10 Prospek Kerja Teknik Otomasi Industri dan Gajinya

Apa yang dimaksud teknik otomasi industri? Ini merupakan program studi yang mempelajari otomatisasi perangkat atau sistem. Jurusan ini pada dasarnya berkaitan dengan penerapan sistem elektronik, mekanis dan juga sistem informasi berdasarkan computer agar bisa mengoperasikan produksi di perusahaan. Membahas lebih lanjut mengenai peluang kerjanya, ternyata prospek kerja teknik otomasi industri sangat menjanjikan dan beragam. Penasaran? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Prospek Kerja Teknik Otomasi Industri

Prospek Kerja Teknik Otomasi Industri

Lulusan jurusan teknik otomasi industri pastinya memiliki prospek kerja bersaing yang besar dibidang ini. Berikut adalah 10 prospek kerja teknik otomasi industri  yang bisa jadi pilihan pekerjaan setelah lulus kuliah, terdiri atas :

Perusahaan manufaktur

Lulusan teknik otomasi industri bisa bekerja di perusahaan manufaktur. Biasanya perusahaan manufaktur membutuhkan banyak jenis mesin otomatis untuk memudahkan dalam pembuatan produk yang diinginkan. Tak ayal, saat ini semakin banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan mesin canggih dan bisa bekerja secara otomatis.

Adapun tugas dan tanggung jawab Anda nanti diantaranya seperti menggunakan, mengontrol dan mengecek mesin untuk memastikannya dapat bekerja dengan baik setiap waktu.

Gaji yang bisa didapatkan dengan bekerja di perusahaan manufaktur sebesar 4 juta – 7 juta per bulan.

Automation engineer

Biasanya lulusan teknik otomasi industri sudah memiliki kemampuan merancang, mengembangkan, memasang, mengatur dan merawat peralatan yang digunakan untuk mengontrol dan memonitor proses pada sistem engineering. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk memilih prospek kerja teknik otomasi industri berikut ini setelah Anda lulus dari bangku kuliah.

Dari pekerjaan tersebut Anda berkesempatan mendapatkan gaji sebesar 6.5 juta per bulan.

Programmer

Apa sajakah tugas dan tanggung jawab seorang programmer? Simak penjelasannya di sini!

  • Menganalisis kebutuhan
  • Merancang dan membuat model sistem seperti flowchart, UML, ERD dan lain – lain
  • Menulis kode program seperti CSS, HTML, Javascript dan lain – lain
  • Mengdebugging program
  • Menguji program

Rata – rata gaji yang didapatkan seorang programmer setiap bulannya sebesar 4 juta – 5 juta.

Maintenance engineer

Prospek kerja teknik otomasi industri berikutnya adalah maintenance engineer. Tugas Anda sebagai maintenance engineer yaitu membuat program maintenance lewat beberapa metode. Salah satu metode yang cukup populer adalah RCM (Reliability Centered Maintenance).

Gaji atau upah yang bisa Anda dapatkan dengan memilih prospek kerja ini adalah sekitar 6 juta per bulan.

Sales and application engineer

Sebagai lulusan teknik otomasi industri Anda pastinya memiliki kemampuan dalam memberikan saran dan konsultasi terkait masalah teknik yang dihadapi customer. Oleh karenanya tidak ada salahnya untuk memilih profesi ini setelah Anda lulus dari bangku kuliah.

Tak perlu khawatir, sebab melalui profesi tersebut Anda berkesempatan mendapatkan upah sebesar 5.2 juta per bulan.

Perusahaan pembangkit listrik

Lulusan teknik otomasi industri juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLN. Alasannya, perusahaan seperti inilah yang nantinya akan terus mengembangkan sistem dan mesin – mesinnya dengan baik untuk memproduksi listrik. Artinya, keahlian yang Anda miliki sudah pasti akan selalu dibutuhkan.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan bekerja di perusahaan pembangkit listrik mulai dari 3 juta per bulan.

Perusahaan minyak gas dan pertambangan

Pilihan lainnya adalah bekerja di perusahaan minyak gas dan pertambangan. Biasanya perusahaan minyak gas dan pertambangan membutuhkan mesin – mesin berteknologi tinggi, sehingga lulusan dari bidang studi ini sangat dibutuhkan.

Dengan bekerja di perusahaan minyak gas dan pertambangan maka Anda berkesempatan mendapatkan gaji setiap bulannya sebesar 6 juta, dan bahkan bisa lebih.

Akademik

Apabila Anda tidak mau bekerja di sebuah perusahaan, maka bakat yang Anda miliki juga bisa disalurkan lewat dunia akademika. Namun demikian, untuk menekuni profesi ini Anda harus terlebih dulu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni S2. Setelah itu, Anda bisa bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi.

Adapun gaji yang bisa didapatkan dengan menggeluti profesi ini mulai dari angka 4 juta per bulan.

Pemerintahan

Rekomendasi lain adalah dengan bekerja di pemerintahan. Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa instansi pemerintahan yang sesuai untuk Anda pilih setelah lulus kuliah nanti. Contohnya di kementerian perindustrian atau pun kementerian ESDM.

Gaji yang bisa Anda dapatkan dengan bekerja di instansi pemerintahan ada diangka 1.5 juta – 5 juta per bulan.

Wirausahawan

Prospek kerja terakhir adalah menjadi wirausahawan, misalnya dengan menciptakan peralatan atau mesin – mesin industri berkualitas tinggi. Keuntungan yang bisa didapatkan bahkan bisa melebihi gaji yang didapatkan jika Anda memilih prospek kerja di atas.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja teknik otomasi industry yang bisa kami informasikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru