dan keahlian komputerisasi secara global sangat Anda perlukan.

Tugas seorang software engineer adalah melakukan analisa, mencari solusi dari masalah yang ada. Gaji yang bisa didapatkan oleh seorang software engineer yakni sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan.

Ahli artificial intelligence

Di era seperti saat ini, penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sangat banyak dalam pengembangan IT. Oleh karena itu, menjadi ahli AI akan menyediakan gaji yang besar untuk para pekerjanya.

Banyak juga perusahaan berbasis teknologi di dalam negeri utamanya di luar negeri mencari pekerja di bagian ini. Dari profesi satu ini, Anda bisa mendapatkan gaji hingga mencapai Rp 25.000.000 per bulan.

System analyst

Tugas Anda sebagai seorang system analyst cukup kompleks. Anda harus melakukan tugas mulai dari analisa kebutuhan client sampai dengan mengemban tugas terkait database client.

Bukan hanya menganalisa kebutuhan client, namun Anda juga memiliki tanggung jawab untuk memilih perangkat lunak yang bisa membantu kebutuhan serta permasalahan perusahaan. Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam pekerjaan satu ini sekitar Rp 6.500.000 hingga Rp 12.000.000 per bulan.

Demikian informasi tentang prospek kerja teknologi informasi yang dapat menjadi pilihan prospek kerja setelah lulus kuliah. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan Anda khususnya tentang dunia kerja.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru