10 Prospek Kerja Teknik Pengairan dan Gajinya

Dikenal sebagai salah satu jurusan khusus orang – orang yang mengalami buta warna parsial, jurusan teknik pengairan atau teknik sumberdaya air merupakan program studi yang mempelajari mengenai ilmu teknik sipil, baik dalam perencanaan, desain, pengoprasian maupun perawatan bangunan air. Jurusan ini terbilang cukup menjanjikan, karena selama masih ada sumber daya air artinya teknik pengairan akan tetap dibutuhkan. Tak heran jika prospek kerja teknik pengairan cukup luas. Di bawah ini adalah beberapa prospek kerjanya yang kami rekomendasikan!

Prospek Kerja Teknik Pengairan

Prospek Kerja Teknik Pengairan

Pada dasarnya sistem pengairan sangatlah penting untuk dikelola dengan baik. Makanya, lulusan jurusan teknik pengairan memiliki peranan penting dalam hal tersebut. Tak perlu berlama – lama lagi, mari simak informasi lengkapnya mengenai prospek kerja teknik pengairan berikut ini :

Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik pengairan pertama adalah sebagai insinyur sipil. Menjadi salah satu prospek yang akan selalu diminati, sebagai insinyur sipil bertanggung jawab dalam melakukan tugas teknik dalam perencanaan, perancangan dan pengawasan, serta perawatan struktur bangunan.

Contohnya, jalan, bandara, jembatan, rel kereta api, pelabuhan, bendungan, saluran, proyek irigasi, pembangkit listrik, air dan lain – lain. Gaji Anda per bulan yang berpotensi didapatkan sekitar 5 juta sampai 7 juta rupiah.

Pengajar (Guru atau Dosen)

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja yang bisa dipilih setelah lulus dari bangku kuliah adalah menjadi pengajar. Merupakan salah satu profesi yang sangat dihormati dimana pun karena sangat bermanfaat dalam pemberantasan kebodohan, menjadi seorang guru atau dosen Anda harus terlebih dulu melanjutkan pendidikan hingga mendapatkan gelar magister.

Jika berprofesi sebagai guru, gaji per bulan yang berhak Anda dapatkan sekitar 1,5 juta rupiah, sementara menjadi dosen gaji per bulan yang berpotensi Anda dapatkan  sekitar 5 juta rupiah.

Ahli Konservasi Tanah dan Air

Jika Anda lebih tertarik untuk menjadi seorang ahli konservasi tanah dan air, maka ada beberapa tugas – tugas yang akan menjadi tanggung jawab Anda, antara lain seperti melakukan perencanaan dan pengembangan praktik yang terkoordinasi. Hal tersebut berguna untuk mengontrol erosi tanah, pelestarian tanah dan air atau pun penggunaan lahan yang masih baik.

Dengan memiliki prospek ini Anda bisa bekerjasama atau memberi konsultasi kepada para petani, pemilik lahan, peternak dan pemerintah setempat. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 5 juta rupiah per bulan.

Ahli Hidrologi

Sebagai seorang ahli hidrologi Anda diharuskan mampu merencanakan dan melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pengumpulan data – data hidrologi. Selain itu, Anda juga bertanggung jawab dalam pengelolaan dan analisis data hidrologi, juga melakukan perhitungan hidrologi untuk membuat perencanaan secara tepat. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 4 – 7 juta rupiah per bulan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Berikutnya adalah prospek kerja teknik pengairan sebagai PNS. Sebuah pekerjaan yang sangat diminati apalagi gaji yang didapatkan pun tergolong besar.

Namun demikian, untuk menjadi PNS tentu tidaklah mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu, seorang PNS biasanya ditentukan dan diangkat oleh pejabat yang berwenang. Gaji yang akan Anda dapatkan sesuai jabatan.

Teknisi Pipa dan Saluran Air

Sebagai seorang teknisi pipa dan saluran air pastinya akan ada banyak tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Apa sajakah? Berikut adalah tugas teknisi pipa dan saluran air yang harus Anda tahu :

  • Merakit bagian tabung, pipa atau alat – alat kelengkapan
  • Memasang rakitan pipa, katup dan alat – alat yang dibutuhkan
  • Mengisi pipa dengan air atau udara
  • Mengamati alat pengukur tekanan untuk deteksi dan temukan adanya kebocoran

Sebagai teknisi pipa dan saluran air, prospek kerja teknik pengairan ini membuat Anda berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 3,5 juta rupiah.

Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Pengawas konstruksi dan bangunan adalah seseorang yang mengawasi jalannya proyek selama siklus konstruksi. Adapun nilai – nilai yang dipegang teguh seorang pengawas yaitu konsep harmonis dan komunikasi yang terjalin dengan baik.

Sementara itu tugas utama pengawas konstruksi dan bangunan diantaranya seperti berikut :

  • Memeriksa struktur
  • Menggunakan kemampuan teknik untuk tentukan kualitas struktur

Sebagai pengawas konstruksi dan bangunan, gaji per bulan yang berhak Anda dapatkan sekitar 4 juta sampai 5 juta rupiah.

Ahli Teknik Lingkungan

Ahli teknik lingkungan adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola kesehatan dan keselamatan kerja prasarana lingkungan.

Tak hanya itu, seorang ahli dibidang ini juga memiliki tugas merencanakan kebutuhan, melakukan evaluasi dampak pembangunan dan membuat dokumen terkait konstruksi prasarana lingkungan dibawah arahan staf teknik atau ilmuwan. Anda akan mendapatkan gaji 3 juta sampai di atas 7 juta rupiah per bulan.

Spesialis Pengairan

Berikut adalah beberapa tugas dan peran penting spesialis pengairan yang harus Anda tahu :

  • Mengawasi dan menginvestigasi hal – hal seperti penyimpanan air, polutan dan pembuangan air limbah
  • Mengembangkan strategi untuk operasi DAS (Daerah Aliran Sungai)
  • Menulis proposal atau dokumen lainnya yang berkaitan dengan pemurnian air limbah, pasokan air atau sumber daya air lainnya
  • Mengevaluasi desain untuk fasilitas saluran air hujan, penahanan air dan lain – lain

Konsultan Lingkungan

Terakhir adalah sebagai konsultan lingkungan. Prospek kerja satu ini merupakan pekerjaan yang bertujuan untuk memajukan lingkungan. Dalam menjalankan pekerjaan tersebut Anda akan bekerjasama dnegan organisasi – organisasi yang bersangkutan.

Sebagai konsultan lingkungan, gaji setiap bulan yang bisa Anda dapatkan mulai dari 7 juta sampai 9 juta rupiah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang prospek kerja teknik pengairan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru