10 Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi dan Gajinya

Jurusan Teknik Telekomunikasi merupakan merupakan program studi yang mempelajari tentang rekayasa di bidang telekomunikasi mulai dari protokol, teknologi, layanan, desain dan juga teknik pengiriman informasi broadband. Banyak perusahaan telekomunikasi yang membutuhkan lulusan Teknik Telekomunikasi. Oleh sebab itu prospek kerja Teknik Telekomunikasi sangatlah bagus setelah lulus nanti, berikut informasinya untuk Anda!

Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi

Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi

Adapun prospek kerja teknik telekomunikasi yang bisa dipilih sebagai karir setelah lulus kuliah di antaranya :

Teknisi mekanik radio

Prospek kerja Teknik Telekomunikasi yang pertama adalah sebagai teknisi mekanik radio. Mekanik radio memiliki tugas dalam memperbaiki peralatan pemancar dan penerima sinyal frekuensi radio. Pemancar dan penerima sinyal radio ini biasa digunakan dalam kendaraan darurat.

Apabila Anda berminat dalam pekerjaan ini Anda akan mendapatkan gaji yang cukup menarik yakni sekitar Rp 4.000.000 per bulan.

Operator radio

Tugas dari seorang operator radio adalah mengirimkan komunikasi menggunakan peralatan telepon radio sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai seorang operator Anda harus mampu berkomunikasi dengan awak kapal, pesawat, pekerja tambang, pengebor minyak, perkemahan penebang dan operasi lainnya. Gaji yang bisa Anda dapatkan saat menjadi operator radio untuk jenjang pendidikan D3 adalah Rp 4.400.000 per bulan.  Namun untuk S1, biasanya gaji lebih tinggi dari pada D3.

Arsitek jaringan komputer

Prospek kerja teknik telekomunikasi yang selanjutnya adalah menjadi arsitek. Perlu Anda ketahui bahwa untuk menjadi seorang arsitek tidak harus berhubungan dengan rumah atau bangunan namun Anda juga bisa menjadi arsitek dalam bidang jaringan komputer.

Pada pekerjaan ini, Anda akan memiliki tugas merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer dan informasi kepada setiap perangkat perusahaan. Selain itu, Anda diharuskan untuk merekomendasikan jaringan hardware, data komunikasi, dan perangkat lunak kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Gaji dari seorang arsitek jaringan komputer adalah sekitar Rp 4.500.000 bahkan jika Anda telah handal dan percaya oleh perusahaan gaji Anda bisa mencapai Rp 7.200.000 per bulan.

Arsitek sistem komputer

Prospek kerja yang selanjutnya tetap berkaitan dengan arsitek. Namun kali ini Anda disarankan untuk menjadi arsitek sistem komputer. Dalam pekerjaan ini Anda memiliki tugas untuk mendesain dan mengembangkan solusi dari sebuah aplikasi. Dalam artian Anda diharuskan untuk mengatasi masalah yang kompleks baik itu masalah pada sistem administrasi maupun masalah jaringan.

Gaji dari seorang arsitek sistem komputer adalah sekitar Rp 4.400.000 bahkan jika Anda telah handal dan percaya oleh perusahaan gaji Anda bisa mencapai Rp 7.600.000 per bulan.

Programmer komputer

Prospek kerja yang bisa dijalani oleh lulusan teknik telekomunikasi yang selanjutnya adalah menjadi programmer komputer. Pada pekerjaan satu ini Anda memiliki tugas untuk merancang, mengembangkan, memodifikasi dan menguji code, form, dan script pada aplikasi komputer.

Gaji rata – rata dari seorang programmer komputer adalah Rp 3.900.000 hingga Rp 6.600.000 per bulan, dan gaji tersebut diperuntukkan karyawan baru. Jika Anda bisa lebh professional dan memiliki kinerja yang bagus maka gaji Anda akan naik dengan sendirinya.

Programmer peralatan komputer numerik

Prospek kerja yang bisa digeluti oleh lulusan teknik telekomunikasi yang selanjutnya yakni yang berkaitan dengan keahlian desain. Tugas dalam pekerjaan ini adalah mengembangkan program untuk mengontrol mesin dan melakukan pengolahan bahan logam atau plastik menggunakan peralatan, mesin maupun sistem.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam pekerjaan ini adalah mulai dari Rp5 .000.000 per bulan.

PNS

Apapun pendidikannya, menjadi PNS sangat memungkinkan menjadi karir setelah lulus kuliah termasuk lulusan Ilmu Teknik Telekomunikasi. Anda akan mendapatkan jenjang karir dan dana pensiun.

Crew film

Dengan ilmu tentang broadband dan telekomunikasi yang sudah Anda dapatkan, Anda berpotensi menjadi crew film setelah lulus dari kuliah. Dengan bekal ilmu yang Anda dapatkan menjadi crew film tidak akan sulit bagi Anda.

Gaji per bulan yang bisa didapatkan pun sangat menggiurkan mulai dari 3,5 juta rupiah sampai dengan di atas 20 juta rupiah tergantung jenis pekerjaan dalam crew yang Anda peroleh.

Computer Support Specialist atau CSS

CSS atau Computer Support Specialist merupakan bidang kerja yang tugasnya membantu para pengguna menyelesaikan kendala pada komputer agar bisa digunakan kembali.

Banyak perusahaan yang membutuhkan CSS dan biasanya perusahaan juga memberikan tugas tambahan bagi tenaga CSS untuk membersihkan hardware dan software perusahaan tersebut. Gaji per bulan yang bisa didapatkan beragam mulai dari 3,5 juta sampai di atas 5 juta rupiah.

Manajer sistem komputer dan informasi

Prospek kerja yang diambil dari jurusan teknik telekomunikasi adalah berkarya sebagai manajer sistem komputer dan informasi. Tugas utama dalam menjadi  manajer sistem komputer dan informasi adalah merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan pada bidang – bidang pengolahan data elektronik, teknologi informasi, sistem informasi, analisa sistem bahkan pemrograman komputer.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dalam profesi satu ini adalah sekitar antara Rp 4.300.000 hingga Rp7.100.000 per bulan.

Demikianlah ulasan mengenai prospek kerja teknik telekomunikasi dan perkiraan gajinya yang bisa menjadi pilihan pekerjaan Anda lulusan Teknik Telekomunikasi di masa depan.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru